Tentang Fathel




Assalaamu’alaykum Warohmatullaah Wabarokaatuh…

Sahabat, terima kasih yaah, sudah bersedia mengunjungi rumah mayaku ini. Aku selalu berharap, semoga apa yang aku goreskan di sini, dapat engkau bawa pulang. Bermanfaat bagiku, bagimu dan bagi kita semua.

Sedikit tentang aku.
Kamu bisa panggil aku Fathel. Ya, cukup Fathel saja yah. Jangan disingkat dengan ‘Fath’ segala. Bukannya tak suka, tapi, panggilan Fath akan membuatku sulit untuk mendelete banyak memory masa lalu yang ingin kulenyapkan. Hehe. Sebelumnya, perlu kujelaskan kepadamu bahwa saia ini perempuan, akhowat, wanita, girl. Jadiii, sebelum lebih banyak yang terlanjur menyapa diriku dengan sebutan “akhi…” (sudah sgt buanyak malah. Huhu). Ini hanyalah tindak preventive sebelum lebih banyak lagi yang salah. Hehe.
Humm…, banyak yang bilang aku adalah Ransel Girl. Hehe. Ya, akhwat yang demen pisan pake ransel ke mana-mana. Gak kemahan, gak kondangan…teteup ajah ranselnya kaga ketinggalan. Hehe. Ya, begitulah. Ransel hitam yang setia menemeniku sejak akhir tahun satu kuliah dulu itu, begitu deket di hati. Sekarang, gak peduli si ransel mau kumal apa enggak, yang jeles diriku teteup setiaaaa. Jiaaahhh…

Aku dan blogging.
Aku ngeblog sejak tahun 2007, sejak pertama kali diperkenalkan oleh tim web nya LP2I (Lembaga Pustaka dan Penerbitan Islami) di kampus. Sejak itulah aku ngeblog. Jadi, blogku ini sudah mengalami beberapa kali perubahan suhu dan cuaca (halaaah, memangnya prakiraan cuaca apah? Hihi). Pada akhirnya, hitam (yang tampak elegance) jadi pilihan. Hoho.

Aku menyukai banyak hal. Sukaaaaa buuuuanyaaaak haaaaaal (versi lebaynya). Yang pertama, segala sesuatu yang berbau tulis menulis (emang tulis menulis bau apah gituh? Hee…). Aku menyukai dunia tulis menulis sejak SD (my first short story itu di kelas VI SD berkisah tentang puasa). Bikin cerpen sih sudah lebih dari 300 judul. Tapi, yang dipublikasikan mah baru sedikit. Sangat sedikit. Maklum, masih amatiran!

Novelku, ada 4 judul. Novel pertama, ditulis waktu kelas 3 SMP. Berkisah tentang seorang gadis penyuka matematika (yg gw banget sih waktu itu, hehe). Rada-rada sains fiksi geetoh. Novel kedua, 100 % roman picisan. Haha. Jadi malu kalo ngebacanya lagi. Novel ketiga, ini nyampur, ada unsur sains fiksinya juga. Tapi, tema besarnya, masih kisah hati, tapi versi ikhwan akhwatnya. Hehe. Nyang ini hampir 200 halaman word font standar spasi satu setengah. Novel keempat, sains fiksi lagi (demen bet ama sains fiksi nih ya?) yang berkisah tentang gombal warning eih global warming. Novel ke-lima, still in progress (yang belom jadi2 jugaaa dan gak dilirik2 lagi, udah berbulan-bulan) mengangkat teman besar, about pendidikan anak.

Kalo artikel, essay, opini dan sejenisnya… juga udah bejibun sih. Sebagian ada yang dipublish di situs eramuslim, situ dakwatuna, situs HOKI (harian online kabar Indonesia). Tapi, kebanyakan, diaplod di blog ini. Yaah, itung2 mewarnai wacana dunia laah (halaaaah!). Topik tulisannya macem-macem. Hehe, kata temen-temen, aku suka mikirin sesuatu yang gak dipikirin orang lain. Hihi. Bahkan, jika kamu-kamu di suatu kesempatan, kebetulan duduk di sebelahku di angkot…bisa-bisa aja esoknya ceritamu sudah tampil di blogku. Hihi. Jadiiii, apapun yang berserakkan di sekeliling, semua jadi tulisan. Lebih tepatnya, SEMUA JADI PELAJARAN! Kalo ditotal, udah hampir 300 halaman words, times new roman 12 pt, 1.5 spasi (lengkap bet deskipsinya, kayak sarat lomba penulisan ajah. Hihi). Insya Alloh mau dibukuin, tapii…still in progress edittingnya… Itu pun kalo ada penerbit yang melirik. Kalo tak, biar aye bikin penerbit sendiri ajah ntar (halaaah, gayaaaaa!). Yaah, begitulah, karena nge blog ini memfasilitasi publikasi segala tulisan dan curhat-curhatku, makaa….. aku sukaaaaa banget nge-blog!

