Rasa Pengawasan⚠

Jika sudah berkurang dan bahkan hilang ketakutan pada pengawasan-Nya, maka suatu perbuatan salah bukan lagi sesuatu yang dirasai salah. Apalagi untuk meraih keuntungan-keuntungan duniawi belaka. Tak ingat lagi, bahwa ada Allah yang mengawasi. Lupa bahwa semua yang diperbuat akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.

#NtMS

●○●○●

Selama ini, aku selalu percaya bahwa di sini hampir selalu (mostly yang aku pernah jumpai) menjual barang-barang original. Sebelumnya, aku belum pernah ketemu produk KW-an. Atau aku yang tidak menyadarinya? Setauku, ada fatwa ulama yang mengharamkan produk-produk KW. Jika memang ingin membuat yang mirip (me too product), haruslah dengan nama yang berbeda. Bukan njiplak brand originalnya.

Makanya aku hampir selalu percaya kalau kebanyakan produk yang dijual di berbagai toko atau mall di sini memang produk original. Dan selama ini pun aku merasai memang ori brand sih.

Nah, akhirnya aku menjumpai case produk KW an juga di sini 🙈. Dan dijual di toko besar! Sebutlah toko X. Owner nya adalah orang India.  Sejujurnya, aku sering berbelanja di toko X ini.  Terutama untuk food and groceries. Karena mereka menjual bahan makanan asia dan yang terpenting, dekat dengan rumah. Sesekali liat-liat elektroniknya juga meskipun ga beli juga sih karena ga butuh. Kalo sekedar ingin doang, banyaaaak. Hehe... Tapi alhamdulillah selalu diingatkan Zaujiy untuk tidak impulsive shopping (jazakallahu khair katsir Zaujiy). Walau kadang kalap jugaa 🙈, astaghfirullah...

Tapi, suatu ketika (dalam waktu 2 hari ini) kita membeli koper dengan brand Y & Z(sebutlah begitu) di toko X tersebut. Kebetulan koper memang sudah pada rusak. Dan butuh koper tambahan karena koper kita sejak masi berdua hingga sekarang berempat, belum nambah lagi kopernya. Yang ada malah berkurang karena sudah rusak 😁. Kesimpulannya, we need new suitcase. Kebetulan lagi akhir tahun, biasanya banyak diskon. Dan kebetulan juga ini minggu terakhir sebelum tax berlaku di negara ini. Kalo sudah tax, pasti harga-harga pada naik. (Emak-emak memanfaatkan momen ceritanya 😂). Akhirnya deal. Kita belilah si koper.

Salah satu kelebihan di sini, jika kita merasa ga cocok dengan suatu barang, kita bisa fully refund. It's nice policy dan sesuai dengan aturan Islam juga kan yaa... Sepertinya slogan "Barang yang sudah dibeli, tidak bisa dikembalikan dengan alasan apapun" perlu direvisi. Sebab, ada masanya barang tersebut tidak sesuai dengan harapan kita atau kebutuhan kita misalnya. Aku sendiri juga pernah refund barang (waktu itu beli panci kukus) cuma karena alasan kekecilan dan ga muat cetakan kue yang aku bawa dari indonesia di sana. Dan itu ga ditanya macem-macem. Langsung dibalikin aja duitnya 😉.
Nah, berkaitan dengan refund ini, suami bilang "tolong inspeksi dulu kopernya, mumpung masi 3 hari. Jadi kalo ada apa-apa bisa refund".

Nah, aku melakukan inspeksi ala quality assurance dongs... (hihi lebaay). Soalnya kalau di toko, kan kita ga bisa cek detil. Dan ga bisa juga sambil browsing. Ga bisa bandingin langsung sama koper yang lama di rumah. Kejanggalan baru terlihat ketika aku benar-benar inspeksi, jungkir balikin, cek roda, cek zipper, cek jahitan dan lain sebagainya. Kejanggalan pertama yang aku lihat adalah ketika memperhatikan rodanya. Dan di sini aku baru menyadari bahwa koper ini benar-benar janggal. Kami membeli 2 set koper dengan merek yang berbeda. Tapi koq rodanya persis?! Kejanggalan kedua, kepala zipper. Aku baru liat juga ketika bandingin langsung dengan koper yang lama tapi merek yang sama. Lha, beda bangeeettt... Biasanya kan koper yang sama, memiliki bentuk ciri khas kepala zipper yang sama. Kejanggalan ketiga, tapakan kaki. Dengan merek yang berbeda kenapa sama persis?! Ga mungkin kaan 2 produk yang berbeda bisa persis. Kaaan, setiap brand punya ciri khas masing-masing. Ini yang aku lupa lihat dan sadari sih pas beli. Daaan, semakin confirm lah aku ketika aku cek di web nya langsung.

Sebenarnya, aku sudah survey di web resmi nya langsung. Jadi, pas liat pertama ga langsung beli. Kita beli juga pas next day nya. Karena survey dulu. Tapi, surveynya lebih ke membandingkan produk dan tak melihat detilnya seperti apa. Tak melihat detil roda. Tak melihat detil zipper. Dan yang menjadi kunci penting dari kejanggalannya dan verified ini fake product adalah TSA lock yang absen dari produk ini padahal ini ada di setiap suitcase lock kedua brand tersebut (Pelajaran banget kalo mau survey jangan cuma membandingkan dan lihat spesifikasinya aja, tapi liat dengan detil hingga hal-hal kecil seperti kepala zipper, kunci, roda dan bahkan hal-hal remeh temeh sekalipun dan berlaku untuk produk apapun)

Ketika survey di web pun, sebenarnya sempat sedikit heran. Kenapa koq ga ada di web resmi dengan tipe yang sama. Aku coba konfirmasi ke teman-teman yang suka belanja di sana juga, nanya-nanya pendapat mereka. Dan menurut mereka, bisa jadi itu produk lama yang ga keluar lagi. Heuheu... OK make sense sih yaaa.

Nah, pas setelah cek di webnya, ada yang mirip euy! Tapi nama tipenya beda (nama tipenya berbeda). Dan setelah diliat detilnya, ternyata produk yang aku beli ini totally fake 😭😣. Hiks... huhuhu...
Semoga bisa di refund kembali. In shaa Allah nanti mau refund aja.

Sebenarnya, jika kita bikin pengaduan ke baladiyah (kantor pemerintah), bisa kena sanksi toko tersebut. Dulu, pernah ada fake discount di toko besar juga di sini. Dan mendapat sanksi tokonya ditutup untuk jangka waktu sekian lama (kalau tidak salah sekitar 1 bulanan apa 3 bulanan yaa). Dan so pasti akan mengurangi kepercayaan pelanggan kan yaaa. Tapi, kita ga ngerti tentang urusan di kantor pemerintahan dan juga tidak pandai berbahasa arab amiyah fasih. Jangan-jangan malah salah dimengerti pengaduan kita, dan malah memperpanjang urusan. Mudharatnya juga buat kita sih. Apalagi kita sebagai pendatang. Biasanya orang lokal sini lebih mengerti. Semoga saja owner nya menyadari bahwa yang dia lakukan ini salah.

Ya itu sekelumit kisah aku
menjumpai fake product di sini. Lebih sedikit 4 tahun di sini, sepertinya ini kali pertama aku menjumpai fake product. Atau aku yang ga nyadar sebelumnya? 😂

Nilai positifnya adalah akhirnya aku jadi tau bahwa ternyata di sini ada fake produk dan di toko kepercayaan pula. Never step and buy in electronic and life style depertement in store anymore. Cukup belanja mingguan di food and groceries nya aja.
Nilai positif lainnya adalah aku sedikit banyaknya jadi tau, apa yang harus dilihat ketika membeli suitcase atau travel bag. Mana ngerti aku soal TSA lock jika tidak ada kasus begini... Hehe...
Tetaap yaa ada nilai positifnya 😉

○●○●○

Pelajaran berharga buat aku khususnya dari kisah ini:

⚠ (berkali-kali mengingatkan diri sendiri) untuk tidak impulsive shopping dan ingatlah segalanya akan dihisab

jangan tergesa-gesa!!! Ini nih yang mesti diperbaiki dari aku. Ishbir! Ishbir! Ishbir wahai Umm Aafiya!!! Jika perlu, pelajari sedetil-detilnya terlebih dahulu! Ubek dah tuh web nya, kenali cirinya, semuanyaa deeh! Ini (sekali lagi) berlaku untuk semua produk. Bolehlah tergesa-gesa asalkan untuk menyegerakan kebaikan. Tapi bukan dalam rangka membeli sesuatu.

📹 pengingat diri, bahwasannya segalanya diawasi oleh Allah. ❓❔ introspeksi diri ketika rasa pengawasan dari Allah berkurang bahkan hilang. Sebab, ketika diri merasa tak diawasi-Nya, maksiat terasa lebih mudah dilakukan dan tak sensitif lagi hati ketika ada dosa yang diperbuat 😣 dan waspadalah ❗☡ ketika hati tak lagi sensitif dengan dosa. Ini berarti pertanda bahaya ☢. Apalagi cuma buat keuntungan-keuntungan duniawi semata yang tak bernilai apa-apa jika dibandingkan dengan kampung akhirat!

🎈Dunia ini, tak lebih hanyalah senda gurau belaka. Sungguh rugi... dan amat rugilah seseorang yang menukar akhiratnya dengan dunia. Seperti menukar emas dengan kotoran. Sangat tak sebanding. Astaghfirullah... Astaghfirullah...

🎀 Semoga Allah jadikan dunia hanyalah di genggaman kita dan akhirat di hati kita

○●○●○

"Allahumma aj'al hammi al akhirah"
Ya Rabb, jadikanlah apa yang kami khawatiri adalah akhirat.

Jangan Engkau jadikan dunia (kemegahannya) ini sesuatu yang kami khawatirkan...

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked