Penyesalan Terdalam

Penyesalan.

Menyesal selalu saja ada pada akhir masa penyelesaian. Menyesal di awal, sebenarnya hanyalah sebuah istilah preventive. Tapi, tetap saja kata menyesal pasti akan selalu berada di akhir. Setelah semuanya berlalu dan tak dapat dikembalikan lagi.

Misal, kita membeli sepasang sepatu. Harganya sangat mahal menurut kantong kita. Lalu, seminggu dipakai, sepatu tersebut robek.
Apa yang kita rasakan?
Iya! Menyesal. Nyesek. Serasa ga rela uang sekian banyak melayang.
Menyesal telah membeli sepatu mahal yang daya tahannya cuma seminggu.

Ini hanya sepatu.
Tapi penyesalannya luar biasa. Nyeseknya amat sangat.

Ada penyesalan yang jauh lebih besar dan tak ada apa-apanya dibandingkan penyesalan kecil seperti permisalan di atas.

Yaitu, penyesalan ketika segala peluang amal telah tertutup!
Menyesal semenyesal menyesalnya. Tak ada lagi penyesalan yang lebih besar di kala itu. Itulah sedalam-dalam dan seberat-berat penyesalan. Ketika bekal yang dibawa masih sedikit (itu pun banyak dicaplok oleh maksiat-maksiat antar sesama manusia seperti ghibah namimah dan sebagainya) padahal masa kehidupan dunia sudah berakhir. Perandaian kala itu takkan pernah lagi menemui wujudnya. "Ya Allah kembalikan aku ke dunia dan aku akan beramal di setiap detikku". Tidak. Takkan pernah ada lagi kesempatan kedua.

Ahhh...
Dunia ini terlalu gemerlap jika hendak dikejar. Megah dan menyilaukan. Tapi sesungguhnya hanyalah fatamorgana. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang tak pernah terlena dengan dunia. Ia di dunia layaknya musafir yang mampir sebentar. Tak butuh bermegah-megah di tengah jalan, asal di tempat tujuan yang sesungguhnya beroleh sebaik-baik tempat.

●○●○●

Ini tak lain adalah tamparan buat diri. Yang sering lengah. Lupa arah. Lupa tujuan akhir.

Smoga Allah bukakan senantiasa hidayah, Allah tunjuki jalan kebenaran, Allah jadikan dunia ini bukan tujuan akhir dan Allah tutup hari-hari kita dengan sebaik-baik penutup; husnul khatimah. Aamiin yaa Rabb...

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked