Software Photoshop GRATIS dan LEGAL!

Ini bermula dari request bikin design standing banner yang mana pasti membutuhkan software desain. Kalo sebatas leaflet, pamflet dan derivatnya sih masi bisa diakomodir oleh freeware atau aplikasi yang ga berbayar kan yaa. Tapi untuk big size semacam spanduk, baliho, banner, ga ada pilihan lain selain menggunakan sofware desain yang mostly berbayar.

Sejak berusaha meninggalkan program/software bajakan, aku memang dengan berat hati harus "berpisah" dengan si photoshop. Selama ini, aku memang sudah "ketergantungan" sama software yang satu ini untuk keperluan desain. Kalo sofware lain kayak adobe flash, ulead video studio, de el el itu masi bisalah aku meninggalkannya dengan ga begitu berat (ulead masi butuh sih cuma udah jarang ngedit video sekarang, apalagi bikin flash. Udah emak-emak beranak begini emang agak rada susah buat stay tune di depan laptop seharian. Pasti deeeeh dijamin ada dua wonderful girl yang bakalan ngerecokin, hihihi. Lagian jelas mereka lebih prioritas daripada flash atau video editing kan yaa... Tapii, untuk keperluan desain flyer, leaflet, dll itu masi sangat butuh secara emak Aafiya Aasiya ini kalo jadi panitia pasti ga jauh-jauh dari bidang humas dan publikasi... Hehehe... Jadi, withdrawal dari photoshop mirip-mirip withdrawal dari psikotropika lah. Wkwkwkwkwkwkwk.... Alhamdulillaah... Alhamdulillaah... meski berat, akhirnya memang si photoshop sudah tak tersentuh lagi. Alasannya?! Yang tertarik boleh ceki-ceki alasan kenapa aku menahan diri untuk tidak memakai software bajakan lagi sama sekali. Lupa kapan aku ceritakan di blog ini. Search aja kalo tertarik ngebacanya. Hihi...

Mulaiah aku bergeriliya mencari software yang kira-kira bisa menggantikan si photoshop (selanjutnya disingkat PSD aja lah yaaa biar ga panjang ngetiknya kekeke), yang free dan legal. Udah mencoba GIMP versi linux tapiii kayaknya memang susah move on dari si PSD ini... Hehe... Akhirnya ketemu sama si Canva. So far, aplikasi canva sangat membantu lah meskipun teteeep aja si PSD lebih baik menurut aku. Canva lebih instan tentunya. Dirancang untuk easy to use bagi pengguna. Tapi, aku memang ga bgitu suka yang instan begini karena ga begitu leluasa dalam urusan edit mengedit. Dari sekian banyak aplikasi, canva paling the best menurutku. Jika tujuanku adalah bikin desain untuk keperluan publikasi, canva more than enough untuk memenuhinya. Tapi, tetap tak bisa digantikan oleh PSD.

Dulu ada request bikin spanduk dengan ukuran 3x5 meter. Aku bingung mau pakai aplikasi apa. Ga ada aplikasi yang gratisan untuk bikin desain ukuran besar begini, even canva sekalipun. Mau ga mau harus pakai software desain kaaan yang berbayar. Akhirnya aku pakai versi trialnya aja. Tapi trial kan cuma 30 hari. Hiks... hiks....

Aku sebenarnya pengen bayar lisensi itu PSD. Tapiii, sayang aja rasanya kalo ga dipakek tiap hari. Hanya untuk even tertentu saja. Lagian, laptopku masi terbilang jadul untuk menampung photoshop CC (yang keluaran terbarunya) yang memakan space sampai 2 GB lebih. Apalagi fokusku bukanlah ngedesain, jadi lisensi software ataupun beli laptop dengan kapasitas besar bukanlah prioritasku saat ini tentunya. Beda kalo case nya aku memang bekerja untuk ngedesain yang memang dipakek tiap hari.

Singkat cerita, tentu saja 30 hari trial dulu itu sudah expire. Hehehe... Aku hampir aja give up dan pengen bilang ke panitia lainnya kalo aku ga bisa menyanggupi bikin desain standing banner karena ga punya software nya. Tapi, tetiba iseng search tentang PSD yang free dan legal. Kaliii si adobe mau berbagi yang versi jadulnya secara gratis. Daaaaan ma shaa Allah... ternyata adobe memang ngasi gratisan yang CS2 dengan alasan technical issue. Woooowwww ma shaaa Allah... aku langsung download laah tuuhhh si Cs2 ini dengan mata berbinar-binar. Hihihi...
PSD CS2

Sempat degdegan juga kalo si PSD CS2 ini ga bisa di-running di laptop window 10. Ternyata alhamdulillaah bisaaaa! Ma shaa Allah... rasanya excited banget. Pernah ngerasain ketemu sohib lama yang udah bertahun-tahun ga ketemu? Gimana rasanya? Senang banget kaan? That's what I feel ketika ketemu photoshop lagi... hihihi...

Buka CS2 ini serasa kembali ke jaman baheulak ketika aku baru-baru kenal photoshop dulu. Hihihihi... Meskipun sangat sangat jadul, yang penting aku bisa bikin desain dengan ukuran yang besar seperti spanduk dll. Jadiii, buat akuu, si PSD CS2 ini more more more than enough laaah. Meskipun dibandingkan dengan versi PSD CC yang terbaru memang udah ketinggalan banget tapiii yang penting kan fungsinya. Sama kayak beli furniture, yang jadul pun okee karena kita butuh fungsinya kan yaaa. Hehehehe....

Bagi kamu yang tertarik untuk menginstall PHOTOSHOP CS2 secara GRATIS dan LEGAL, boleh berkunjung ke link ini dan tinggal ikuti aja step-stepnya.

Semoga sukses yaaa nginstallnya hehehehe...

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked