Universal Culture

Sudah lama ga posting di blog. Hehe.. maklum kesibukan newmom... Semua ibu baru pasti tau dan pasti pernah merasakannya. Tak perlulah dijabarkan panjang lebar kali tinggi (volume dooong...) Hehehe...

Adalah lumrah di kalangan masyarakat, jika ada seorang wanita yang melahirkan apalagi anak pertama dari wanita tersebut, maka mereka hampir dipastikan akan ditemani oleh ibunya atau minimal keluarga lah. Dulu aku kira itu cuma budaya yang ada di kampungku saja. Dan kemudian aku baru tau bahwa hampir di seluruh Indonesia hal tersebut sangatlah biasa.
Jika ada seorang wanita yang melahirkan di kampung/kota yang berbeda dengan sang ibu, pertanyaan yang hampir selalu muncul adalah : "ibu datang ga menemani?"

Setelah melintasi samudera ternyata... aku mendapati pertanyaan yang sama dari orang yang berbeda negara. Sebutlah warga Filipina, perawat asisten DSOG-ku. Dia bertanya; "Did your mama accompany you here?"
Begitu pula halnya tetangga yang orang Pakistan yang berkomentar kepada suamiku ketika diceritakan bahwa kami cuma berdua dan orang tua kami tidak ke sini. "Why you donot tell me when your wife got delivery. I can send my wife to help your wife."

Ternyata... ini adalah universal culture. Ma syaa Allah... Aku baru tau... Hee...

Tapi memang ada kondisi di mana jarak dan administrasi membatasi. Semisal, pengurusan visa yang ribeeett dan lain sebagainya. Hal tersebut membuat prosesi mengundang orang tua menjadi sulit. Dan banyak di antara teman-teman di sini yang memilih untuk menghadapi prosesi mendebarkan ini hanya berdua saja.

Bagi yang melahirkan anak kedua, mungkin sudah dibekali pengalaman. Tapi untuk yang baru menjadi newmom, aku dan banyak teman-teman di sini yang kondisinya sama memang membutuhkan ekstra belajar...
Dan alhamdulillaah saling support antara suami dan istri membuat lebih enjoy menjalaninya. Sambil belajar. Ya, sambil belajar sambil mengaplikasikannya.

Alhamdulillaah... setiap kesulitan pasti ada kemudahannya... Dan itulah janji Allah...
:)

Apa saja tips nya?
Hehehe.. mungkin ini adalah hal-hal yang sederhana... Tapi, in syaa Allah bisa dipraktekan.

1. Berdo'a kepada Allah agar diberikan kesabaran dan kekuatan serta dijadikan orang tua yang amanah
2. Saling support dan menguatkan antara suami dan istri
3. Pelajari! Baca! Baca! Dan Baca! Apalagi fasilitas untuk mencari informasi saat ini sangatlah mudah. Contohnya : Salah satu aplikasi dari baby centre menurutku sangatlah baguuss utk newmom sepertiku. Sila search "my baby today"
4. Bergabung dengan komunitas ibu-ibu yang memungkinkan kita untuk saling share dan saling bertukar cerita baik secara online maupun offline

Smoga bermanfaat
Dan jangan lupaaa, Semangaaaatt being a new mom ^___^

1 comment:

Tafadhol, jika ada pendapat lain, masukan, tambahan, kritikan dan saran, hehe, ayuuh... di kasi comment...^^
(jangan lupa pilih salah satu profil yg koment yah. biar termoderasi. jangan anonim. okeh? ^^)