MR. DIPIRO : Menebar Kemanfaatan

Bagi farmasis, apalagi farmasis klinis, siapa sih yang ga kenal dengan Mr. Joseph T. Dipiro. (haha, sok kenal banget gue yak? Hags....hags....hags.... Yang jelas, kita tau ama dia, dia nya ga tau kitaa). Kita lebih akrab menyebut beliau, Mr. DIPIRO. Dia adalah penulis buku Pharmacotherapy, a Pathophysioligic Approach, buku yang sering sekali jadi rujukan bagi farmasis klinis. Aku sendiri, juga sering merujuk kepada buku ini. Aku punya nya versi e-book. Soalnya kalo mau yang versi cetakannya, mahhhaaaall beut plus tebbbeeell beut. #MentalMahasiswa.

Ini nih si buku sakti itu :
karyanya Pak Dipiro dan asisten-asistennya :)

Dua hari ini, istimewa banget, Mr. Dipiro datang langsung ke Jakarta~Depok. UI~RSCM (kalo ga salah), ngundang beliau ini buat ngasih semacam training atawa seminar atawa workshop, apapun namanya itu. Intinya, dua hari full Mr. Dipiro ngasih ceramah soal farmasis klinis. Deuhhh, pengen banget daah bisa ikutan. Tapi sayangnya aku ga lagi di Depok.

Mr. Dipiro lagi ngisi kuliah. Photo courtesy by Mba Eka Kartika Untari, M.Farm, Apt
Dengan 'mencuri' foto dari mba Eka dengan seijin pemilik (eta teu mencuri namana mah -_-"),  aku pajang deh foto pak Dipiro nya di blog ini. Heu...heu.... Wahh ternyata itu yah penampakannya Pak Dipiro. *Padahal ga jelas banget sih yaaa... Hehehe... Biasanya cuma tau isi pikirannya (baca: Tulisannya) doang.

Pelajaran berharga buat diriku, adalah tentang menulis dan berbagi ilmu. Alangkah banyaknya kebaikan yang diperoleh oleh Mr. Dipiro, di mana bukunya menyebar di seantero dunia. Hampir semua farmasi klinis (banyaaaak banget maksudnyaaa) merujuk karya beliau. Sungguh, itu amal jariyah yang hebat. Tapi apakah itu menjadi amal jariyah bagi beliau, aku ga tau, allahu'alam. Soalnya kan bukan muslim beliaunya. Tapi yang jelas, karya beliau itu memberikan kemanfaatan yang buanyaaaak bagi buanyaaak orang.

Aku semestinya termotivasi untuk berbagi ilmu yang bermanfaat sebagaimana Mr. Dipiro. Meskipun aku masihlah sangat sangat sangat sedikit yang kutahu, tapi tidak ada salahnya berbagi yang sedikit. Semoga aku termotivasi dan semakin bersamangat untuk menulis, yang sudah mulai loyo semangatnya... :)

Hayooo Semangaaaaattt wahaiii dirikuuu.... Semangat menulis. Semangat berkarya!!
Syukran jazakallaahu khair katsiro for Zaujiy, yang telah memberikan support sebesar-besarnyaaa..... ^__^
Aku ingin engkau menjadi orang yang pertama membacanya, Zaujiy :)

6 comments:

  1. Cemungudh Cinta, you have been doing it, keeps sharing, keeps inspiring ;)

    ReplyDelete
  2. itu di bandung, hotel Hilton. penyelenggaranya Unpad. mao tanya, pernah denger istilah shift to the left?itu penjelasan singatnya apa y? ada di 7th edition bukunya dipiro. sy ge ambil s2 klinik jg,tx b4

    ReplyDelete
  3. Ohh Bandung tho...

    sy ndak tau istilahnya apa... dipironya masi jadul yg punya saya... hihi :D

    ReplyDelete
  4. Shift to the left atau right berkaitan dengan penurunan atau peningkatan neutrofil (jenis leukosit) dalam darah, yg menjadi marker penyebab infeksi.. kalo pergeseran ke kiri, neutrofil turun atau neutrofil batang naik, karena infeksi virus.. ke kanan, neutrofil naik atau neutrofil segmen meningkat, akibat infeksi bakteri.

    ReplyDelete
  5. Saya pengen beli dipiro edisi 7th aja kalo ada.. tapi yg replika. Soalnya yg ori mahal bgtt.. kira2 dimana ya? Pusing nyarinya.. trima kasih

    ReplyDelete

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked