Shopping Perlengkapan Bayi [Part 1]

Dulu, toko perlengkapan bayi adalah sesuatu yang luput dari perhatianku. Yaiayalaah yaaa, ngapain jugak? Hihi...
Naah, toko semacam ini mulai menarik perhatianku adalah ketika mulai merasakan ada movement of the baby in my belly, alhamdulillaah...
Suatu ketika, pas masuk bulan kelima, si mothercare lagi diskon gede-gedean. Mata langsung lope-lope dong yaaah. Hihihi.. Ampe 80% geetuuh. Jarang-jarang banget (memang kalo pas deket-deket Ramadhan, hampir semua toko di Saudi mulai dari yang jualan es krim sampai yang jualan mobil pada diskon). Daaaaaaan, kalo udah liat diskon, biasanya perempuan kaga nahhaaan. Wakakakakaka *LoL.
Nah, tapi ke mothercare waktu itu cuma liat-liat doang, kaga belii... Niatnya sih pas udah jalan bulan 6-7 ajah baru mulai hunting perlengkapan bayi. Tahaan dulu... tahhaaaan... Walaupun keinginan untuk ngebeli sesegera mungkin menggoda juga. Haha...

Aku selalu excited setiap kali "mampir" ke baby shop atau mall yang menyediakan perlengkapan bayi. Kalo udah gini, pasti deh suamiku tercinta ber-ehem-ehem sambil menatapku dengan tertawa. Hihi... Apalagi aku yang ekspressif ini. Kalo excited yaa keliatan excited bangeeet gituuh... Tapi targetnya sih belanjanya ketika UK masuk 6 bulan dan di uk 7-8 bulan udah fix karena kalo udah gede perutnya, susah belanjanya kan yaa (apalagi akan banyak jalan dan banyak berdiri pas belanjanya). Lebih baik pas UK segitu dipersiapkan untuk persiapan fisik, olah raga yang pas, dan the most important things, persiapan ilmunya juga. :)


Finally...masuk bulan ke-6, kita memutuskan untuk nyicil perlengkapan bayi. Mengelilingi beberapa toko yang menyediakan perlengkapan bayi di seantero Riyadh, Al Haram center, Centerpoint (beberapa center point kita sambangin), Mothercare, Ziddy Kid, hingga ke Lulu (yang merupakan satu-satunya mall yang kutemukan di Riyadh ini yang menjual perlak (alas ompol berbahan karet) yang nge-Indonesia banget yang ternyata made in Thailand. Masi deketlah yaa sama Indonesia. Hee.. Sebelumnya cuma nemu waterproof pad yang mungkin bisa dialihfungsikan menjadi perlak walaupun beda jauh laah). Ah iyaa, ada beberapa yang mesti "import" dari Indonesia yang sama sekali ga available di Riyadh semisal gendongan model Sling, popok kain jadul (di sini biasanya orang-orang menggunakan diapers disposal, sekali pake... jadi yang model popok tali begitu gak ada).

Setelah searching-searching beberapa keperluan, compare antara satu blog dengan blog lainnya, tanya ke ibu-ibu yang udah berpengalaman dan yang terpenting disesuaikan dengan musim pas si dede bayi nya lahir (karena beda banget kan yaa musim yang ada di Riyadh dan di Indonesia, jadi pastinya bakalan beda juga persiapannya). Berhubung in syaa Allah (semoga Allah mudahkan dan lancarkan aamiin) due date nya pas udah musim dingin, maka list perlengkapan beby nya meng-exlude yang model-model baju pendek atau kutung, celana pendek. Jadi, kita nyiapinnya emang baju panjang aja, sama baju anget yang model sleepsuit and baby grow gituuh. Tapi ada juga beberapa yang lengan pendek (bawaan paketan dari baju yang lengan panjang).

Aku kepengen nge-share iniih beberapa keperluan bayi yang kali aja ada ibu-ibu yang lagi membutukan list ini. Dan berhubung aku juga newbie, jadi aku dengan senang hati juga menerima masukan dari ibu-ibu (atau siapapun itu).

Keperluan Ibu :
1. Pembalut nifas
2. Breastpad
3. Bra yang nyaman buat menyusui
4. Gurita ibu (ini kontroversi banget kayaknya. Tapi aku pro-gurita. Hihihi)

Keperluan Bayi :
- Pakaian :
1. Baju lengan panjang 6 pcs
2. Celana panjang 6 pcs
3. Sleepsuit 6 pcs
4. Baju anget semacam beby grow gitu 3-4 pcs
5. Topi bayi (1-2 pcs, tapi kebeli 3 ternyata :D)
6. Booties dan Mitten masing-masing 5-6 pcs (apalagi musim dingin yak?)
7. Bibs 3-4 (aku beli yang paketan di M*thercare isi 6)
8. Washcloth 3-4 pcs (aku belinya kebanyakan kayaknya. Soalnya yang paketan isi 4 brandnya boycott... Hehe)
7. Popok Bayi (model tali) 2 lusin
8. Bedong bayi (aku nyiapin 1 lusin, tapi katanya butuh banyak. Apalagi musim dingin kan yaa. Tapi bedong bayi yang berbahan flanel gitu aku ga nemu di Riyadh ini. Jadinya, aku beli yang bahan katun sama yang bahan model soft kayak selimut gitu)
9. Sleeping bag (kayak selimut berkantung gitu), gunanya buat bepergian. Apalagi di musim dingin)

-Bedding
1. Matras/comforter (aku belinya cuma comforter aja, terutama untuk ke mana-mana, kalo ada acara di luar, buat alas beby nya. Abisnya matras beby kayak yang di Indonesia aku belum nemu niih dan udah di exlude juga dari list hihihi...)
2. Selimut bayi yang lembut dan hangat 2 pcs
3. Perlak/alas ompol karet (aku tambahin waterproof pad untuk comforternya pas bepergian)
4. Tempat tidur bayi yang ada kelambunya.
(aku ga pake baby box atau semacam cradle gitu karena menurut banyak pengalaman, ini jarang kepake juga. Padahal niat awalnya pengen ada box bayi gitu. Hee... Tapi kayaknya hardly use banget deh yaa... Dari pada buang-buang budget ajaaaa, heuu...).
5. Bantal peang (yang ada cekungannya)

-Peralatan Mandi
1. Bak mandi (atau kalo mau pake westafel juga nda papa)
2. Handuk yang lembut 2 pcs
3. Sabun, shampoo, lotion, nappy cream, bedak tabur (beserta tempat bedaknya), minyak telon, spons yang lembut), bola-bola kapas, wipes.
4. Peralatan gunting kuku & sisir bayi

-Buat bepergian
1. Diapers Bag
2. Gendongan
3. Stroller (jika dibutuhkan)
4. Car seat

-Miscellaneous
1. Termometer
2. Lemari tempat penyimpanan perlengkapan bayi (jika diperlukan)
3. ASI pump dan botol susunya/botol ASIP
4. Nursing pillow (jika dibutuhkan. Kita beli nursing pillow ini by accident banget. Hihihi.. Maksudnya, awalnya ga diniatkan buat beli and ga masuk list. Aku sebenarnya membutuhkan maternity pillow biar tidurnya lebih nyaman gituuh. Pan bumil suka pegel dan low back pain yak? Setelah dibeli dan dicobain, ternyata enggak seperti harapan. Tadinya kita pikir si nursing pillow ini bisa menggantikan si maternity pillow. Ternyata enggak. Akhirnya kita tetep beli maternity pillow waktu ngubek-ngubek babies R us. Hihi... Daaaan ma syaa Allah, ternyata memang sangat nyaman menggunakan maternity pillow --> yang kata suamiku "bantal kebesaran" hehehe. Abisnya emang panjaaang dan gede sih yaaa. Kalo lagi enggak dipake itu sekilas kayak donat raksasa berlapis dua. Tapi Alhamdulillaah review dari aku si maternity pillow ini worthed banget laaah. Penggunaan natural message di area belakang yang biasanya pegel jadi sangat-sangat berkurang karena tidurnya udah nyaman banget. Dan posisi kita akan "dipertahankan" dalam keadaan miring ke kanan yang memang bagus buat bumil. Soalnya kalo tidur terlentang pas usia kehamilan udah gede, kan berpotensi menindih blood vessel. CMIIW)
5. Bouncer (jika dibutuhkan)

Oh iyaa, satu lagi... sebaiknya memang perlu menganggarkan berapa budget untuk keperluan bayi. Kita pas belanja keperluan bayi gini, tidak mencanangkan budget sebelumnya. Cuma bikin list nya, dan pas ketemu yang ada di list yaa kita beli. Kekurangan model kayak gini adalah : kadang uncontrolled... pas liat yang modelnya lucuuu aja rasanya pengen beli semuaa... Hehehe... Ini meskipun sudah berusaha untuk meminimalisir dan hanya membeli yang dibutuhkan dan tercantum di list, ternyata eh ternyata udah habis banyaaaaaak jugaaaaa yang sempet bikin mata melotot. Seharga tiket PP Jakarta-Riyadh. Huwaaaa... =,=

Kalo dibandingin harga di Indonesia, harga di sini juauuuh lebih mahaaal menurutku. Apalagi menyoal kain-kainan. Bedongan di Indonesia dengan bahan flanel berkisar 80-100ribu bisa dapat setengah lusin, di sini harga segitu cuma dapat 1 pcs (yaa ga ada juga sih bahannya yang persis sama kayak di indonesia). *gulingguling.
Jadi, kalo memang ada kesempatan buat mudik ke Indonesia sebelum melahirkan, memang sebaiknya borong ajah tuuh produk indonesia, penuhin bagasinya. Hehehe...
Kalo enggak bisa mudik, alternatifnya yaa nitip ke teman-teman yang lagi mudik. Tapi kan ga mungkin nitip ampe 10 kilo atau nitip satu koper kan yaaa? :P
Nitipnya yang emang bener-bener ga available di Riyadh aja mah. Hee...

Nah, kalau udah dibudgetin, mau ga mau kita mesti ngikutin "koridor" budgetnya kan yaa... Yaa, relatif lebih terarah laah, in syaa Allah... Yaa, itung-itung pengalamanlah...

Jadii, selamat shopping buat keperluan bayi yaa bagi para calon mommies. AKu akan sangat senang jika ada yang mau mengoreksi atau pun menambahkan karena aku yaa seperti yang aku bilang, masih newbie. Tapi, percayalah, shopping keperluan beby ini adalah sesuatu yang sangat menyenangkaaan. Wakakakakaka... *siap-siap ditimpuk :D

0 Comment:

Post a Comment

Tafadhol, jika ada pendapat lain, masukan, tambahan, kritikan dan saran, hehe, ayuuh... di kasi comment...^^
(jangan lupa pilih salah satu profil yg koment yah. biar termoderasi. jangan anonim. okeh? ^^)