Subhanallah...Diri Kita, Sungguh Luar Biasa!!!


Hari ni kuliah farmakoterapi lagi. huaaah..senangnya. mata kuliah favorite. namun, sempat jugah ngantuk. hihi. heran deeh, akhir2 ni, sering kali ngantuk di kelas. dan, hal yg paling menyiksa itu memang laah mengantuuuk! soalnya harus berjuang hidup-hidupan! eihh.., mati-matian ding! kami blajar tentang meningitis, yaitu infeksi selaput otak. gejalanya sakit kepala, kejang, kaku tengkuk, mual dan muntah, fotofobik, trus, perubahan prilaku. pengobatannnya tergantung causalnya, setelah punsi lumbal, mikroba dibikkan, baru ditentukan terapinya apa. humm.., macem2.


ehmm..aku tak ingin membahas lebih banyak kalo mau info lebih lanjut, silahkan searching saja di syeikh gugel, pasti dia bakal ngasi info sebuanyaaaak banyaknya.


aku hanya ingin sikit bercerita tentang suatu hal. tapi, sebelumnya, sebelum ke inti, aku hanya ingin sedikit membahas soal MUI yg gak mau vaksin meningitis dari lemak babi.
hadduh..entahlah, aku bukan orang yang faqih soal fiqih. tapi, yg pernah aku dapet dari ustadz, jika belum ada alternatif untuk pengobatan dari yg halal, maka bahan2 yg harom pun dibolehkan macam lemak babi nihh. masalahnya, lemak babi itu pun hanya sebagai "pembawa" saja. yang bakal masuk ke sirkulasi itu bukan lemaknya, tapi, vaksinnya. Allahu'alam. mudahan saja pharmacist ke depan bisa membuat dan mendesain dari bahan yang bukan lemak babi. amiiiin.


satu hal luar biasa yang membuat aku takjub adalah PENCIPTAAN ALLAH yg LUAR biasa terhadap BBB (brain blood barrier) atawa sawar darah otak, di mana, sawar darah otak itu TIDAK DAPAT DIMASUKI OLEH ANTIBIOTIK jika TIDAK terjadi infeksi. sebaliknya, jika terjadi INFEKSI, barulah ANTI BIOTIK dapat menembusnya.

subhanallah...
maha Agung ALLAh..

bagaimana OTAK itu bisa tau, ini antibiotik, ini engga'?? padahal, ia kan juga terdiri dari bahan2 kimia???


maka, MAHA AGUNG ALLAH yg TELAH MENCIPTAKAN MANUSIA dgn SEMPURNA!!!
SANGAT SEMPURNA!

Maka, memang tak ada lagi alasan bagi manusia untuk tidak bersyukur!
"Maka Ni'mat Tuhan mana lagi yang kamu Dustakan????"
semoga qta semua bisa mabil hikmahnya, dan dapat meningkatkan rasa syukur kita kepada Rabb, Pemilik Semesta...





Sehabis kuliah Farmakoterapi, Dzulhijjah 1430 H

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked