Living in Riyadh [Part 1]

Alhamdulillaah telah seminggu lebih berada di Riyadh... Brrrhhh Dingiiiiiinn bangeeett... Yaiayalah, pan aku datengnya pas lagi musim dingin. Berada di rumah kaya sedang berada di dalam kulkas. Hehe... Makanan yang berada di luar jadi cepat keras dan membeku. Kalo ga cepat-cepat cuci piring, bisa beku minyak dan cabe bekas gorengan. Jangankan makanan, kita pun ikut beku dan kulit menjadi kering. Heuu...

Karena bawaan dingin, enakan 'dipeluk' selimut ketimbang ngeblog. Hihi... *Alesan*.
Udah sejak awal-awal berada di Riyadh pengen nulis segala sesuatu tentang Riyadh. Tapii, belum bersua kesempatan ajah. Heuu... Kan judulnya : Ibu Rumah Tangga sok sibuk. Hahay...

Mari bercerita tentang kehidupan Riyadh sependek pengamatanku selama seminggu ini. Ini dari sudut pandangku loh yaa. Hehe... Pertama cerita soal makanan dulu. Soalnya, makanan selalu paling menarik untuk diceritakan, hihi... Makanan khas Arab yang baru kucoba namanya Syawaya. Syawaya nya dibelikan suamiku tercinta pas pulang dari Masjid. Awalnya aku pikir itu box apaan, geudee buangeet untuk ukuran makanan. Ternyata satu porsi makanan Syawaya. Ma syaa Allah, itu satu porsi apa lima porsi sih? Geudeee banget porsinya. Ayamnya juga geudee banget. Kayanya setengah ayam deh. Ma syaa Allah, ampuuunn deh liat porsi sini yang geuudeee bangeeet. Porsi segitu cukup buat makan anak-anak penghuni wisma Hurriyah semasa aku kuliah dulu. Ya, cukup buat lima atau enam orang porsi cewek. Pernah juga kita makan burger. Kalo burger versi Indonesia sama sekali ga bikin aku kenyang. Hehehe... Tapi burger sini, di makan dalam keadaan sangat lapar, cuma habis dua pertiga nya. Gaswat kaan... Hehe...


Lagi-lagi kalo soal makanan, kalo kita pergi makan bareng gitu di Indonesia, kita bakalan suka-suka ajaah tuhh mau makan di mana, di resto mana, jam berapa, bersama siapa... Nah, kalo di sini beda. Makan di resto harus liat-liat waktu. Ada waktu buat family, jadi yang singel gak boleh masuk resto nya. Yang boleh makan di situ cuma yang udah nikah. Hihi... Nahh, jadi kalo kamu-kamu ke Riyadh, mending nikah dulu yaa.. Hehe... Nah, di waktu-waktu tertentu boleh buat singel. Eh, kalo kamu belum nikah, berarti makannya di resto yang pas waktu singel ajah yaa :)

Dan masih lagi-lagi soal makanan. Yang paling membahagiakan di sini adalah, makannannya HALAL. Pemerintah Saudi mengharuskan semua makanan yang beredar di pasaran dan pusat perbelanjaan wajib halal. Meski yaa yang nakal pasti juga adaa lah yaaa. Setidaknya hampir semua makanan di sini halal. Alhamdulillaah. Setidaknya ga perlu nyinyir nanyain... "haa dza halal?". Hahay... aku kan nda pinter bahasa arab. Cuma tau satu dua kata doang. Kalau di Indonesia, suka was-was tentang kehalalan makanan. Kadang, suka sebel kali yaa pelayan resto yang nyinyir kutanyain, "Ini Halal apa enggak, Mas, Mba?"
Budweiser ini kalo di luar Saudi kayaknya beralkohol deeh, tapi di sini non-alcoholic.

Oh iyaa, trus cerita kedua tentang kartu handphone. Berhubung udah seminggu di Riyadh, aku pengen pake kartu sini dong yaah, biar gampang komunikasi dengan keluarga maupun teman-teman. Tapi, ternyata di sini untuk mendapatkan kartu perdana tak segampang di Indonesia yang bisa beli pagi trus sore buang. Di sini, kalau mau punya kartu handphone, harus punya Iqama dulu. Iqama itu semacam KTP kalo di Indonesia, untuk expat. Mengisi pulsanya pun harus input nomor iqama. Jadi kita tidak boleh punya nomor hp sembarangan. Waah, kalo di indonesia, kita bisa beli kartu ampe 10 sekali pun sekaligus. Mau tiap minggu ganti nomor juga bisa! Beli pulsa bisa dimana aja. Beli kartu perdana bisa di mana aja. Bahkan di warung juga bisa! Galau dikit ditinggal pacar, dengan gampangnya bisa ganti kartu hape. Kalau di sini, mau beli kartu perdana haruslah di tempat-tempat tertentu saja.

Sistem Iqama itu baguuss sekali. Iqama akan terintegrasi langsung dengan apapun mau itu urusan SIM, urusan rumah, urusan asuransi, listrik dll, apapun itu. Untuk segenap urusan apalagi yang berhubungan dengan instansi, kita wajib menyertakan iqama. Jadi ketika kita melakukan sebuah pelanggaran akan langsung kedeteksi. Sistem iqama dalam urusan hanphone menurutku sangat bagus, jadi SMS penipuan itu bakalan terminimalisir disebabkan si empunya kartu handphone akan terdeteksi siapa dianya. Bisa gak yaa diterapkan di Indonesia tercinta? :)

Soal jalanan di Riyadh. Jalanan di sini rapi sekali, trus hi-way (kayak tol di Indonesia) gak satu pun yang bayar. Di sini tersedia kamera pengintai, di mana ketika pelanggaran sedikit saja, nomor plat mobil nya akan terekam kamera. Kalau udah terekam, siap-siap aja deg deg an ngecek poin pelanggaran dan jumlah denda yang harus dibayarin karena kan iqama udah terdaftar waktu bikin SIM. Dendanya? Bukan kayak polisi di Indonesia! Minta dijalan gituuuh. Kita bahkan gak perlu ketemu polisi untuk bayar. Dendanya ditransfer via ATM. Kalau gak bayar? Haha, jangan nangis kalo ijin mengemudinya dicabut jika akumulasi poin mencukupi. Hihi... Trus denda melanggar lalu lintas di sini geuudeee bangeet. Misal, melanggar lampu merah ajah kita bisa kena denda 500 SAR. Sekitaran 1,5 juta kalo dirupiahkan. Walaupun begitu, di sini pengendara ugal-ugalan banget. Setiap aku jalan sama suami, minimal 5x dalam satu kali perjalanan mendapati pengendara yang innalillaah kayak punya 3 nyawa! Ngeri deeehh... Jadi kalo nyetir di Riyadh, mesti punya kesabaran extraa dan harus banyak mengalah. :)

0 Comment:

Post a Comment

Tafadhol, jika ada pendapat lain, masukan, tambahan, kritikan dan saran, hehe, ayuuh... di kasi comment...^^
(jangan lupa pilih salah satu profil yg koment yah. biar termoderasi. jangan anonim. okeh? ^^)