Laptop Jaman Now

Fix, maret missing postingan. Heuheu...
Maaf yaa blog. Sudah lama tak disambangi. Tak terurus jadinya. Ada banyak kesibukan di bulan maret ini. Maklum, lagi musim pemilu. Apa hubungannya yaa? Kekekeke...

Oke guys, berhubung ini bulan April 2019 itu artinya kita akan menghadapi pemilu. Jangan lupaa pilih PKS No.8, dan juga Prabowo-Sandi nomor 02. Semoga Allah anugrahkan pemimpin yang amanah untuk Indonesia yang lebih baik, in shaa Allah...

Buat kamu yang berdomisili di Luar Negeri, surat suara cuma 2 ajaa yaaa... pileg DPR-RI (dapil jakarta II, jakpus, jaksel dan Luar Negeri) dan pilpres. Jangan sampai ketinggalam yaa guys... Otreeee... 😉😉😉

Di Riyadh sendiri pemilu diadakan hari Jum'at 12 April 2019, berhubung Jum'at adalah hari libur di sini. Beberapa daerah lainnya yang jauh dari KBRI, pemilu diadakan lebih cepat lagi (dimulai tanggal 8 April ini). Tapii, penghitungan suaranya tetap sama di tanggal 17 April 2019. Ada sekitar 10.000 an warga Indonesia di Riyadh tapii yang ikut pemilu paling berkisar 2000-3000 an orang saja kalau tidak salah. Karena keterbatasan transportasi dan ijin majikan biasanya siih karena mayoritas di sini kan pekerja rumahan.

Pemilu 2014 lalu juga aku ikuti di Riyadh. Itu berarti sudah hamir 5 setengah tahun aku berada di kota yang awalnya bernama Nejd ini. Waaaa... tak terasaa waktu begitu cepat berlalu...

Nah, ini judulnya apaa isinya apaa cobaa?! Hihihi... Ga nyambung banget! Harap maklum yaaa, ini baru intro yang ga berkaitan dengan isi dan inti (yang mungkin panjangnya lebih panjang dari intinya... wkwkwkwkwk...). Anggap aja temu kangen karena sudah lama tak jumpa blog. Kekekeke... Soalnya ga sempat nuliss aku tuuuuu.... Jadi emak beranak 3 ternyata lebih banyak menyita waktu. Noh, di belakang (ehh enggak dink... klo di sini dapur bukan di belakang. Kapan2 deeh aku ceritain soal desain rumah orang sini), cucian segunuuung, piring seabrek... dudududududu....

Laptop.
Benda ini akrab bagi kalangan mahasiswa (dan bahkan siswa jaman now). Tapi buat emak-emak, kayaknya HP aja udah cukup kali yaaa. Pengecualian buat emak-emak kantoran dan juga emak-emak yang hobby nguprek2 sofwer disain, video editing, atau yang suka nge-vlog.

Dahulu kala. Ketika beli laptop, biasanya "paket" nya udah include dengan penginstallan berbagai macam program/software. Mulai dari sotware sejagad raya yaitu Microsoft Office buat berbagai keperluan (apalagi mahasiswa) hingga software lainnya semisal keluaran adobe untuk keperluan photo editing, video editing. Atau keluaran corel.

Aku yaaa ngertinya begituuu. Beli laptop, sekalian dapat bonus berbagai software. Daan sudah pasti itu adalah program yang bukan original. Karena kalo original, emang mauu gituh dibagi-bagi gratisan?! Oke, sebutlah itu bajakan. Dan adalah hal yang terasa lumrah dan biasa saja. Ngopy software ke teman juga terasa biasa ajaa... ga ada rasa bersalah sedikitpun. Makluum, mahasiswaaaa. Dimaklumi kaan... kan... kaaaaan...?! Sampai-sampai antivirus pun bajakan jugaaa... Ya Salaaam...
Meskipun ada yang versi "student", tetaaap sahajaaa jutek alias ga ramah alias ga bersahabat dengan kantong mahasiswa. Parahnya lagi, aku juga ga tau itu ada versi student nya. Baru ngeeh yaa pas udah di sini, di Riyadh.

Ya, aku ga ngerti dulunya kalau segala macam software-software itu WAJIB pakek yang berlisensi. Wkwkwkwk, ketahuan banget kalo nginstall software ga pakek baca Agreement nya dulu. Langsung tekan tombol "next" aja... hihihi...

Naaah, setelah puluhan purnama tak beli laptop, surpriseeeeee.... suamiku tercinta beliin laptop 😍😍😍. Ma shaa Allah tabarakallah. Mungkin karena kasian liat istrinya penuh perjuangan menghadapi ke-lemot-an si laptop jadul ketika bikin desain spanduk, bikin video maupun pamflet. Kekekeke... Meskipun aku sebenarnya sudah biasa "bersabar" dengan laptop yang lemot atau yang tetiba "not responding" karena kelebihan beban buat nampung sotware yang makan space gedeeee, tapiii dikasi laptop yang space nya gedee itu benar-benar ga nolaaak dan senang banget alhamdulillaah... Ma shaa Allah tabarakallaah. Sebutlah ini laptop kami berdua. Eciyeeeee... hihihi... Walaupun suami lebih banyak pakeknya laptop yang dari kantor aja yang tentu saja spek nya jauh lebih besaaar dan ga dijual di pasaran. Laptop yang didesain khusus untuk pekerjaan telekomunikasi tentunya. Jadi, otomatis laptop yang baru dibeliin tersebut aku yang lebih banyak pakek. Heuheuheu...

Enaak banget rasanya upgrade dari RAM yang awalnya 2 GB jadi 8 GB. Hehehe... Alhamdulillaah... (yang sebenarnya bukan ini inti tulisanku kali ini). Laptop jaman now yang aku maksud di sini adalah tentang penyadaran bahwa aku mesti memakai software yang berlisensi bukan yang bajakan lagi. Ya, memang sih... yang bajakan juga kaga bisa diinstall di sini... 😂😂😂. Jadi, mau ga mau mesti beli yang original.

Dulu, ogah bangeett ngeluarin duit 100rb buat beli antivirus. Kemarin, kita hunting antivirus alhamdulillaah dapat promoo... yeiiiy... sekitar 120rb an laah... Mana mikir dulunya mau beli antivirus. Wkwkwkwk...

Laptop jaman now masi terinstall software gretongan aja kebanyakan... tapiii lumayan laaah untuk keperluan desain masi tercukupi dengan versi CS2 yang jaduull ituuu. Iyaaappp, di saat orang-orang udah pakek versi CC, aku tuuu masi ajaa pakek yang versi CS2 yang emang dikasi gretongan sama adobe. Gapapalaaah... Demi software yang ori... kekekke...
Kalo mau subscribe ke adobe-nya... mayan mahaaaall.. kecuali aku produktif menggunakan sofware nya. Kalo cuma dipakek sesekali ajaaa... sayang kalo subscribe katakuu maah. Aku sebenarnya lebih sukaa yang "beli putus" alias beli sekali bisa dipakek sepanjang masaaa. Hehe...

Sekarang lagi ngincer corel video studio aku tuu... Lumayan harganya.. sekitar $89 untuk versi ultimate 2019. Nabung duluuu... wkwkwkwkwk... Abisnya aku udah terlanjur suka ama video studio dari jaman dia masi bernama Ulead Video Studio dulunyaa. Kalo yang adobe premiere... lagi-lagi deeh subscribe tahunan... Aaaakk.. ogah deeeh sekarang. Heuheuheu... Ntar aja kalo memang produktif dalam dunia per-edit-an foto maupun video. Sekarang fokusnya sama triple princess dulu deeeh yaaa... Ga punya banyak waktu untuk di depan laptop. Princesses biasanya protes kalo emaknya duduk manis di depan laptop. Jadii, aku mesti buka laptopnya nyuri-nyiri waktu banget.

Okeeeh.. sekiaan curcol (geje) dari aku. Lumayaaan buat mengisi kekosongan postingan 2019 ini. Maaf yaa spam ajaa. Eh iyaa, kenapa aku kekeuh ga mau pakek software bajakan lagi, dulu udah aku bahas juga di blog ini. Tapii sekali lagi aku ga judge lho yaaa gaes. Dikembalikan ke keyakinan masing-masing adjaah. Okee siip?! 😉😉😉

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked