Desain dan Blogging

nge edit edit edit
Uhm….sudah lama juga rasanya tidak begitu apdet ngeblog dan onlen-onlen. Heuu… There was some trouble on my lepy ‘n my speedy. So, I couldn’t update my blog ‘n write notes. Ini, juga baru diinstall ulang lagi lepinya. Dan, ternyata nginstall ulang sendiri, gak sesukses nginstall ke ahlinya yang udah prope. Nasheeeb…nasheeeb…. Ditambah pula virus yang sudah beranak pinak dan menginvansi berbagai data yang kemudian didelete oleh anvir. Jadinya, hilang deh datanyaaaaa… mana kaga ada back up data pula. Haduuh….nasheeb…nasheeeb… Innalillaahi wa Inna ilaihi rooji’un…

Sudahlah…tak apa. Mau bagemana lagi, coba? Iyah tak? Setidaknya jadi plajaran berharga ke depannya biar lebih hati-hati soal menyimpan data. Harus ada back up juga kek nya. Apalagi kalo itu data penting kan yah?

Uhm…crita apah yak?!
Tentang nge-blog ajah deh. Hee… Walaupun rasa-rasanya, udah terlalu sering ngebahas soal nge-blog-blog-an, tapiii…tetap saja kepingin ngebahas blog lagi….lagi dan lagi. Hehehe.
Hmm…Salah satu kegiatan ahlul-blog yang yang jarang di-luputkan (diluputkan?? Bahasa apa pulak ituu???) adalah rihlah blog alias blog-walking. Inilah rihlah gratis yang menyenangkan. Heuu… soalnya, bisa berkenalan dengan buanyaaaaakkkk orang, siapapun, ke mana pun. Biasanya sih, kalo rihlah blog, bagiku ada dua hal yang menjadi perhatian utama…pertama desain blognya (ini yang nyata langsung kliayatan) dan yang kedua isi dari blognya. Lalu, kegiatan selanjutnya adalah tukaran link ataupun follow mem-follow…heuu….

Kalo biasanya aku rihlah blog buat menyerap buanyak inspirasi dari tulisan-tulisannya, kali ini aku lebih ngebahas soal desain blognya.

Nah…
Suatu hari (uhm….cukup sering juga sih) aku rihlah ke blognya Azizah Ananda, siswi kelas XII di SMA 3 Mataram. Waaah…sungguh, aku appreciate banget sama blognya Azizah. Azizah ajah yang masih berstatus siswa, nge-blognya udah cakep banget. Baguss banget desain blognya… Aku banyak blajar dari blognya Azizah ini. Dan, Azizah pun blajar nge-blog nya juga autodidak. Mantab….mantaab… Bahkan sudah bikin tutorial blog pula.

Dan rihlah pun berlanjut. Kali ini ke blognya Rinda. Rinda adalah mahasiswi Fakultas Hukum tapiii paham bahasa html sehigga Rinda bukan Cuma nge-produksi blog sendiri, tapi juga mencipta template sendiri. Ada banyak template yang sudah didesain Rinda. Berbagai theme, dua dan tiga kolom. Template-nya juga kerreeen abisss. Cantiq. Dan…girly, pinky. (ngomong2, keknya Rinda penyuka pink yah? Heuu…). Membuat template blog bukan perkara mudah, setahuku. Kebanyakan blogger juga umumnya memakai template dari suatu situs penyedia template. Dan aku termasuk salah satu dari pengguna itu. Heuu… Rumit juga ternyata memahami bahasa html itu. Coba aja template nya berbahasa Minang dan bukan berbahasa html, pasti aku sudah bikin banyak template. Kikkikkik… Mana pulak ada bahasa minang dalam template. Ada-ada ajah!

Satu dari sekian banyak bahasa perkomputeran dan perprograman (penyalahan EYD nih. Hihi) adalah bahasa HTML. Pengiiiinnn ajaah blajar. Menarik soalnya. Hee… Hal lain yang pengin aku plajari dari dunia perkomputeran dan perdesainan adalah flash (terserah deh, mau adobe flash ataupun macromedia flash). Kemarin sempat nginstall MMF dan sudah bisa sikit-sikit bikin *.gif image (digabung ama sotoshop juga sih. Kalo perlu, gak hanya sotoshop, ditambah juga baksoshop, dan ayamsoup. Hihi, ngaco!), bikin button animasi. Waah, serruuu juga ternyata. Tapi sayaaaaang, lepi kenak pirus begitu. Dan, programnya ikut ter-inject…. Ya sudah, abisss sudaaah. Slain itu, pengin blajar corel juga. Pengin blajar adobe premiere juga. Pernah nginstall premiere nih dan blajar juga. Tapiiii, terlalu berat untuk lepi tua itu. (Kayaknya aku adobe mania nih yah? Hihi….mulai dari adobe reader, adobe photoshop, adobe flash…skarang adobe premiere pulak. Hihi). Pokoknya sukaaaaaa ajah dan pengin blajar. Tapiiii…yah itu tadi…smua program itu dihapus virusss. Bagemana dooooong?? Hadeuuh…hadeuuhh…

Heuu… sekian cerita-cerita pening dan tak penting dariku. Plajaran berharganya, tak peduli apapun latar belakang disiplin ilmu kita, tak peduli berapapun umur kita, ketika kita merasa sangat tertarik dan begitu interest dengan sesuatu, siapa pun kita ternyata BISA yah. Seorang anak kelas 1 SMP yang bernama Yahya Harlan saja sudah berhasil membuat jejaring sosial mirip fesbuk. Yaitututu...salinsapa.com. Pengguna salingsapa.com sudah mencapai 5500 dan diakses oleh 47 negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Belanda, Norwegia  dan Malaysia. (Ini niih, kunjungi dan join yak). Bukankah untuk bikin ini perlu script-script yang cukup rumit (setidaknya bagiku). Jadiii, terbuktilah…ketika kita MAU insya Allah kita PASTI bisa. Iya tho??!

2 comments:

  1. Untuk template blog, salah satu software yang cukup mudah digunakan untuk membuatnya adalah artisteer di alamat http://www.artisteer.com/?p=downloads. Dengannya kita bisa membuat template cukup mudah tanpa perlu mengetahui seluk-beluk programming, dengan beragam platform, Blogger, WP, Jomla, Drupal dll.

    Salam,
    Nurul Izzah

    ReplyDelete
  2. waah...baru tw sy mba....ternyata ada yah sofwarenya,,,,hehehe
    makasih yah mba...

    ReplyDelete

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked