Haduuuuh....Dis-Konek!!!


Akhir2 ni, jaringan komunikasi memang agak suka error. Lebih tepatnya pasca gempa niy laaah. Komunikasi via telepon seluler (Tanpa menyebutkan nama GSM-nya, demi menjaga nama baik, hehe), menjadi sangat tak efektif. Kadang2 nyambung kadang2 ga’. Sering kali SMS yang dikirim hari niy, nyampenya baru besok malam. Siapaaa coba yang ga’ bete. Barang kali karena penawaran SMS gratisan untuk SMS pelanggan GSM yang sama kali yaaah, jadinya operatornya pada sibbuuuk gara2 SMS2 konyol beredar di mana-mana. Diriku saja sering nrima SMS gokil macam tuu di samping SMS taujih. Sebagian siiih memang menjadi moment banget, kesempatan emas buat ngirim taujih online via SMS ke semua pengguna GSM yg sama. Missal : diriku lagi di perjalanan bus yg memakan waktu 6 jam itu, kesempatan buat ngirim SMS (lebih tepatnya memforward, hehe) ke teman2. Mumpung jaringan lagi tak masalah dan mumpung masi gratisan. Hihihi…



Maka, di suatu sore nan cerah, setelah seharian ga’ nrima SMS apapun (bahkan jarkom kuliah sekalipun, yang membuat kami bertanya2 “kuliah pa ga’, hari niiy”. Maklum, pasca gempa, jadwal kuliah juga ikutan terganggu. Jadi, jadwal kuliah kami berganti tiap hari dan dijarkom tiap malam, karena harus banyak penyesuaian), tiiba-tibaa…,


“ting-ting…” (anggap saja bunyinya begitu. Bunyi standar SMS laah. Hihihi)
Bunyi itu berulang kali. Kuraih henpon soakku yang udah rada-rada butut itu, eihhh…salah, maksudnya, henpon bututku yang udah rada2 soak itu. Hehe. (iyyah, henponku itu memang udah rada2 tuirr. Sering error. Kalo udah banyak es em es yang masuk, bisa ketuker-tuker pengirimnya sama isi SMS nya. Missal, si pengirim si Melati, malah isi SMS-nya dari Badu. Mungkin, maling ajah perlu berpikir puluhan kali buat nyuri tuh henpon kali yaaah? Hehe. Udah dosa nyurinya sama ajah, belom tentu laku di jual. Hehe. Udah fisiknya jadul, fiturnya jugah bener-bener es te de sangat! Tapiiii, betapapun soaknya henponku itu, aku tetap mencintainya apa adanya. Karena, cinta itu butuh pengorbanan, tho? Lagian, no body perfect. Hoho, kaga nyambung. Pokok’e aku tetep cinta sama tuuuh henpon. Apalagi ada 700 nomer telpon tersimpan di sana. Hehe. Kaga muat siihh sebenarnya, aku harus mendelet suatu nomer dulu untuk bisa meng-entry nomor baru lagi. Memo nya udah sangat2 full! Tapi…tapi…tetep kaga mau diganti (halaah, bilang ajah belom ada duit, hiihihi). Setidaknya, aku masi bisa nelpon, masi bisa SMS, masi bisa digunain buat alaram, dan masi bisa dijadiin tempat nyimpan ide yang terselip2 di jalanan. Betatappun soaknya, henponku itu telah berjasa sangat besar padaku, dan sudah selayaknya aku tak perlu ‘menghinanya’. Aihhh, aku menyukuri keberadaannya koq. Cuma ajah, agak sikit lebay niih. Hehe). Hadduuuuh, udah ngelantur kemana-mana niih. Kembali ke lapotop deeh.



Jadi, beruntunlah bunyi SMS masuk waktu itu. Masya Allah, 19 messeges received. Sembilan belas! Jarang2 aku dapet SMS beruntun macam tuhh kecuali pas lebaran. Hehe. Isinya mulai dari jarkom, hingga yang nanyain prosedur lab. Ada jugah taujih. Ada pemberitahuan kuliah. Ada SMS gokil.. Paling banyak siih pertanyaan. Semisal, “Thel, jam bara pulang?”, “Thel, lagi dima?”, “Thel, bapakny dah masuk.” etc



Hoho, baru aja sehari jaringan error, sudah segitu pelik nya permasalahan komunikasi. Bahkan jadwal kuliah pun jadi kacau bliau gara2 jarkom yang kaga nyampe2. Skali lagi kubilang, itu baru sehari! (hummm…,jadi ingat waktu gempa kmaren. Saking kaga bisa nya komunikasi, banyak ortu (dari berbagai daerah, mulai dari sumbar dan skitarnya, hingga Jambi, Medan, Pekan Baru) yang stress dan bersliweran di Pasar Baru dan dareah2 lainnya, mencari anak2 mereka yang hilang, apakah anak mereka selamat apa kaga? Apakah salah satu anak mereka adalah korban gempa? Lagi-lagi masalah komunikasi!)


Sekarang, kita sedikit memandang dari sudut pandang yang berbezza. Jika, komunikasi sama manusia ajah yang sikit error, sudah banyak yang kelimpungan, lalu bagaimana dengan komunikasi dengan Allah. Sholat adalah salah satu bentu “komunikasi” antara hamba dengan Rabb-Nya. Tapi, yang amat mengherankan, kenapa masi banyak yang membiarkan komunikasinya dengan Allah terputus dalam jangka yang sangat lama??? Napa masi banyak orang yang dengan entengnya ninggalin sholat??


Ketika nada tilpun ‘n SMS yang masuk, dengan segera diistijabah alias di respon. Tapi, pas giliran adzan, ogah2an, bahkan dicuekin! Na’udzubillah… Dengan entengnya meninggalkan sebuah ‘komunikasi’ yang jauh lebih indah ketimbang tilpun-tilpunan or SMS-SMS-an! Kenapa orang2 tak sholat menjadi pemandangan yang biasa? Kenapa kalo diingatkan, jawabnya “ntar deeh” melulu?


Huffff… Mengingat ini, aku teringat pada suatu perjalanan. Jadi, perjalanan itu start sebelum subuh. Supirnya kaga brenti2 kecuali setelah jam 7-an pagi. Nah, orang2 yang di dalamnya, koq entengnya ninggalin subuh? Ada yang berdalih dengan “husnudzon” sama Allah, “aaah…, Allah kan ngerti, kalo kita lagi di jalan. Allah kan Maha Tahu. Allah kan maha pemaaf. Mudah2an kali ini dimaafkan deeh.” Ck…ck…ck…. Na’udzubillah. Padahal, Allah kan udah kasi kemudahan dengan cukup bertayamum saja dan sholat dengan kondisi duduk saja dan menghadap ke mana kendaraannya melaju. Bukankah Allah sudah ngasi rukhsokh? Dan, yang lebih mengherankan lagi, justru yang ngelakuin sholat subuh dengan tayamum malah dipandang aneh! Padahal, sejak esde hingga tingkat perguruan tinggi, udah diajarkan, berulang-ulang pulak! Apakah hanya sekedar teori sajakah? Kenapa lebih mengherankan orang yang sholat dengan tayamum dari pada orang yang tidak melaksanakan sholat?? Kan, subuh kaga ada jama’ nya.


Huuuffff…. Dan, yang anehnya, kenapa sering kali merasa cukup dengan apa yang ada saja? Dibilangin, kitanya dianggap anak kecil yang baru setaon jagung yang kaga pantes ngingatin orang yang udah lebih setengah abad bermukim di dunia. Mungkin, caranya aja yang kurang pas, lalu kemudian2 lebih memilih untuk diam. Aaahhh….ternyata PR-nya kita masih banyak yaaaah??? Huff…, jadi ingat kajian tatsqif. Musibah yang lebih berbahaya itu adalah musibah agama! Bahkan, gempa 8,3 SR kmaren tuuh belum apa-apanya dibanding musibah agama yang menimpa umat manusia. Jika musibah dunia bisa mengenai siapa saja, dan akibat paling parah itu yaa..kematian. Toh, hanya dalam beberapa saat, Ranah Minang sudah mulai berbenah koq. Musibah agama itu “pilihan”, maksdnya ga menimpa semua orang. Hanya mereka2 yang berpaling dari agama saja, dan ia tiada berujung. Bukan main musibahnya. Naar! Na’udzubillah… Smoga Allah selamatkan umat ini dari musibah agama.










Dzulhijjah, 1430 H Setelah enam jam berada di atas bus. Alhamdulillaaaaah, akhirnya bisa pulkam jugah dan beraye sama kluarge kita orang niih. Hehehe. Sekalian deeeh, Selamat Idul Adha 1430 H.

2 comments:

  1. be carefull,hafsah..
    ^__^
    19 inbox?
    uakeh banget..hehe..

    ReplyDelete
  2. becarefull?

    hehe...

    baiklah...

    terima kasih

    tapi, becarefulnya dalam rangka apa tho?hehe

    ReplyDelete

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked