Membuat Kulit Risoles Anti Gagal

Risoles homemade pertama made in Bunda Aafiya yang sukses alhamdulillaah

Risoles adalah salah satu camilan favorit emak
Aafiya. Tapii, dulu membayangkan bikin risoles itu susaaaah bangeeett. Heuheu... Meskipun aku lumayan sering bereksperimen soal masak memasak di sini karena ga punya pilihan lain selain harus bikin sendiri ketika kepengen sesuatu (ga selalu available untuk dipesen atau ga selalu ada bazaar makanan indonesia), tapi bikin risol masi belum ada feel dan masi mikir susah banget kayaknya. Emak Aafiya paling pesen frozenan ke ibu-ibu yang kebetulan bakulan risol di sini atau kalo ada acara-acara pesen risol minta dilebihin ehehehe... Dan kalo snack sudah terhidang, pasti emak Aafiya nyomotnya risol duluan... wkwkwk... Sampailah akhirnya suatu ketika aku memberanikan diri untuk mrmbuat risoles sendiri. Berhasilkah? 😁
Makan risol di taman An nahda, taman yang sudah ratusan kali kami kunjungi hehehe

Hahaha, gagal sodara-sodara. Risoles yang dihasilkan penampakannya sangat mengerikan buahaha 😂. Ukurannya pun super jumbo. Bisa dibilang, raksasa risol dah... ahahaha... 😂. Dan satu lagi yang menambah kegagalan risol ini yaitu kulitnya tebal tapi sangat rapuh dan mudah sekali sobek. 😑
Percobaan selanjutnya setelah kesuksesan pertama alhamdulillah masi sukses dengan resep yang sama

Percobaan kedua pun tak jauh beda. Risolnya masi suka sobek dan ukurannya masi jauh dari harapan. Hiks... hiks.. 😣
Sampai di sini aku stop dulu percobaan bikin risolnya.

Nah kemarin, liat resep dari webnya mba Diah Didi kitchen (silakan googling sendiri web nya yaa... kebetulan sudah ketutup link nya). Bahannya gampang dan mba Diah Didi juga membagikan beberapa tips nya. Dan setelah aku ikuti resepnya, ternyata alhamdulillaaah senang bangeeeett resepnya cucoook buat aku. Dan akhirnya alhamdulillaah berhasil membuat risoles dengan suksess 😄😍. Isinya adalah boiled egg, mayonnaise, smoked beef dan cheddar cheese. Hihi... Aku memang paling sukaaa risoles mayo iniii. Kalo isinya sayuran apalagi mie, emak Aafiya memang kurang doyan ekekekeke... Pokonya mah isinya suka-suka ajaah yang penting kulitnya sukseess...
Kulit risol lagi dicetak hehe...

Resep kulit yang aku pakai adalah:
- 150 gr tepung protein sedang (aku pakai terigu all purpose)
- 2 butir telur
- 400 ml air minum
- garam secukupnya

Adonan diaduk hingga rata tak bergindil lalu disaring untuk mendapatkan adonan yang benar-benar free gumpalan tepung.
Risol yang sudah diisi dan siap dikasi tepung panir

Aku "mencetak" kulit adonannya di atas teflon doang karena ga punya wajan kebalik alias crepe maker. Kalo di resep-resep yang aku coba sebelumnya, aku memakai sedikit minyak, sekarang aku ga pakek minyak sama sekali. Dan hasilnya lebih bagus... Alhamdulillaah...
Risolnya lagi digoreng

Tinggal tunggu beberapa saat sampai kulit bisa terlepas sendiri dari teflon. Jadi ga pakek rempong alhamdulillah. Jangan lupa aduk adonan kulit terus-terusan biar tidak ada endapan tepung.

Nah, bagi sesiapa yang ingin mencoba juga. Silakan... silakaaan... Semoga sukses yaaa... 😉
Ini isi beef-minced yang dimasak dengan saus tiram, sedikit irisan wortel dan cheese cream

Di hari berikutnya aku beranikan bikin 5x resep. Alhamdulillah dapat 78 pcs risol. Hihi banyaak yaaa... Iyaa, soalnya lagi prepare buat 2 acara yang mana aku harus membuat snack nya. Udah pedee nih alhamdulillah bikin snack buat acara-acara apapun. Hihi... Biasanya cuma pesen doang. Sedikit buat konsumsi pribadi dan sebagian di frozen biar pas lagi kepengen ga repot harus bikin dulu, tinggal goreng doang. Praktis alhamdulillaah...

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked