We are Happy Family


Mengabadikan (kurang tepat kayaknya kata mengabadikan, sebab yg abadi hanyalah milik ALLAH), merekam jejak sejarah yang indah dengan sentuhan After Effect ^__^ 
Kali ini momen indah itu adalah "WE ARE HAPPY FAMILY"

Alhamdulillaah, finally, akhirnya jadi juga project After effect ku. Hehehe... Ini ‘dirakit’ dengan menggunakan adobe after effect Cs5. What a great software utk bikin animasi... Kerreen daah software yang satu ini! Hehe...
Dulu aku pikir adobe flash lah yang paling susyaaaahhh. Aku belajar flash sejak semester 5 dulu, tapi ga pernah bisaaa. Sampai-sampai aku berpikir, aku ga bakalan bisa niih flash... Tapi, karena interest sangat, akhirnya ‘jungkir-balik’ (heeeh, lebay banget pake acara jungkir balik segalaa, hihi :D) alhamdulillaah bisa juga, walaupun yaa masih sangat jauh lah dari professional. Masih sederhana sangat dan yang terpenting, artinya aku masih harus buanyaaak belajaarrr. Pada akhirnya, aku berkecimpung dengan topik tesis farmasi yang buanyaak melibatkan animasi flash (sayangnya,  ga ada mata kuliah flash di jurusan farmasi, hehehe) memaksaku untuk belajar flash lebih buanyaaak. Hasilnya? Heuu, teteeep masih sangat sederhana. Lagi-lagi, harus buanyaak belajar!

Waktu itu aku belum tau, bahwa sofwer pembuat animasi yang lebih canggih itu yaa adobe after effect. Ingat ga filem-filem semacam harry poter atau filem semacam scene rumah terbakar, tembakan dan ledakan bom, pesawat jatuh, dan adegan-adegan yang keliyatannya ga mungkin buat dilakuin di dunia nyata hanya untuk sebuah filem (mahal bet kan yah kalo filemnya mesti bakar pesawat. Harga pesawat ajah ampe ratusan juta, hihi), dan ternyata Adobe After effect lah rahasianya. Adegan di tengah laut, mau dimangsa ama hiu geudeee itu mah sebenernya Cuma dilakonin di satu ruangan doang. After effect lah yang memolesnya...  Adegan-adegan begitu biasanya memerlukan suatu plug-in yang berbayar. Kalo dirupiahkan sekitar jutaan lah. Untuk yang begini mah aku bukan ahlinya laahhh yaaa. Kalo ahli, mending jadi produser filem ajah, jangan jadi farmasis. Hihihi... :D

Dulu aku heraan sangat sekaligus kagum, ko bisa yah animasi flash yang dibikin di suatu template websflash (aku sering mengunjungi ini, Cuma karena berbayar, ga mau aahhh. Having fun kan ga perlu yang mahaal. Hihi... *otak gratis*), animasi flashnya kerreeeenn banget. Aku coba trial and error sendiri, tapi ga bisa-bisa (ga ada tutorialnya sayangnya, huhu). Ternyata after effect juga jawabannya mengapa begitu kerren flash nya. Dan kesimpulanku,  ‘perkawinan’ adobe flash dan adobe after effect dengan mahar adobe photoshop, akan menghasilkan sutau animasi yang awasome. File anaimasi dari after effect bisa diimportkan ke flash. File graphic dari photoshop atau adobe illustrator bisa diimportkan ke after effect.  (hihi, kalo ini mah aku baru bisa menggabungkan photoshop dengan flash atau after effect dengan Photoshop atau Adobe Illustrator).

Eh iyaa, td aku mau cerita, bahwa dulu aku fikir adobe flash lah yang paling susyaaah... Ternyata after effect bikin aku lebih ‘mabok’ lagiii. Hahaha... Sama seperti waktu belajar flash dulu, aku sempet berpikir bahwa aku mungkin ga bakalan bisa nih After Effect. Tapi, lagi-lagi karena ngebet banget pengen bisa, alhamdulillaah mulai bisa dikiiiiiittt... Ibarat memasuki rumah, maka mengenal after effect ini seperti aku baru masuk ruang tamunya. Masih buanyaaaak yang perlu dieksplorer. Heuu... bahkan aku ampe beli buku panduan segala. Tapi ujung-ujug, bukunya ga kepake. Heuu... Emang lebih serruuu kalo selancar sendiri atau belajar tutorial via yutub ketimbang baca buku panduan. Emang dari dulu aku ga demen belajar ‘praktik’ sofwer beginian dari buku. Hehehehe....

Ini adalah out put kedua menggunakan after effect. Masih sangat sederhana dan sebagian dari pidio ini, I still using Ae templates, donlot yang gratisan. Hihi... *lagi-lagi otak gratis*. Ini videonya low resolution. Resolusi kecil ajah. Jadi rada-rada blurr...
Trus  kalo mau out put yang high resolution, ampun-ampunan nge-render nya. Bisa ampe 10 jam. Ogah banget nungguin ampe 10 jam untuk video yang durasinya hanya setengah hingga 1 menit. Kaya hari-hari Cuma buat si after effect ajah. Enggaklaaah... masih banyak kerjaan laen, kaliii...hehe.
Udah gitu, laptopnya pake acara ngadat lagi, udah kepenuhan space nya, Hardisknya tinggal 7 GB doang dari 250 GB, memorinya tinggal setengah. Jadi, akan semakin memperparah prosesi pe-render-an nya. Heuu... ini ajah pake program yang portable (biar ga berat banget beban laptopnya. Pan seharusnya bikin-bikin beginian mestilah pake PC yang bessuaaar spek nya. Ini Cuma pake laptop yang udah keinstall berbagai macam ragam sofwer). 

heuu... kali ini versi "We are Happy Family"
the next, mari kita rekam jejak momen2 bersama teman2 :)


*sungguh ini adalah deskripsi yang benar-benar amat sangat panjaaaang sekaliii (penyalahan EYD!!! :D)

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked