Wisma oh Wisma...,Yuk, Masuk Wisma...


“Apa?? Wisma?? Ih, gak banget deh!”
“Eng…, entarlah ya.., gue baikin diri dulu, baru masuk wisma.”
“Ah, aku sih, gak mau terkekang. Wisma itu kan…emm…banyak aturannya! Gak boleh kluar di atas jam 9 malam. Harus piket masak, serba juhud, eh..zuhud,.. bla..bla…”
“Masuk wisma?? Aduuh…, bukannya gimana gitu yah?? Aku ngerasa gak pantes ajah berada di wisma.”
“Sorry, fren. Wisma bukan tempat yg cocok buat gue.”
“Di wisma, tamu cowok gak boleh masuk kan ya? Adduuh, gimana dunk?? Ntar cowok gua kagak bisa ngapelin gua lagi.”

Mungkin itu beberapa cuplikan ketika di Tanya soal kesediaannya masuk wisma. Hmm…., BELUM TAHU DIA! Sungguh, 100 % Wisma qeren! (Halah! Nyontek judul buku, lagi!).

Hmm..mungkin perlu diperkenalkan sedikit tentang wisma. Begini looh, sodara-sodara tercinta! Harap dicatat yeee! Pertama, buang dulu segala paradigma burukmu tentang wisma. Siapa bilang wisma itu hanya buat para makhluk berjilbab panjnag ‘n para jenggoters dengan ‘celana ngatung’?? enggak, lagi! WISMA, insya Allah terbuka buat siapa saja nyang muslim! Tapi harus muslim/muslimah loh! Itu syarat utama. Nah loh, yg merasa muslim, buruan datangi wisma dan daftarkan diri anda segera!

Lalu, whats the else??
Hmm…akan ada banyak cerita soal wisma ini. Insya Allah, wisma bukan sekedar tempat tinggal biasa dengan bayaran relative lebih murah (ini salah satu nilai plus wisma loh, gak perlu kalkulator ampe’ rusak buat ngitungin utang tunggakan bayaran rumah, hehehe. Soalnya, yah itu tadi, lebih irit dari kos-kosan biasa), tapi, juga sebuah wadah untuk menjadikan qta luar biasa!!! Gak percaya?? Coba gih, masuk wisma ajah! Dijamin ketagihan deeeh!

Di wisma ada program rohis (rohani islam), tiap ba’da isya or ba’da subuh, meliputi,pembahasan mengenai Fiqh, Siroh RAsul ‘n sahabat, Riyadhushalihin, tafsir, diskusi soal ibadah yg insya Allah bakal nombokin ilmu qta yg begitu sedikit dan banyak kekurangan niy (itu mah, saya atuuuh). Setidaknya, nyang semula kagak tau, jadi tau dengan adanya diskusi-diskusi. Kalo’ ada yg buntu, tinggal Tanya di agendatatsqif (tarbiyah tsaqofiyah) yg di adain di kampus dengan ustadz2 nyang lebih berkafa’ah alias kapabel di bidang itu. Selain itu,program wisma juga bisa ditambahin dengan tahsin dan Tahfidz dengan mendatangkan ustadz/ustadzah, dari LTQ misalnya. Trus, di wisma juga ada madding loh! Isinya, tausyiah, up-date an info2 kampus ‘n sputar dunia Islam. Buat ajang ekspressi karya2 juga bisa. Enak kan???
>>Nah loh, bener kan?? Bukan hanya sekedar tempat tinggal. Ada nilai plusnya!<<>>tahap tanzim kali yah??hahaha<<, yg ada ketuanya, pj2nya. Mulai dari ngatur uang masak, ngatur biaya listrik ‘n tagihan telpon (kalo’ wismanya punya telpon), ngatur BBM ‘n logistic, and other. Yg diamanahkan jadi ketua, mesti memenej semua anggota wisma, dan anggota mesti ngenjalankan tugas masing2nya. Nahh, asyik kan??

Lalu, di wisma, qta juga belajar untuk memahami saudara qta. Secara, ada banyak latar belakang kehidupan, track record, kondisi keluarga, tempat tinggal yg berbeda yg kemudian disatukan dalam wadah yg bernama wisma. Budaya Payakumbuh, Solok Selatan, Dumai, Solok, Batam, Pekan Baru, Lubuk Alung, Pasaman kemudian disatukan dalam lingkup bernama wisma. Ditambah lagi, aktivitas di kampus yg beda-beda. (Contoh, di wismaku nih yaa, ada yg aktivis BEM KM, anak MAPALA, Ketua Keputrian, anggota KAderisasi LDK kampus, aktivis JAMAAD alias jaringan mahasiswa anti pemurtadan), anggota kaderisasi LDF [FSI], pengurus HIMA dan KAMMI, tim FSLDK, eeehh iya, FLP'er juga ada nih..^_^), akan banyak perbedaan agenda dan waktu2. Nah, itu semua yg akan disinergiskan dalam tatanan yg bernama wisma. Mencoba untuk memahami saudara berikut kesibukannya. Indahnya, ukhuwah..ohhhh…

Di sini qta jga saling mengingatkan. Tadzkiroh. Jika ada penurunan, sama2 diperbaiki kembali. Jika ada perselisihan, diperdamaikan kembali. Subhanallah, betapa indahnya ketika qta saling mengingatkan, saling menopang, saling menguatkan. Wuisss…indah bgt bo’. Gak tau deeh, entah bahasa apa lagi nyang dapat mewakili betapa indahnya kebersamaan itu.

Dan lagi, wisma gak serem2 ‘n kaku2 banget koq. Qta juga punya agenda rihlah. Syukuran bagi wisudawan/wati or selamatan atas seminar, misalnya. Kadang, qta pilih momen2 buat makan di luar rame-rame. Atau gak, ke pantai bareng2. Minimal, masak2 bakwan, tabro deeh, kalo’ lagi gak da kerjaan. Sekalian refreshing, gituh. Serrrruuu..banget!

Apa lagi yang kau ragukan ,teman?? Soal peraturan yg ketat di wisma?? Ahhh, alasan saja tho. Peraturan itu dibuat, kan sudah disesuaikan dengan kapasitas qta. Lagian, itu peraturan juga UNTUK MENJAGA QTA SEMUA, ‘N UNTUK KESELAMATAN DIRI QTA JUGA. Missal, gak boleh keluar di atas jm9 bagi nyang cewek. Itu kan baek buat qta. Iya tho?? Apa lagi??? Gak boleh pakaian ketat. So pasti buat ngejaga diri qta juga kan??? Gak boleh pacaran, itu juga buat menjaa qta. Intinya, peraturan yg dibuat itu untuk kepentingan qta juga. Lagian, kalau qta jalani, sama sekali tak terasa mengikat kok!!

NAH LOOOOOH!
Masih ragu buat masuk wisma????
Tanya kenapa!



NB: Segera dehhh, hubungi BPW (Badan Pengelola Wisma) di fakultasmu masing2. Contoh: Kalo’ di Unand, khusus fak. MIPA ‘n Fak. Farmasi, hubungi ajah ukhtiy Jendra (Kim 05), ‘n buat nyang ikhwah…ke akh Wisga (Math 05). Tunggu apa lagi??? Limited edition loh!
Ini waktu syukuran wisuda S-1 Ni Dian 'n Ni Rin..
wuiss...
makan2 bo'!!

Nak Ikut???
^_^




Ini mading qta..
hayooo, ada nyang mau nyumbang karya??




Wisma syakuro, 30 Januari 2009 (at starting zone 22-quw)

0 Comment:

Post a Comment

Tafadhol, jika ada pendapat lain, masukan, tambahan, kritikan dan saran, hehe, ayuuh... di kasi comment...^^
(jangan lupa pilih salah satu profil yg koment yah. biar termoderasi. jangan anonim. okeh? ^^)