Apa Hobimu?

"Anak-anak, apa hobi kalian?" Pertanyaan bu guru semasa SD seakan terngiang di telinga. Dan satu persatu pun mulai ditunjuk untuk menyebutkan hobinya masing-masing.

Apa hobi kamu?
Jika pertanyaan ini diajukan kepadaku, aku akan dengan segera menyebutkan sederet hal yang aku sukai untuk melakukannya.


Apa saja yaa? Hmm...
1. Menulis & blogging
2. Mendesign
3. Mengotak-atik software semacam photoshop, flash, after effect dan sejenisnya
4. Menfoto-foto (fotografi)
5. Sewing & crafting
6. Jalan-jalan

Waahh banyak sekali yaa hobiku? Ahahaha... Iya sih sekedar banyak doang. Tapiiii....
- menulis; mana artikel terbaru? Mana novel terbaru? Mana cerpen terbaru? Bahkan nulis blog aja masi empot-empotan. Jadi, apakah bener hobimu menulis & blogging, Fathel?

- mendesign; mana hasilnya? Apa benar hobimu mendesign, Fathel?

- Mengotak-atik software semacam photoshop, flash, after effect dan sejenisnya; kapan terakhir kali kamu mengoperasikan software tersebut? Jangan-jangan setahun yang lalu. Jadi, apa benar hobimu mengotak-atik software semacam photoshop, flash, after effect dan sejenisnya, Fathel?

-fotografi; jadi mana foto-fotomu? Pegang kamera sudah benar belum sih Fathel? Trus bisa nda sih kamu menjelaskan bagaimana fotomu dan apa maknanya? Ciee... Jadi, apa benar hobimu fotografi, Fathel?

-sewing & crafting; meski terlihat lebih bersemangat akhir-akhir ini, tapi apa saja yang telah kamu bikin sih Fathel? Itu tuh kain udah numpuk mau dibikin apa sih? Apa benar hobimu sewing, Fathel?

(- jalan-jalan; kalau ini cukuplah Abu Aafiya yang punya jawabannya :P )

Hugs... pertanyaan-pertanyaan di atas menohok sekaliii...
Aku jadi bertanya-tanya, apakah aku memang punya sederet hobi seperti yang aku sebutkan tadi, atau hanya sekedar suka melakukannya?

Aku menyadari satu hal; bahwa kurangnya totalitasku dalam menikmati semua passion dan hobi (jika itu semua benar adalah hobiku) yang menyebabkan semua hanya setengah matang (kalau telur setengah matang masih bisa disantap, tapi hobi setengah matang?). Semacam, mimpi besar ikhtiar kurang.
Aku menyadari, ketika seseorang memiliki passion terhadap suatu hal dan ia totalitas dalam melakukannya, maka hasilnya in shaa Allah luar biasaaaa. Dan ketika ia mau berbagi tentang apa yang ia totalitaskan itu; selain menebar ilmu bermanfaat itu justru akan mempertajam apa yang telah ia miliki.

Seseorang dengan passion menulis, akan menelurkan karya-karya hebat berkualitas. Seseorang yang memiliki hobby design juga akan menelurkan masterpiece karyanya dan memang diakui kualitasnya. Begitu pula dengan orang yang memiliki hobi dan passion fotografi. Karya-karyanya akan sangat dinikmati oleh orang lain. Mengagumkan. Ma shaa Allah. Crafting? Pun demikian adanya. Bahwasannya karyanya terlihat wujud nyatanya.

Mengapa? Mereka adalah orang-orang dengan totalitas tinggi dan bersabar dengan segenap tantangan. Dan aku sadari, dua hal tersebutlah yang absen dariku. Hanya sekedar suka, tapi tidak totalitas. Ingin hasil karya yang bagus, tapi kurang bersabar dalam menempuh proses.

Aahh...aku cemburu dengan orang-orang yang memang totalitas dan mampu bersabar menghadapi prosesnya... Dan, itu terbukti dengan wujud nyata hasil karya mereka.

Jadiii Fathel... jika memang kamu yakin itu semua hobimu, maka kuatkan totalitasmu, tingkatkan kesabaranmu dalam menghadapi prosesnya!! Just try and enjoy the process... ;)

 Semangaaaatt emak Aafiya!!

1 comment:

  1. jalan-jalan; kalau ini cukuplah Abu Aafiya yang punya jawabannya :D

    ReplyDelete

Tafadhol, jika ada pendapat lain, masukan, tambahan, kritikan dan saran, hehe, ayuuh... di kasi comment...^^
(jangan lupa pilih salah satu profil yg koment yah. biar termoderasi. jangan anonim. okeh? ^^)