Surga Berbagai Diskon

Salah satu entah itu kelebihan ataukah kekurangan berdomisili di jazirah arab ini adalah menyoal diskon. Hihi... Iya diskon! Sekali lagi, bisa jadi kelebihan. Bisa jadi kekurangan. Tergantung dari prespektif mana kita melihat dan menilainya.

Hmm... diskon. Alias sale. Alias special offer. Sebelum kita cerita soal sale alias diskon yang spesifiknya di Jazirah Arab atau Saudi, mari kita cermati pertanyaan yang muncul dibenakku. Hehehe... Kenapa tulisan SALE atau DISKON umumnya ditulis dengan warna merah? Hayoo kenapa?
Setelah dicermati dengan seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya..., ternyata... warna merah adalah warna dengan panjang gelombang paling panjang. Itulah sebabnya lampu merah berwarna merah (yaiyalaaahh... namanya juga lampu merah :P), karena warna merah panjang gelombangnya panjang, tertangkap oleh mata dari jarak yang lebih jauh dibanding warna lainnya. Jadinya caution bahwa kamu harus segera siap-siap berhenti saat terlihat dari jarak yang lebih jauh dibanding lampu kuning maupun hijau. Begitu pun dengan SALE. Warna merah pada SALE akan ditangkap segera oleh mata sehingga menarik para pembeli untuk datang. Apalagi... wanita! Kalo udah liat kata2 DISKON, SALE, SPECIAL OFFER, dan sejenisnya dijamin mata langsung jelalatan. Wkwkwkwk... Secara fitrahnya langsung tertarik menuju ke sana. Hihihi...

Nah... ada apa dengan diskon di sini? Itu dia! Di sini tuh bisa kubilang surga diskon banget! Diskon bisa terjadi 4-5x dalam setahun. Apalagi menjelang dan di Ramadhan. Dari barang kecil-kecil hingga mobil pada diskon! Diskonnya juga ga kira-kira! Bisa sampai 80% bahkan lebih euy! (Kalo mobil sih ga nyampe 80% hihi). Dudududu... bener-bener memanjakan wanita bingitz yaak.. hihihi. Secara di sini wanita kebanyakan kan di rumah aja. Ga bisa ke mana2 sendiri. Jd distribusi wanita ya ke mall.. pas suami-suami pulang kerja. Hehe...

Kelebihan
Kelebihan diskon di sini adalah... the real discount. Bener-bener diskon! To be honest, aku rada-rada kurang percaya ama diskon di beberapa mall di indo. Katanya diskon. Tapi ternyata mainan angka doang! Kadang mark up, naikin dulu harganya trus baru diskon. Ujung-ujungnya harga original juga.
Nah kalau di sini, diskon itu bener-bener diskon. Kalau kedapatan mark up harga, bilang diskon tapi sebenernya ga diskon maka toko yang bersangkutan akan ditutup oleh kementrian perdagangan. Ga tanggung-tanggung resikonya. Berapa tuh kerugian kalau toko ditutup?

Kelebihannya lagi adalah di saat diskon inilah sebenernya kesempatan untuk beli barang yang bagus dengan harga yang sangat miring. Hihi...
Contoh... aku beli sepatu first walker Aafiya harga original sekitar IDR 350rb. Nah pas diskon bisa dapat harga sekitar IDR96rb. Emaknya Aafiya langsung deh lope-lope matanya. Xixixixixi... :D
Stroller Aafiya jugaaa... belinya pas lagi diskon gede-gedean. Alhamdulillaah dapat diskon sekitar 900rb lebih. Lumayan bingit kaan diskon hampir 1jt. Turun hampir 1jt dari harga aselinya itu sesuatu bangeetz :D

Kekurangan
Meskipun segala diskon terlihat sebagai sebuah kelebihan, apalagi bagi emak-emak yang penuh perhitungan (ahahahaha), ternyata diskon-diskon begini ada kekurangannya lho! Diskon2 begini kadang (atau sering?) membuat kita "kalap". Kayak pengin dibelii aja semua! Semuanya terlihat penting dan butuh kalo ada diskon. Padahal, ga semua barang diskon itu mungkin kita butuhkan. Kadang hanya sekedar keinginan. Nah itu dia, reminder buat aku sebenernya agar tidak tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu penting di saat diskon begitu menggiurkan.
Hehe... Ini berat siih.. hehe... but I have to manage it! Please be a smart buyer.... Hayoo denger tuh fathel! :D

0 Comment:

Post a Comment

Tafadhol, jika ada pendapat lain, masukan, tambahan, kritikan dan saran, hehe, ayuuh... di kasi comment...^^
(jangan lupa pilih salah satu profil yg koment yah. biar termoderasi. jangan anonim. okeh? ^^)