Kita adalah Perpustakaan Terlengkap Sedunia

Banyak orang yang tidak menyadari potensi dirinya. Dan, ketidaksadaran itu sering kali mengantarkan manusia pada rasa kekurangan dan minimnya rasa syukur. Sungguh Allah telah ciptakan manusia dengan sebaik-baik penciptaan. Alangah patutnya kita syukuri segala ni’mat yang telah Allah anugrakan kepada kita, selaku makhluk-Nya.
Perkembangan sains memperjelas bahwa makhluk hidup memiliki struktur yang luar biasa kompleks dan suatu keteraturan yang sangat sempurna. Ini membuktikan fakta bahwa makhluk hidup diciptakan oleh Pencipta yang Mahakuasa yang memiliki pengetahuan tanpa banding. Salah satunya, dengan tersingkapnya struktur sempurna dalam gen manusia yang menjadi isu yang menonjol karena Projek Genom, penciptaan yang unik dari Tuhan telah terungkap.
Setiap satu kilogram tubuh manusia mengandung satu triliun sel. Jika berat badan kita saat ini adalah lima puluh kilogram, maka ada 50.000.000.000.000 triliun sel yang ada pada tubuh kita. Sungguh, angka itu sangat mengejutkan. Dan, yang lebih mengagumkan lagi, nyaris semua sel itu mengandung gen yang sama. Susunannya yang kemudian membentuknya berdasarkan fungsi masing-masing, apakah itu tangan, kaki, kuku, rambut dan lain sebagainya.

DNA atau gen itu sendiri terlindung dengan baiknya di dalam nukleus (inti sel) yang berada di pusat sel (yang berjumlah 50 triliyun tadi). Sel manusia memiliki diameter rata-rata 10 mikron atau atau satu per sepuluh ribu centimeter. Coba kita bayangkan, ambil penggaris, lihat ukuran satu centi meter, lalu bagilah sepuluh ribu. Subhanallah, begitu kecilnya. Molekul yang menakjubkan ini merupakan bukti nyata dari kesempurnaan dan sifat luar biasa dari seni penciptaan oleh Allah. Begitu luar biasanya sehingga suatu cabang sains khusus dibuat untuk mendalami rahasia molekul ini, yang masih banyak tersembunyi.
Informasi yang tersimpan di dalam DNA sangat menakjubkan. Walaupun sukar untuk dipercaya, dalam sebuah molekul DNA tunggal milik manusia, terdapat cukup informasi untuk mengisi tepat sejuta halaman ensiklopedia. Coba pikirkan; tepat 1000.000 halaman ensiklopedia…. inti dari setiap sel mengandung sebanyak itu informasi, yang digunakan untuk mengendalikan fungsi tubuh manusia. Sebagai analogi, kita dapat katakan bahwa bahkan Ensiklopedia Britannica yang banyaknya 23 jilid, salah satu ensiklopedia terbesar di dunia, memiliki 25.000 halaman. Jadi, di hadapan kita terbentang sebuah fakta yang menakjubkan. Di dalam sebuah molekul yang ditemukan di dalam inti sel, yang jauh lebih kecil dari sel berukuran mikroskopis tempatnya berada, terdapat gudang penyimpanan data yang 40 kali lebih besar daripada ensiklopedia terbesar di dunia yang menyimpang jutaan pokok informasi. Ini sama dengan 920 jilid ensiklopedia besar yang unik dan tidak ada bandingannya di dunia. 
Riset menemukan bahwa ensiklopedia besar ini diperkirakan mengandung 5 miliar potongan informasi yang berbeda. Jika satu potong informasi yang ada di dalam gen manusia akan dibaca setiap detik, tanpa henti, sepanjang waktu, akan dibutuhkan 100 tahun sebelum proses selesai. Jika kita bayangkan bahwa informasi di dalam DNA dijadikan bentuk buku, lalu buku-buku ini ditumpuk, maka tingginya akan mencapai 70 meter.
DNA terdiri dari dua untai spiral yang mengandung empat macam huruf kimia yaitu A,G, C, T, yang akan mengkode seluruh hal yang ada pada tubuh manusia yang jumlahnya mencapai tiga milyar untuk satu inti sel saja. Berat satu untai, hanya satu per 200 milyar gram. Dan lebarnya hanya satu per lima ratus ribu millimeter. Jika kita dapat mengiris sebuah kawat berdiameter satu millimeter saja menjadi seperseratusnya, maka ia akan menjadi benang yang sangat halus, yang akan snagat mudah diterbangkan angin. Namun, satu helai saja dari bagian irisan itu sudah lima ribu kali lebih tebal dari sehelai DNA. Jika semua DNA manusia di seluruh dunia yang berjumlah enam milyar digabungkan jad satu, maka berat DNA seluruh manusia itu tidak lebih dari satu butir beras. Menakjubkan! Subhanallah… Maha Besar Allah dengan segala penciptaan-Nya.
Ada satu hal lagi yang lebih menakjubkan. Untaian spiral untuk satu inti sel yang hanya seberat satu per 200 milyar dengan lebar satu per 500.000 milimeter itu direnggangkan, akanmencapai tiga meter. Itu artinya, jika seluruh untai DNA satu orang manusia yang terdiri dari 500 triliyun sel, akan sama panjangnya dengan 600 kali bolak-balik bumi matahari. Allahu akbar!!! Allahu akbar!! Sungguh menakjubkan. Benar-benar amazing.
Maka, tidaklah pantas bagi kita untuk lupa bersyukur atas segala ni’mat yang Allah berikan kepada kita. Karena Dia, telah ciptakan kita dengan sebaik-baik bentuk. 
Sumber : FM/Buku-buku Harun Yahya & The Divine Messagef the DNA; Kazuo Murakami

0 Comment:

Post a Comment

Tafadhol, jika ada pendapat lain, masukan, tambahan, kritikan dan saran, hehe, ayuuh... di kasi comment...^^
(jangan lupa pilih salah satu profil yg koment yah. biar termoderasi. jangan anonim. okeh? ^^)