Menanti Abang Tukang Cireng

Abang Tukang Cireng, lewaaattt dooooooong. Pliss…Plisss…Plisss… [kalo ada Abang Tukang Bakso, tentu juga ada abang tukang cireng kan yah? Heuu…]. Sudah beberapa hari ini aku selalu menanti-nantikan kedatangan abang tukang cireng. Hadeehhh, kapan yaah abang tukang cireng itu datang? Kapaaannn yaaahhh? Lelah kumenantimu, Bang! Hehe… Setiap anak tetangga, pasti sudah kupesenin, “De’, nanti kalo liyat abang tukang cireng lewat, kabari Nipi yaahh.” Hampir setiap hari, ketika anak-anak tetangga pada maen ke rumahku, selalu aku bertanya, “Eh, abang tukang cireng itu ko nda lewat-lewat yah? Katanya lewat sini tiap hari. Nanti kalo lewat, kasi tau yaahh…”

Ups… jangan sampai salah paham dulu, mengapa aku begitu menanti-nantikan kehadiran si abang tukang cireng. Plis, jangaan suuzhan dulu yaah. Hee… Aku juga bukan penggemar berat makanan khas sunda itu. Aihh, bukaaaan….sama sekali bukaaaan. Wong, aku beli cireng pertama kali di kampungku itu yah Cuma waktu itu doang!Hee…

Jadi begini ceritanya kenapa kehadiran si abang tukang cireng lewat depan rumahku adalah sesuatu yang aku nanti-nantikan.
Suatu hari, lewatlah abang tukang cireng.
“Cireeng…cireeeng…asli Banduuuuung. Rasa Ayam…rasa baksooo…” lebih kurang begitu suara-suara yang diperkeras oleh mikrofon.”
“Niiipiiiiiiiii, beli cireng yuuuk.” Adekku nyeletuk.
“Cireeng? Hmm….bole…bole… Beli berapa yah, satu…dua.. (aku mulai menghitung jumlah orang yang ada di rumah kala itu. Maklum, anak-anak tetangga memang sering maen ke rumah, jadiii, nda mungkin kan, beli cireng nya Cuma buat aku dan si Adek doang)…Beli 6 ajah Dek.”
“Okeehh…”
Rupanya si Adek mendelegasikan pulak pembelian cirengnya itu  sama anak tetangga yang lain. Hadeehhh…dassaaaar!
Dan beberapa menit kemudian, datanglah si ade’ yang tadi beli cireng dengan sekantong cireng di tangannya. Dan, kami asyik menikmati itu cireng. Tapi, tak dinyana, rupanya si abang kelebihan ngasi cirengnya. Jadi tujuh. Bukannya enam! Mau dikejar, si tukang cireng udah ngacir entah kemana. Jadiii, kemanaaa…kemanaa..kemanaaa…kuharus mencari tukang cireng (gaya ayu ting-ting mode : ON).
“Haduuuhh, gimana yah ngasi duit kelebihan cireng ini ke abangnya? Dia lewat sini tiap hari nda?” tanyaku
“Halaaaah, biasa itu Nipii. Kan penjual biasanya melebihkan untuk menarik konsumen.”
“Iyaaaa Nip.” Koor mereka semua.
“Itu biasa dalam dunia perdagangan, Nip. Aku beli gorengan juga sering dikasi tambahan. Sampai dua malah!”
“Tapiii, itu kan gorengaaan, bukan cireeng! Pokoknya tetap harus dikasi duitnya!”
“Aihh, Nipi ini lebay deh! Segitunyaaa…”
“Dari pada ntar susah nyari abang tukang cirengnya di akhirat! Memangnya ada rupiah di sana.” Jawabku.
“tapi kan ini sudah biasa!”
“Tapi, kan belum tentu biasa bagi abang tukang cireng.”

Oleh sebab itulah, maka setiap hari kunantikan abang tukang cireng itu. Bukannya apa-apa. Hanya saja ini masuk wilayah “abu-abu”. Benarkah tukang cireng itu melebihkan satu sebagai trik dagang, atau dia salah menghitung jumlah cirengnya? Kan semuanya masih meragukan.
“Tinggalkan apa yang meragukanmu menuju apa yang tidak meragukanmu.”
(HR Tirmidzi dan Nasai)

Jadiii, kalau kau liyat tukang cireng lewat di depan rumah, tolong kabari akuu yahh. 

4 comments:

  1. menggunakan dalil yg sama.
    dengan terjemahan yg persis sama.
    kebetulankah?
    :)

    ReplyDelete
  2. ndak kebetulan Da...
    sengajaaa...hehehe
    takut salah2 nulis,jadi mending lgsg dari "sumbernya"...heheh
    soalnya kan fathel ndak berkafaah daaa...hehehe

    ReplyDelete
  3. karena itu panggilan oleh adek2ku Mba...hehehe

    ReplyDelete

Tafadhol, jika ada pendapat lain, masukan, tambahan, kritikan dan saran, hehe, ayuuh... di kasi comment...^^
(jangan lupa pilih salah satu profil yg koment yah. biar termoderasi. jangan anonim. okeh? ^^)