Hobby yang kedua adalah…taraaaa….design! Aku suka design. Plus-plus-plus…photo editing. Ya, ngeditnya pake Ayam soup, bakso soup, soto soup, dan photo shop. Sikit-sikit blajar corel jugak, tapi masih sangat jauh dari bisa. Hehe. Makanya nih yaah, aku makin cintaaaa nge-blog, soalnya selain publish tulisan di blog, aku juga bisa nyalurin hobby ngedesain-desainnya, geetoh.

Hobby ketiga, photografi. Yaah, walau masih amatiran nih ya. Dan walaupun kameranya juga masi pocket camera, tapi..teteup ajah sukaaaaa moto2 apapun. Katanya sih, ini bukan soal kameranya, tapi soal photografernya. Seperti apapun kameranya, kalo phografernya oke, hasilnya teteup bagus (haha, nyari alasan. Bilang aja, kagak punya!). Jadi, di berbagai momen, aye terkenal jadi tukang photo. Soal hasilnya, pun masih jauh dari propesional laah. Yang penting tak brenti blajar tho. Dan, semakiiiiiiin cinta, cinta dan cinta sama dunia blogging, sebab blog ini juga memfasilitasiku untuk mempublikasikan hasil photo2ku yang masih amatir itu. Hehe.

Hobby keempat itu, yaah blogging itu sendiri. Biasanya aye bisa lupa waktu kalo udah berkutat dengan dunia per-blog-an. Paraaah… Sampai-sampai, temen-temen bilang, ini si Fathel, kalo udah depan laptop, pasti jadi autis deh. Lupa ama lingkungan. Bahkan, kalo gempa pun (secara kan kita berada di negeri gempa nih), dia mungkin gak nyadar. Ini lebay apah alay yah? Gak segitunya kaleeee. Hihi. Ini blog, udah mengalami beberapa kali perubahan dan di otak-atik sedemikian rupa. Hehe. Dikit-dikit, nyoba blajar bahasa css, bahasa html, ASP javascript dan sejenisnya. Bela-belain hunting dreamweaver dan sejenisnya, biar bisa coding-coding-an. Tapiii, teteup ajah masi sangat jauh dari mahir. Hehe. Namanya juga blajar yaah.

Hobby selanjutnya, apa lagi yah? Hadeuuh,kebanyakan sih! Jadinya gak ada yang mateng! Hehe. Aye juga suka ama video editing. Walaupun (lagi-lagi) masih amatiran jugak. Heuu… Biasanya pake Ulead Video Studio, dan syukur-syukur bisa Adobe Premiere. Yang Premiere ini sih udah nyoba, tapi lepi aye mohon ampun dia, kebanyakan program. Ngadat deh. Jadi, terpaksalah dia ngalah. Plus…plus..plus…dunia animasi jugak. Pake adobeflash or macromediaflash. Lagi demen2nya blajar ini sih, walaupun, lagi-lagi, hasilnya masih jauuuuuuh untuk dikatakan baik. Hihi.

Selanjutnya…aye punya hobby ngajar orang. (bukan nge-hajar orang loh yah, karena saia bukan preman.) Hihi. Sukaaa ajah ngajar dan dunia pendidikan. Makanya, aye sempet bikin bimbel di rumah, buat anak-anak SMA. Bimbel matematika. Aye juga suka dunia ke-psikologi-an. (aneh bet yah, anak farmasi malah demen nulis, desain, ngajar dan psikologi. Trus apa aye tak cinta ame farmasi? Yaa cintaaa laaaah! Klinis apalagi. Aye suka farmasi klinis).

Hobby selanjutnya, gambar. Lebih tepatnya nge-gambar rumah dan bangunan. Dulu, waktu kecil, suka banget nge-desain rumah impian. Pokoknya sukaaaa ajah. Plajaran matematika yang paling kusuka juga adalah dimensi tiga (yg notabene bercerita tentang bangun ruang) dan aljabar. Cita-cita diriku yang tak kesampaian itu adalah…arsitekur. Humm…Alhamdulillah, farmasi menurut Alloh yang terbaik… dan insya Alloh ini adalah yang terbaik.

Meski banyak yang aye suka, tapi banyak pula yang aye tak suka. Yang sulit dan berat bagiku itu adalah, pertama…bahasa inggris. Bahasa inggris yang jauuuuuuuuuuh dari standar. Jauuuuuuh untuk dikata baik. Tapi, untuk ini, aye akan berusaha, insya Alloh, buat menjadikan diriku sukaaaaa dan cintaaaaa… HARUS CINTA! Sebab, berasa bet pentingnya. Hehe. Yang enggak terlalu diriku suka yang kedua adalah music. Kecerdasan musiknya, low banget. Kalo ini sih, diriku gak terlalu maksa diri buat cinta. Ya sudahlah. Hehe. Aye juga kaga terlalu suka nonton, kecuali berita dan pilem2 yang direkomendasikan banyak orang ajah. Di hardisk, diriku nyimpen banyak pilem, tapi yang aku tonton itu sikiiiit bet. Hihi.

Oh yaaa, soal karakter siih (sudah kebaca pun dari awal keknya), sangunis abisss, idealis spontan, fluktuatif, ceria, dan selalu bersemangat (kalo lagi semangat). Ya iyalah yah? Hehe.

Aye anak pertama dari lima bersodara (yang sekarang tinggal empat). Adekku yang kedua, ikhwan. Dia ini niiih, plegmatis abis. Pendiem. Kalem. Cool. Tapi, dia jago banget soal otak-atik alat-alat elektronik. Macem-macem ciptaannya nyang selama ini ndak pernah orang lain bikin. Dia pernah bikin senter dari pena. Hehe. Unik sih. Segala barang elektronik buanyak nyang kenak bongkar sama dia ini niih. Makenye, aye saranin, entar kalo kuliah pilih jurusan elektro ajah, dik. Adek yang selanjutnya, tolak belakang sama si adekku yg ikhwan ni. Kalo ini niih, dia sangunis abis. Jagoooo banget nyanyi. Kecerdasan musiknya jauh di atasku. Dengan mendengar ajah, dia udah tau apa notasi musiknya, do re mi fa sol la si nya. Sesuatu yang bagi aye sulit bet. Dan juga, dia jadi tempet curhat temen-temennya. Dia demen psikologi juga keknya. Makanya, aye saranin, ntar masuk psikologi ajah. Nah, nyang paling bungsu, nyang paling melankolis. Paling bijaksana. Dan paling suka nabung. Dia ini nih, kalo soal bagi membagi sesuatu, biasanya kami percayakanke dia. Lebih fair dia. Nah, cita-citanya si adek bungsuku ini adalah pengin jadi hakim, katanya.

Yah, demikianlah perkenalan dari saia yang sangat panjang ini. Biasanya, banyak yang alergi matanya baca tulisan panjang. Hehe. Tak ape. Maa fii musykilah lah. Gak masalah. Sing penting, kolom “tentang fathel” aye terisi penuh. Hihi.

39 comments:

  1. Cita-citanya mulia, sangat langka orang bercita2 IRT, padahal itu sngat mulia. menjadi isteri bagi suami dan ibu bagi anak-anak. Saat ini cari isteri gampang yang susah cari ibunya anak-anak

    ReplyDelete
  2. Kenalkan, nama saya Nurudin, itu yang tertera di KTP dan dokumen resmi lainnya. Tapi mertuaku memberi tambahan, jadi Muhamad Nurudin. Nama ini juga yang sempat tertulis di buku Jejak-Jejak Surga Sang Nabi karya Bahtiar HS ( salah cetak mungkin, tapi kata penulisnya seh ga salah. Dia bilang ini sebagai tanda terima kasih atas 'provokasiku' dalam penerbitan buku perdananya. Mengapa aku juga memperkenalkan diri sebagai Abi Sabila, tentunya karena aku adalah ayah dari Sabila, putri tercintaku. Bingung mau manggil apa? nda usah bingung-bingung, panggil saja begini " Abi...sini deh, ntar ta kasih duit ", Insha Allah aku bakal datang. hehehehehe..cukup segitu perkenalannya ( sapa juga yang minta kenalan ya? )

    ReplyDelete
  3. @ Abi Sabila :
    hehe....
    salam kenal Abi,
    salam untuk Sabilanya

    @Hamba Allah :
    Hehe...
    maksudku itu, sebenarnya merubah persepsina saja.
    hmm..., begini,
    kebanyakan orang kalo ditanya :
    "apa pekerjaanmu?"
    misal : "pharmasist or apoteker di Rumah sakit ini."

    nah, berarti itu pekerjaan utama kaaan?

    nah, sy hanya ingin merubah persepsi itu,
    pekerjaannya apa?
    "jadi IRT"
    baru pekerjaan sampingannya jadi "farmasis"

    begitu maksud sy...

    ^^

    ReplyDelete
  4. hmm...sepertinya orangnya "rame" neh...
    salam kenal ja ya buat FATHEL...
    tetap semangat sm tulisannya...

    *dbagian akhir tulisannya, gak ngeh sm istilah2nya..SANGUINIS??? Potential Hemisfer??
    obsesif konvulsif?? de-el-el... tuing..tuing

    ReplyDelete
  5. @Apikudin:

    hehe..
    salam kenal jugah...

    rame??


    hehe,
    gak adaku gak rame...hihihi
    (ngga' ding! becanda)


    sanguinis, potential hemisfer..
    hmm..

    aku gak terlalu mempartisi koq...

    cuma sikit "pengidentifikasian" saahaajaa..
    hehe

    :-D

    ReplyDelete
  6. lam kenal ya bu aku derandry_anz@yahoo.co.id...........
    teruslah menulis bu moga bagian dari amal anda
    dan aku bisa belajar dari tulisan and..
    mkasih telah menulis serta berbagi....
    lanjutkan ya bu go a head dan bikin hidup lebih hidup

    ReplyDelete
  7. ka fathel..
    kayak nya link sixthgeneration nya salah ka..
    harus nya kan http://ukhuwahfillah05.blogspot.com/
    hihi.. cuma memberitahu.. ^^

    ReplyDelete
  8. @Derandry :
    salam kenal juga yaaa...

    yaph! semangat!

    semoga derandry jugah jadi penulis!! pokok'e lanjutkan daah!

    @Thasya:
    aaahhhh...iyaaah...,
    betul..betul...betul...,
    makasi ya Sya, udah ngingetin...
    ^^

    ReplyDelete
  9. iya ka..
    samasama.. ^^

    ReplyDelete
  10. asw. salam kenal... blogx bagus ajarin ngeblog dong ukh

    ReplyDelete
  11. @Nilma...

    bagus?? hehe...trima kasih...

    yup..., insya Allah ukhty...
    Mainlah ke wismaku.., hehehe..., insya Allah qta orang blajar bareng yuuuk...

    ReplyDelete
  12. Uhibbuki ya Ukhty fillah... deep my heart pi.... semoga tetap istiqomah...dan dooakan juga teman mu yang jauh disini untuk tetap istiqamah dan meraih yang dicita-citakan..... syukran atas semuanya pi.....

    Ratih Kd_arbab_alyaqzhah

    ReplyDelete
  13. @Ratih :
    waaaaaaaaa..Ratiiiih..
    kangeeeeeeeeen...
    taragaaaaaaak...
    baa kabar jakarta tih?

    yup..yup..yup...
    kita saling mendo'akan agar kita istiqomah ya Tih...

    uhibbuki fillah...
    uhibbuki fillah...

    ReplyDelete
  14. assalamualaikum, Fathel!
    ini vika. iya, dari FKUI 05. kamu anak unand?
    wah, kenal fajrul khairati? salam buat dia... kenal dwi ambar anak FK 05? salamin juga ya...
    semangat menulis, ya, walau saya lagi vakum... ^^

    salam ukhuwah, ukhty!

    ReplyDelete
  15. Walaykumussalaam Vika.
    iyah..Ka.
    Ni Fajrul Khairati, humm Kenal banget! Kenal sangat! Kami pernah satu wisma dan satu kamar.
    Ambar, kenal jugah....
    Kami pernah beberapa kali ketemu di dauroh..^^
    insya Allah...(ambar lagi co ass jugah euy...)

    Waah, ga nyangka yah, ternyata dunia "sesempit" ini. Hehe..

    Iyyah, salam ukhuwwah ukhty fillah....

    ReplyDelete
  16. ternyata fathel lebih tua dariku satu bulan,^^. Tp panggil kakak juga gapapa. Sy angkatan 2004 soalnya, udah lulus siy. Ok, salam kenal juga.

    ReplyDelete
  17. @Ka Hatohato :
    hehehe, berarti diriku '05 yang ketuaan yah kk?
    hihi..
    jazakallah kunjungannya kk

    ReplyDelete
  18. wajah baruuku...
    ^___^

    ReplyDelete
  19. Aslm wr wb..akhirnya sampai juga disini,hhe. blognya uni hafshah keren deh, desainnya juga bagus2^^. Semoga istiqomah. Waslm

    ReplyDelete
  20. Wa'alaykumussalam...
    waaah, syukran yah Mya, udah mampir di blog uniii..
    blog nya Mya jugah keren euy...

    Amiin, semoga qta istiqomah di jalan-Nya yah Mya...

    ^___~

    ReplyDelete
  21. Anak farmasi ternyata, salam kenal

    ReplyDelete
  22. @AreeP :
    iyaaah..
    anak farmasi, tentu sajaaa...heee...
    salam kenal jugah,
    ini Fathel...:-)

    ReplyDelete
  23. Assalamu'alaikum..
    wah farmasi ya..:D

    *kapan ya bisa kepadang??? :D*

    ReplyDelete
  24. wa'alaykumussalaam warohmatullah wabarokaatuh...

    iya, anak farmasi niiih...

    *hayyuuuu..kePadang yuuuu....

    ReplyDelete
  25. wah keren mba...
    pingin belajar ngedit foto nih...

    ReplyDelete
  26. @Nohara...

    Hayuu..qta blajar ngedit foto yuuuk....

    aq udah selancar di blogmu niih..
    kereeen..

    salam kenal yaaah

    ReplyDelete
  27. assalamualaikum warohmatullah wabarokaatuh...
    Barang Siapa yang mengajak orang pada suatu kebaikan, maka ia mendapat pahala sebanyak pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun."
    HR. Muslim..,jadi?

    ReplyDelete
  28. campur aduk dah, hobi, minat, kegiatan, dan komposisi saudara,
    tapi semunya bercampur jadi satu,

    yang ane liat sih, indah,
    tapi.. lumayan berat juga sepertinya, hehe..
    *kayak loading blog-nya nih, :P

    berarti orangnya juga kuat nih,
    subhanallah,

    keren deh akhwat satu ni,

    ReplyDelete
  29. @arman : aiih...biasa aja mah...hihi...
    trima kasih kunjungannya yaah dan trima kasih udah meninggalkan jejak... I will visit you too :)

    ReplyDelete
  30. salam kenal yah...

    blognya bagus....
    kpan2 ajarin yahh,,
    hhehee

    ReplyDelete
  31. @iluphy : salam kenal juga.....
    boleh..boleh...^^

    ReplyDelete
  32. assalamu'alaykum..
    Salam ukhuwah...^_^
    Btw suka kucing ga, Ukh? hehe just to ask.

    ReplyDelete
  33. wa'alaykumussalaaam wr wb...
    salam ukhuwah juga yah ukhty...^^

    ndaaaaak...kurang suka kucing...hehehehe

    ReplyDelete
  34. i'm lost in your blog !!!!!

    keren,,, seperti jalanan simpang 12
    ato labirin sarang semut..

    salam kenal !

    ReplyDelete
  35. hee...kalo nyasar, ikutin rambu-rambu ajah yah mas...hihihihi

    salam kenal jugak!

    ReplyDelete
  36. Mantap blognya kak.
    semoga kakak semakin produktif dan diberkahi dalam menulis

    ReplyDelete

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked