EPISODE TIGA MANUSIA

Episode Badu
"sialan tuh cewek!" Badu mengumpat keras persisi di gerbang kampus Ganesha yang selalu ramai oleh mahasiswa ini. wajah badu benar-benar terlihat sangat kesal dan marah. kemarahan itu sudah mencapai ubun-ubunnya.

badu berjalan sambil menendang apa saja yang ada di jalan. baik itu batu kecil, sampah minuman mineral, atau apa saja yang bisa ditendangnya. sampai-sampai batu runcingpun ikut jadi sasaran. namun, bukannya kecewa yang terlampiaskan, malah kainya kini berdarah.
kenapa? pasalnya, Mawar, ceweknya sejak setahun yg lalu tiba-tiba dilihatnya bersama orang lain (temannya sendiri pula!!!!) siapa yg ga kesal????

ingatannya melayang kepada kejadian beberapa minggu yg lalu, saat dia baru saja hendak melangkah dari ruang kuliah, dilihatnya wajah yang tak asing itu sedang berduaan dengan orang yang juga tak asing, teman se kosnya!
"Mawar???" badu terperangah. yg dipanggil malah cuek saja sambil senyum mengejek."teganya dikau!!!" badu masih sempat berbahasa puitis.
"Emang salah ya Mas? lo udah ga bisa diharapkan tuh!" mawar berkata sinis.

kembali badu menendang kerikil. kali ini lebih keras, hingga mengenai kepala satu orang mahasiswi. kontan mahasiswi itu marah. namun, badu tak peduli.
"hey..hey... mas! tahan dulu." tiga orang menghentikan langkahnya. tiga orang itu membopong tubuh penuh perasaan tertekan dan depresi itu.
"Sapa lo?" tanya badu serak.
"Lo ga usah takut deh. yang penting, gue akan bawa lo kepada kebahagiaan. "
"kebahagiaan? "
"Iya. lo ga percaya? ikut deh ama kita-kita." sambung yang satu lagi sambil melempar bahasa isyarat kepada temannya.
badu pasrah saja. asal ada yg mau membahagiaakannya, dia akan ikut. yang ada di benakknya hanya satu yaitu melupakan Mawar!

mereka membawa badu ke suatu kafe full musik dan 'aksesori2' lainnya. badu sih cuek aja, soalnya juga udah pernah ke tempat beginian meski masih coba-coba. disana badu ditawarin satu pil berwarna putih. awalnya dia ragu, namun, akhirnya dengan seteguk air, pil itu masuk saluran pencernaannya.

dalam beberapa menit, pemuda otu mulai merasakan kebahagian. serasa ke negri awan deh pokoknya. mawar? udah lupa tuh. badu benar-0benar merasakan dirinya fly, tanpa beban, tanpa masalah. pokoknya enak dah!!!

episode melati
"ayolah mel,... jangan kuper gitu donk." teman-teman se-ganknya merajuk.
"masak lo ga mau punya cowok siy? menyenangkan loh! lo bisa kemana-mana gratis. ada yg ngelonin deh pokoknya." yang lain ikut mendorong. si melati kebingungan. setahunya, pacaran itu kana ga boleh ya? tapi,... gimana ya?????
"alah! lo payah mel!" mereka berujar serempak. melati masih bingung, namun dia kukuh untuk ga bakalan pacaran. ga akan! kagak peduli apapun kata orang-orang!

selang beberapa waktu kemudian, sesuatu terjadi. (ternyata hati manusia itu bolak balik ya???)
waktu nungguin bus kampus menuju markas power ranger --kata orang-orang- - satu corolla mengkilap lewat. melati siy awalnya kagak peduli. abis, dah biasa siy berebutan bus kampus bersama ratusan mahasiswa lainnya di jam rawan. jam 8 pagi. tiba-tiba spion corolla mengkilap itu turun.
"Hey. melati kan?" tanya seseorang dari dalam. untuk sekian detik gadis itu terperangah. bukan hanya karena yang punya corolla tahu namanya, tapi, juga wajah "pierce brosnan' made ini padang itu yg membuat dia beberapa saat terpana.
"Kok bengong?" tanya si "pierce brosnan"
"Ka-..kamu siapa?"
"Aku dudu, temennya anggrek, kawan segank mu itu."
"oh.."
"Yuk bareng. pasti udah telat?" Dudu membukakan pintu.
melati naik. dan corolla itu pun melaju, meninggalkan ratusan mahasiswa lainnya yang masih berharap-harap iring-iringan bus putih datang.
"Jurusan apa melati?" tanya dudu.
"Sosial ekonomi peternakan."
"oh.." si dudu tersenyum. walah!!! melati kebat-kebit! daaa..n, melayang!

episode baba
"banci lo Ba!"
baba meradang karena dipanas-panasi begitu oleh rekan-rekan seangkatannya. mahasiswa arsitektur kampus yang akrab dengan serba yellow itu paling benci dibilang banci.
"Lo ga gentle banget deh. masak sama cewe' aja takut???"

merasa dipanas-panasi begitu, satu minggu kemudian dia berhasil memboyong cewe' manis bernama Bougenvil.
temen-teman se-ganknya bersorak.
"Nah, itu baru pejantan tangguh!" koor mereka.

Kembali, episode Badu.
badu merasakan tubuhnya menggigil. benar-benar menggigil. denyut jantungnya berubah tachycardia/ denyut jantung dengan frekwensi tinggi. keringat mengucur disekujur tubuh yang gemetar hebat itu. ada kesakitan yang amat sangat! dia merasakan seolah-olah akan mati saja!
"Aku harus mendapatkannya! !!!!!" badu berteriak! namun ia kesakitan. pil putih itu benar-benar tak ada. padahal dia sangat ingin mendapatkannya. atau, setidaknya satu jarum suntik yang berisi morfin. tau, paling ga, daun ganja!!! "Aku harus mendapatkannya! !!!!" kembali badu berteriak penuh kesakitan. tiga orang yang dulunya memberikan cuma-cuma kini menyeringai ganas.
"Ho..ho..., tak bisa kawan!!!! ga ada yang gratis di atas dunia ini!"
"Lo ambil deh handphone gue!" badu menyerahkan sony erricson W810 nya.
"INi belum cukup!!!!"
"plis...."
"Konci motor!"
demi barang haramnya, badu akhirnya menyerahkan jua benda yg diminta.
dan beberapa menit kemudian, kembali sosok yang semakin kurus dengan mata cekung itu terlihat fly. yah,... euforia!
sungguh,... hanya kenikmatan sesaat yang dijanjikan oleh barang perusak generasi itu. sanyang, badu tak menyadarinya. sem,entara, yg dipunyanya sudah dipersembahkannya demi mendapatkan satu jarum suntik berisi morfin. termasuk uang semsternya.

episode melati.
wajah melati terlihat sumringah! abis, kemana-mana dianterin cowo' guanteeeeeng, and perhatian lagi. persepsinya tentang pacaran berubah total.
"Walah. ga bener tuh pacaran itu haram! buktinya, aku merasakan manfaat yg begitu besar. kuliah tambah semangat. kalo' ada apa-apa, ada yg perhatian. pokoknya asyik dah! serasa dunia hanya milik berdua"
manfaat lainnya, kalo' ada gempa di labor, kan bisa cepet2 minta dianterin sama si dia. apalagi markas power ranger ini terbilang sudah hampir tak berdaya guna saking seringnya gempa. labor-labor yang berserakkan alat-alatnya. dinding yang hampir roboh. kalo' ada apa-apa, kan minta tolong ke dia! lagian, masak cowo' kayak dudu di sia-sia in siy? udah keren, tajir, baik lagi!!!"

tapi, satu hal yg ga disadari melati, semakin hari dia semakin ngerasa "safe' dengan dudu. yang awalnya cuma cerita-certia doang,... dengan radius 3 meter, 2 meter, lalu satu meter. dan,... dudu semakin berani aja megangin tangannya melati, dan seterusnya.. seterusnya. ... melati siy awalnya risih, tapi, dah enjoy aja sekarang. apalgi, ngeliat temen-temen se gang nya yang 'jauh lebih berani'.

hmm,.. hati manusia memang sering bolak balik ya? apalagi, antara amanusia dgn hatinya sendiri ada hijab. (Qs. al-anfal:24) . bermain api, memang kudu hati-hati. sebab, sedikit saja terjerumus, maka rentetannya akan panjang.ternyata syetan memang paling pinter mengambil celah dengan membuat sesuatu yang buruk seolah-olah terlihat indah.
okelah si melati terlalu yakin untuk bisa jaga diri "Aku yakin koq, aku gak bakal ngapa-ngapain sama dia. aku yakin bisa jaga diri". tapi,... besok-besok siapa yg jamin coba? siapa yg bisa jamin hatinya akan kekeuh. lah, kalo' ntar terperangkap gimana????

episode baba lagi.

baba dengan bogenvil makin serasi aja. kemana-mana berduaan. baba sampai rela-relanya beliin pernak-pernik mahal untuk bogenvil. abis, bogenvil mintanya macem-macem siy, mana barangnya mahal mahal lagi.
hari ini, "Mas, beliin ini ya?"
besoknya, "Kayaknya yg itu bagus deh Mas."
besoknya lagi, "Eh ya Mas,... aku ngidam ini loh. itu tuh yang kayak gitu."
besoknya lagi, "Mas, baju yang ini kayaknya cocok banget deh buat aku."
baba terbelalak, Hah?? masak satu helai baju aja 300 ribu? mana bajunya kekurangan bahan lagi! alias ngatung ke atas, ngatung ke bawah. baba mendengus. namun, demi bogenvil, demi nama abaiknya sebagai pejantan tangguh, demi pembuktian kongkrit kalo' dia tuh bukan cowo' banci, akhirnya dibelikannnya jua.

apa harga seorang pejantan tangguh cuma segitu doang siy? walah, si baba ada-ada saja! wah, persepsinya diliat dari sudut pandang mana tuh ya, si baba nya???
padahal, orang yg kuat, (pejantan tangguh) itu bukan yg hebat gulat, tapi, yg bisa nahan marahnya (kata nabi). olalalala... ., kok nyambungnya kesini siy.??

kembali ke Badu.

badu meringkuk disebuah kamar mungil. pandangannya kosong menatap kedepan. badu kepergok ketika lagi fly di kamar kosnya. rupanya ibu kos sudah curiga.
kali ini dia di panti rehabilitasi buat pengguna narkoba. lebaran semakin dekat. dan tentu saja hanya penyesalan besar yang ada di benaknya kini. kuliah terbengkalai. harta benda habis. masa depan hancur. dan badan remuk. terkenanglah badu pada kampung halaman,... sambil meratap, "Mak, maafkan badu. anakmu yg durhaka ini. engkau susah payah nyariiin biaya kuliah jauh-jauh ke kota kembang ini dengan membanting tulang, daku malah jadi begini.oh mak. daku tak punya apa-apa lagi. sia-sia sudah semuanya. sia-sia sudah daku bersussah payah nembus kampus yg kata orang tempatnya orang-orang cerdas ini. sia-sia sudah daku blajar dan nyiapin SPMB kalo' hanya akan begini ujungnya. padahal, daku bangga sekali bisa kuliah disini dulunya."

episode melati

melati tersedu-sedu. hampir saja dia terjerumus lepada dosa besar. untung, Allah masih menyelamatkannya. "Ternyata dudu itu buaya darat!!!" umpat melati di sela isak tangisnya.
teringat itu, maka dia kembali mengenang, dulunya dia tak pernah terpikir akan seperti ini ujungnya."Dudu sialan!!!"

gadis itu kembali ingat, dudlu dia pernah belajar mengaji, belajar shalat. namun, dudu membuatnya lengah. hiks, padahal ramadhana tahun lalu dia bisa khatam 1x tilawah qur'an. gara-gara dudu, dia cuma bisa namatin satu juz saja.

episode baba

baba kehabisan duit.
ongkos pesawat di habisin untuk membelikan pernak pernik bugenvil. wah, mau pulang kampung pake apa?????
"maafkan aku maaaaaaaaaaak! !!" tangis baba pilu.

_the end_

0 Comment:

Post a Comment

Tafadhol, jika ada pendapat lain, masukan, tambahan, kritikan dan saran, hehe, ayuuh... di kasi comment...^^
(jangan lupa pilih salah satu profil yg koment yah. biar termoderasi. jangan anonim. okeh? ^^)