Pengalaman Pemilu di Riyadh tahun 2019

Pemilu 2019 alhamdulillah telah terselenggara di Riyadh, Arab Saudi pada tanggal 12 April 2019. Tapiii, penghitungan suara akan dilakukan serentak dengan pemilu di Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 April nanti in shaa Allah.

Pemilu 2019 ini sangat-sangat berbeda dengan pemilu 2014 lalu. Terasa banget ke-crowded-an nya. Tingginya animo masyarakat Indonesia di Riyadh untuk pemilu kali ini membuat pemilu ini terasa sangat-sangat berbeda. Banyak orang yang terpaksa harus golput karena tidak bisa mencoblos. Jadi, pagi-pagi udah datang ke KBRI, tapi antrian puanjaaaaang sampai 3 jam lebih tapi akhirnya tidak bisa mencoblos karena sudah harus balik lagi ke tempat kerja. Terutama yang bekerja di perumahan (ART) yang ijin majikannya cuma sebentar saja. Sayang sekali sebenarnya... hiks.

Formulir C6 sendiri harus diprint di tempat. Hal ini membuat antrian semakin mengular karena keterbatasan SDM dan device. Dengan peserta pemilu yang membludak (meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2014), benar-benar tidak mengakomodir.

ngantri C6 (foto by Abu Aafiya)

Suami kebetulan berada di antara lautan manusia itu. Ngantri 3 jam lamanya. Membayangkannya saja sudah ga sanggup dirikuuh. heheu... Pada akhirnya ga ada lagi print out C6. Hanya dicatat manual saja. siapa saja yang punya passport Indonesia atau e-KTP atau SPLP bisa mencoblos meskipun tak terdaftar di DPT. Data DPT pun datanya diambil dari WNI yang memperpanjang passport 5 tahun terahir. Teman-teman yang sudah final exit dari Riyadh pun masih terdaftar di DPT. Daaan, sebenarnya ini membuka peluang untuk terjadinya kecurangan kan yaaa. Semoga aja ga ada yang berlaku curang.


Semoga terpilih pemimpin Indonesia yang lebih baik yaa...
Jangan lupaaa hari ini nyoblos yaa... pilih PKS dan 02 utk presidennya... otreee... (emaaaanggg ada yang bacaaa Fathel.. hahahaha... udah selesai kaliii nyoblosnyaa jam seginiii😆... pakeknya jam saudi siiihhh... jam Indonesia mah skarang udah menjelang siang kekeeke....)

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked