Kenapa Mesti Nge-Blog?



Hehe..., pertama kali denger istilah Go Blog..., aku tertawa sahaajaa...
Kenapa?
Hehe, coba kamu baca sekali lagi. Ingat, ini di BACA yaah, lafaskan dengan keras...
Kita akan mendengar kata "goblok" bukan??
hihihi...
Just intermezzo...

Humm..., hanya sedikit berkisah, teman. Soal blog dan dunia yang menyertainya. Memangnya apa?? hoho
Aku mulai nge-blog tahun 2007. Tapi, isinyaa..yahh..gitu-gitu ajalah... Ndak banyak. Meskipun kerajingan  nulis, aku tak memposting tulisanku di blog. Karena apa? Karena waktu itu, mikirnya gini..., ini karya kan mau dikirim ke koran or majalah? Ntar kalo udah di post di blog, kan statusnya udah publikasi. Atawa, ntar ide nya dicuri orang. Hahaha...ada-ada saja. Emang siapa yang mau nyuri ideku yang teramat sangat generic beginii. Hihi..Ke-Gede Rasa-an amat siiih?? Lagian, ini pemikiran koq sempit banget yaah waktu itu??


Trus..trus...,
Berkembanglah dunia per-FB-an, di mana stiap orang bebas berekspressi. Blogku..yah...jadi mati suri deeeh, karena banyakan tulisan lebih sering diupdate di FB. Namun, dengan begitu banyak pertimbangan, seperti yang telah kutuliskan jua di sini niiiih..., akhirnya aku komma di dunia per-FB-an (meski belum sepenuhnya hengkang, alias death, karena berbagai pertimbangan pula). Semenjak ituuu, aku memutuskan untuk "memberikan nafas" pada blog ku inii...memberinya sedikit "kehidupan"...

Kemudian...
Aku baru menyadari, sebenarnya begitu buanyaaak manfaat yang bisa kita petik dari Go Blok ...eiihh... nge-blog maksudnya. Banyak sekali. Makanya, aku snagat ingin menuliskannya di sini...

So, Kenapa mesti Go Blok.. ehh..Nge-Blog??
Pertamaaa, aku takkan khawatir lagi soal pencurian ide atau yang plagiat begindang. Sebab, ketika suatu ide (apalagi suatu kebaikan) disampaikan dan diambil manfaatnya oleh orang lain, berarti kita tengah menanam sebuah investasi masa depan! Sekarang, silahkaan deeeh, (itu pun kalo adaaa), tafadhol...kalo mau nge-co-pas, mau menuliskan ulang dengan ide sejenis, mau menyampaikannya...mau ngapaiiin ajah! Tafadhol, dibajak! (emang CD atawa program?? hehe). Kamu bisa copy apaaa ajah yang kamu mau. Yang penting bermanfaat. Okeh??

Kedua, ketika kita menuliskan sesuatu yang memberikan manfaat yang mungkin orang lain tidak mengalaminya, atau sesuatu yang berpotensi untuk terjadinya hal yang sama, atau sesuatu kebaikan, ilmu, pengetahuan, tips, atau apaaa ajah yang memberikan kebaikan, insya Allah kita jugah berkontribusi terciptanya kebaikan.

Percayalah, pengalaman setiap orang tidak akan pernah sama. Ketika kita berbagi pengalaman dengan orang lain, dan ternyata bisa mencegah suatu kemungkaran atau kecelakaan pada orang ituu, maka kita sekali lagi, telah memberikan kontribusi kebaikan.

Jika kamu mengaku tidak bisa menulis atau tak punya bakat menulis, maka KAMU TELAH SALAH BESAR! sebab menulis bukan soal bakat, tapi soal minat dan kemauan. Dengan pengalaman yang berbeda bagi setiap orang, maka kamu bisa saja menuliskan pengalamanmu. Tuliskan sajaa. Tuliskan sajaa. Sekali lagi, tuliskan saahaaajaaaa.  Insya Allah, akan ada manfaatnya bagi otrang lain, yang bahkan mungkin tidak kamu kenal!

Ketiga, nge-Blog adalah sarana untuk amar ma'ruf nahi mungkar! Waa efektif banget kaan. Sebab, semua orang diberbagai penjuru, dapat mengakses pikiranmu, kebaikan yang kamu sampaikan. Ga mesti beli koran ini, beli majalah itu,  yang terkadang hanya berada diregion tertentu saja. Ini akses bebas tanpa batasss... Namanya jugah "dunia tak bertepi". Gak hanya orang2 yang kamu kenal yang bisa ambil manfaatnya, bahkan orang yang tak kita kenal sekalipun.!!

Nah..nah.., di kala banyak orang meramaikan bursa dunia informasi dengan propaganda negatif, maakaa, saatnya kita pula untuk meramaikan bursa informasi tersebut dengan melemparkan ide-ide positif! Mengimbangi, bahkan melebihi! Pengalaman-pengalaman positif! Insya Allah, kalo pengalaman positif yang kamu sampaikan, makaaa...., insya Allah akan menjadi manfaat bagi orang lain. Lagian, kalo pengalaman sendiri, cuma kamu satu2nya yang punya pengalaman ituu kan yaah? Berbagilaaah. Berbagilaaah...

Eih..eih..., percaya ga, kalo Success story seseorang (di bidang bisnis, misalnya), bisa mempengaruhi banyak orang dan bisa menginspirasi banyak orang untuk mengikuti jejaknya, biar sukses jugah? Nah..., kamu bisa meng-ekstrakpolasinya (??) dengan menceritakan kisah, bagaimana kamu dapat hidayah dulunya, misalnya. Bagaimana kamu pertama kali menggunakan jilbab, gimana kamu tersentuh hatinya untuk mengenakan hijab dengan sebenar-benarnya, misalnya. Bisa jadi ada orang yang terinspirasi untuk mengikuti jejakmu karena mendengar kisahmu, bukan? Dan, andai saja ada yang mengikuti jejakmu untuk berhijab dengan sebenar2 hijab karena tersentuh dnegan blg mu, maka...kamu telah mendapatkan onta merah! Ketika ada yang dapat hidayah lewat perantaramu, maka kamu dapatkan sesuatu yang lebih baik dari dunia dan seisinya. iya tho?

Jika "mereka yang diujung lorong sana" (hehe, siapa siih? U know lah yaaa), melemparkan ide2 sekularisme, ide2 yang akan menjauhkan kita dari akidah dan akhlak seorang muslim, makaaa..., saatnya pula kita untuk mengimbanginya dengan ide2 untuk "membersihkannya".

Keempat, nge blog jugah berarti memperluas jaringan, silaturrahiim, dan kalo di dunia bisnis; Relationship! Cobaa deeeh, eeeuunaaak rasanya punya sodara baru lewat dunia blog. BIsa temen2 yang seide, yang sepemikiran, yangs seprofesi. Bisa jugah jadi temen dari temen kita. Temen dari temen dari temen kita. Dan terus menerus secara eksponensial, hihi, matematis banget.  Kita jugah bisa mengadopsi pemikiran mereka, memperoleh ilmu balik dari mereka. Intinya, juga memberikan ilmu baru bagi kita yang mungkin selama ini tak kita dapatkan!!

Kelima, meawacanakan sesuatu ide (lewat tulisanmu) di blog, berarti mewacanakan sebuah perubahan! Yaah, perubahan! Being Agent of Change! Kamu mungkin tak menyangka suatu saat, ternyata ide2 yang kamu tuangkan, direspon oleh publik. Itu artinya, kamu telah mempengaruhi banyak orang dan memberikan sebuah perubahan! Ke arah kebaikan tentunya!

Keenam, di blog, kamu bisa mengekspressikan dirimu (cie elaaaah!) se-ekspresif2nya. Nge-upload karya2 kamu sehingga bisa dinikmati banyak orang, curhat mengenai masalah2 yang kamu hadapi...yang mungkin saja orang lain punya solusinya. Atawa,setidaknya, dengan menceritakannya, separuh dari bebanmu menguap (berapa titik uapnya hayyooo? hihihi, ngaco!). Tapi harus timbang2 dulu dong, mana yang ahsan dan mana tak tak ahsan untuk disampaikan di hadapan publik.

Ketujuh, ini niiih yang paling pentiing, (seperti yang udah kita singgung jugah), nge-BLOG adalah salah satu investasi masa depan! Investasi luar biasa!

"Barang Siapa yang mengajak orang pada suatu kebaikan, maka ia mendapat pahala sebanyak pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun."
HR. Muslim

Coba bayangkan! Andai saja dalam sehari saja ada 1 orang yang mendapatkan kebaikan dari apa yang kamu tulis di blog kamu, setahun sudah 365 orang! Berarti sama artinya kamu telah melakukan kebaikan sebanyak ituuu. Itu baru satu orang, gimana jika sepuluh, seratus atau seribu..., seratus riibuuu (haha, Sejuta Arif niih). Menggiurkan bukaaan?

Nah..nah...mislanya seratus tahun lagi, ketika kamu sudah menyatu dengan tanah..,dan ternyata tulisanmu dan blogmu masih diakses banyak orang,  ketika ilmu, kebaikan yang kamu sampaikan itu masih dibaca orang dan dilaksanakan a.k.a diamalkan orang, ia akan menjadi amal jariyah yang  akan mengalir pahalanya terus menerus! Sekali lagi, bukankah ini menggiurkaan??

Masih banyak siiih sebenarnya alasan2 kenapa harus go blok eitt nge-Blog.
Nah..nah.., mari, Go blok eihh Nge-Blog lah!
Nge blog lah sekarang jugah!


 
 
 

Masihkah ada alasan untuk tidak nge-Blog??
semoga jawabannya, "Tentu tidaaaaak!!"
hehe...


Semoga bermanfaat...^^

4 comments:

  1. oke kak... nih sedang coba nge-blog...

    ReplyDelete
  2. @Boy :
    waah...tetap smangat boy!
    Kk suka tulisan boy,
    "berisi" semua euy..

    Semangat nulisnya^^

    ReplyDelete
  3. @Ojik :
    Waaahh..lagi flu yah?
    semoga bukan H5N1 (hihi...becanda, Ojik..)

    Tetap semangat nulisnya yaaaah!!
    Semangaaat, menebarkan kebaikan!!

    ReplyDelete

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked