Sambalado Tanak

Sambalado Tanakkuuu^^
Siapa yang tak kenal samba lado tanak? Hayooo, acuuuung! Heuu…
Jangan ngaku orang Minang kalo tak pernah nyoba samba lado tanak. Hehe.
Samba lado tanak, adalah salah satu menu favorit di di Ranah Minang dengan rasa yang begitu maknyuussss… Tapiii, teteeep deh, pake santan. Yaah, wajar ajah kali yah, kalo Sumbar punya rumah sakit stroke nasional, yang belom tentu dipunyai semua propinsi. Sebab, makanan bersantan, selalu menjadi menu nikmat untuk disuguhkan. “Yang jaleh makan se kini dulu, pakaro sakik, bisuak pulo wak pikian.” (nguing…nguing…paraaaah. Credo ini jangan dihiraukan yaah. Preventive jauh lebih baik. Sebab, setelah sakit, baru deh sadar kalo sehat itu jauh lebih nikmat). Seperti nyang sudah kubilang, jika sehat itu mahal, maka sakit jauuuuuuuh lebih mahal. Sebab, lebih banyak cost yang kita keluarkan dengan sakit. Iya tho?! Tapiiii, sesekali tak apalah. (heuuu….pembenaran!).

Ngomong-ngomong soal sambalado tanak, ini adalah menu yang paling sering direquest selagi diriku masih di wisma dulunya (wisma Syakuro maupun Hurriyyah), walaupun aye masih amatiran dan sama sekali kaga prope nih ye. Nah, jadi begini…., kalo di wisma itu, biasanya akhwat2 sekalian punya masakan andalannya masing-masing. Wuihhh seru bet dah, tiap hari berganti menu, dengan tangan koki yang berbezza-bezza. Kata temenku yang psikolog, setiap orang punya personal differensiasi, yang mana setiap tangan nyang memasak dengan bumbu dan takaran dan jumlah serta cara yang sama, tak akan menghasilkan masakan yang sama persis. Nah, ini pula enaknya wisma, kita bisa nyontek resep capcay, sambel terasi udang, semur ayam, bahkan gulai koto gadang dari akhwat yang punya menu spesialnya di sana. Masakan luar sono jugak ada ding. Rujak Petisnya jawa misalnya. Hehe. Dan, tukeran resep (bagi nyang suka masak) adalah hal yang menarik. Biasanya, apa yang menjadi menu favorit, selalu direquest deh. Pagi2, abis makan batalam, nyang bakalan piket sorenya nanya, “akhwaaaatt, mau request masak apah ntar soreee?” dan langsung deeh, requestnya pastinya menu favorit itu. Hhihi.

Hmm…itu prolognya puanjang bener yak? Hihi. Padahal intinya bukan ini deh. Intinya adalah, karena buaaaaaanyaaak nyang nanya2 soal resep bikin sambalado tanak, yaaah mending aye tulisin ajah deh sekaliyan di sini. Ntar, kalo ada nyang nge-SMS lagi, minta dikirimin resep sambalado tanak, biar aye rekomendasikan sahaja buat meng-klik link gratis ini. Wkakakakaka, narsis! Gak ding! Yaah, sekedar sharing ajah sih. Jika bermanfaat, alhamdulillaah. Mana tau kan, ada yang searching2 resep sambalado tanak, dan nemu di sini. Trus dia praktekin buat keluarganya, dan kemudian keluarganya jadi seneng dan bahagia. Kan aye ikutan nebeng pahala. Hehe.

Tapi ndak jamin loh yaaah, ini resep terkualifikasi atau tidak. Hehe. Soal rasa, tafadhol deh Tanya sama anak Syakuro maupun Hurriyyah. Kayaknya kalo aye yang bikin lebih deket pada ancur-ancuran deh. Xixixi… Secara, aye orang Minang yang “indak baitu palado”. Aye agak sensitip sama cabe pedes. Orang kate, itu kaga pedes, tapi aye udah huhaaa-huhaaa duluan karna kepedasan. Hihi. Jadii, aye lebih sering bikinnya karena by requested akhwat ajah. Tapi, Sesedikit apapun, bagiku cabe harus tetap ada sih yah. Soalnya, makan tanpa cabe, seperti sayur tanpa garam. Hihi. Walaupun porsi yang kuambil biasanya sangat sedikit sekali.

===========

Sambalado Tanak
Pertama, baca basmalah dulu, biar masakan yang dimasak jadi berkah. Sudah siap?! Hee… lalu Siapin perkakas dapurnya. Cek dulu, apa ada kebocoran gas atw enggak. Ntar kalo selang gas nya bocor, bukannya sambalado tanaknya jadi, malah kitanya yang ikutan angus kebakar. Kalo pake kompor minyak tanah, kudu dicek dulu apakah minyak tanahnya cukup kaga. Atau, sumbu kompornya oke apa kagak. Kalo masaknya pake kayu bakar, pastikan kayu bakarnya tidak basah dan juga pastikan persediaan mencukupi. Hihi. Kayak apaaah gituh!

Langkah selanjutnya, siapin bahan-bahannya. So pasti, cabai alias lado (namanya juga sambalado), minyak, bawang, tomat yang buanyaaaak (untuk satu ons cabe, tomatnya hmm…lebih kurang setengah kilo deh. Boleh kurang sikit dari itu). Santan sedikit saja (cukup setengah gelas, tapi kalo mau lebih, juga kaga ada yang ngelarang tuh), garam, campuran lain yang leage artist (bahasa latin dari sesuka hati, hehe), boleh petai, atau hati, atau telor puyuh,ataupun teri. Cabe digiling sehalus mungkin, tambahin garam, jangan lupa. Sebaiknya pake ulekan, jangan pake mesin penggiling atau blender dah. Nyang ulekan tangan sendiri lebih maknyuss. Hehe. Bawangnya juga digiling sehalus, ntar dicampur ajah dengan cabenya. Trus..trus…, tomatnya di iris-iris atawa potong dadu boljug tuh. Setelah jadi, campurannya digoreng duluan. Kalau teri, ya terinya digoreng duluan. Begitu pun dengan ampla/hati ataupun petai. Kalo telor puyuh, jangan lupa direbus dulu. Kalo langsung digoreng nanti malah enggak jadi tuh. Hehe. Terserah deh mana yang suka. Kalo mau jengki juga boleh tuuh. Wkwkwk. Tapi, saran diriku nih yaah, mending petai dan jengki coba dihindari dulu kalo masih ada bahan lainnya.

Setelah siap bahan campurannya, nyang pertama digoreng itu tomat nya dulu. Digoreng sampai mulai agak hancur lebur, hampir kayak sambel. Baru setelahnya dimasukan cabenya. Setelahnya masukan santannya. Diaduk-aduk…sampai warna merahnya sudah berubah. Yaah, matenglah. Sampai santannya mengeluarkan minyak. Kalo sudah agak berubah warnanya, baru deh masukin campurannya tadi. Aduk lagi beberapa saat. Dan, taraaaaa….jadiii deh. Gampang kaaaan? Waah…gampang banget ituuu. Oh iya, perlu diingat, bagi nyang suka banyak santan, dibutuhkan durasi pengadukan yang lebih lama dan jangan lupaaa biarkan sampai santannya mengeluarkan minyak. Okeh? Okeh?

Siiippp….
Sambalado tanak, siap disajikan. Selamat menikmatiii…. ^__^

Tunggu resep ala chef Fathel di edisi selanjutnya…. Insya Alloh… next resep adalah “Pangek Pakis” hihi.

2 comments:

  1. ha uni...it seems delicious...
    inspiring me to make it..hehe...
    lebih enak klo sayur nya daun singkong rebus....
    hmmm....
    (laper..)
    :)

    ReplyDelete
  2. hee...iyakah Nurul? yupp...benarrr sekali Nurul...abuih pucuak ubi....atau pangek pakis...hmm...makin bikin laperr...hehehe

    ReplyDelete

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked