Manis dan Sesuatu yang Lebih Manis


Siapapun tidak ada yang menyangkal betapa ice cream cake ini manis. Manisnya manis sekali. Melihatnya saja sudah cukup ngiler untuk segera memakannya. Tapi, apakah kemanisan ini membuat kita sanggup menghabiskan seluruhnya sendirian dalam sekali waktu? Tentu tidak! Ada masanya kita merasa eneg dengan manisnya. Belum lagi bayangan penyakit akibat banyak makan manis-manis kayak gula darah. Jadi, manisnya bukan manis yang berkelanjutan. Hanya manis untuk 5 gigitan pertama sepertinya. Setelahnya, mungkin kita akan segera menympannya lagi di dalam freezer.

Tapi, ada manis yang lekang ... tak peduli yang merasakannya adalah orang kaya, orang miskin, orang terpelajar orang tak terpelajar, orang kota orang desa ... ia adalah manisnya iman.

Salah satu hal terberat bagi seorang muslim yang jarang disadari adalah ketika manisnya iman sedang dicabut oleh Allah. Rizki di dunia ini telah Allah jamin. Sedangkan nasib diakhirat, di dunia ini lah kita mengupayakannya. Iman adalah energi. Hanya dengan iman seseorang bisa bangun malam meskipun baru tidur sedikit. Hanya dengan iman, seseorang bisa melakukan amal shalih lainnya. Ya, bahan bakar itu adalah iman. Apa yang terjadi jika kendaraan kehabisan bahan bakar? Demikian pula dengan kita. Maka wasapadalah, jika kita telah mulai berpaling! Tidak lagi menyegerakan kebaikan.
Aku menuliskan ini bukan berarti aku memiliki iman sekuat baja. Ketahuilah, postingan-postingan yang di permukaan terlihat baik ini tidak selalu menunjukkan dan mencerminkan kondisi hati seseorang yang menuliskannya. Bisa jadi, postingan itu sebenarnya adalah caranya untuk mengingatkan dan menyentil dirinya sendiri. Kadang kala, itu dijadikannya pengingat dirinya. Pengingat ketika telah banyak salah yang ia lakukan.


Semoga Allah tetapkan keimanan di hati kita hingga saat kita diwafatkannya. Dan semoga Allah wafatkan kita dalam kondisi husnul khotimah sebagai seorang muslim. 

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked