Kelas Bermain Bersama Anak: Minggu Pertama

Alhamdulillah di sini masih banyak ibu-ibu yang peduli dengan pengasuhan anak. Ada beberapa club dan salah satu yang aku ikuti adalah kelas "Bermain Bersama Anak". Kelas ini mengadakan pertemuan offline di rumah penggagasnya; Mba Dara (meskipun aku berhalangan hadir) dan juga 'pertemuan' online di grup ehatsapp. Ada tema dan semacam PR yang harus si ibu lakukan setiap minggunya. Dan alhamdulillah ini sudah minggu ketiga.


Mba Dara adalah salah seorang ibu yang inspiratif nenurutku karena concern nya terhadap pengasuhan anak. Blognya bisa diakses di http://daramaina.blogspot.com .
Mba Dara yang menginisiasi adanya kelas parenting ini yang sebagian besar telah diterapkan di rumahnya sendiri tentunya. Nanti (jika sempat) in shaa Allah aku share apa saja kegiatan di kelas ini.

Minggu pertama adalah tentang bagaimana mengenal emosi anak. Ya, anak kadang sulit untuk mendefinisikan apa emosi yang tengah mereka rasakan. Apakah sedang senang, marah, sedih, kesal, bingung dan lainnya. Akhirnya berujung pada tatrum. Anak menangis, berteriak, melempar dan lain sebagainya.
Nah, pelajaran kali ini adalah bagaimana kita sebagai ibu bisa membantu anak mengenal emosi apa yg sedang mereka rasakan. Salah satu caranya adalah dengan mengenalkan emosi kepada anak melalui media gambar.


Ada yang membuat gambar berbagai macam emosi di kertas, di piring plastik di mana aja... Nah, emak Aafiya kepikiran bikin emotion doll pakek kain flanel, diisi dengan dacron.. Akhirnya kita realisasikan PR minggu pertama ini dengan bareng-bareng bikin emoticon doll... Jadi setiap aafiya merasakan suatu emosi, aku memintanya untuk memilih emosi apa yang sedang dia rasakan. Sebaliknya, aku juga melakukan hal yang sama. Misal Aafiya merebut mainan adeknya, aku acungkan emoticon sad atau angry kepada Aafiya... 😁


Berikut emotion doll yang kami kerjakan bareng

Emoticon Doll "sad"

Emoticon "happy" (abaikan latar yang berantakan 😂😂😂)

5 macam emosi ; happy, sad, confuse, angry, annoyed (harusnya gambarnya di rotate 90° ke kiri yak wkwkwkw)

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked