Adekku...Oohh Adekku..


Saat memeriksa finishing skripsiku, tiba-tiba aku jadi tertarik pada suatu *.wmp dengan judul “whuuus capek banget”. (aku kan pake recent document ajah). Ini apaan yaah? Pikirku. Yaah, segera saja dobel klik itu wmp. Dan, terdengarlah suara nyanyain tanpa music. Suara siapa lagi kalo bukan suara adekku yang baru menginjak usia remaja. Yang sebentar lagi umurnya 15 tahun. Hooo…rupanya pas aku lagi gak di depan kompi, dia malah “rekaman” di lepiku ituuuu.

Aaah…, cerita punya cerita, akhirnya skripsi belum terjamah jua. Malah tertarik buat menulis iniiii. Oh Allaaaaaah…, kenapa bawaannya kalo udah ngedit2 iniii, walaupun udah finishing gini, mal*s kek gini yaaaah (kata ayahku gak boleh sebut mal*s. makanya disembunyikan. hehehe). Adaaaaaa….ajah yang laen yang menarik. Huhuhu. Fatheeeeeeeel, fokuuus dooong! Iyah…iyyaah…, sehabis nulis iniii, janji deeeh ngerjain finishing ampe selese! Janji…janji…!!). hihihi.

Kembali ke cerita si Adek.
Hmmm…., gak berasa, sudah semakin besar ajah dia. Jauh lebih tinggi dariku sekaran malah. Huhuhu. Bukan hanya sekedar besar badannya, tapiii, jugah pikirannya. Udah gak kanak-kanak lagi. Daaan, lantunan nyanyi yang direkamnya itu kebanyakan isinya adalah nyanyi remaja pop masa kini. Entah apaa itu, aku pun tak tau, secara aku kurang interest dengan music. Dulu, waktu kutawarkan nasyid, dia siih okeh ajah. Dasar emang si adek suka banget music (beda banget denganku yaaah?), suaranya jugah jauh lebih baik dariku yang berantakan inii. Hehe. Tapiiiii, huufff…nyanyi-nyanyi ituuuu. Aaaahhhh….toloooooooong…!!!

Hanya sajaaaa, ada hal menarik yang ingin kusampaikan soal da’wah kepada keluarga. Aku semakin sadar, bahwa segala sesuatunya memang gak bisa dipaksakan. Ke adek2 kita misalnya. Mungkin akan berbeda perlakuannya kepada adek2 mentoring yang seumuran dengannya misalnya. Masalahnya, keluarga kita mengetahui luar dalamnya kita gimana kan yaaah?

Walau bagaimana pun, ternyataa... memberikan ia penjelasan terlebih dahulu kepadanya lebih baik ketimbang maen suruh ajah. “Deeeeeeeek, bla…bla…blaa….”. mengajaknya berkomunikasi, heart to heart kali yaaah?! Dan yang terpenting itu adalah…ternyata….khudwah! Memberikan contoh!

Aku banyak memperhatikan keluarga ikhwan akhwat yang pada akhirnya adiknya ikut “terjerumuskan” kepada jalan kebaikan setelah ngeliyat si kakaknya hijrah. Walau sbagian lain siih juga enggak. Hanya saja, pengaruh itu pasti ada.

Setelahnya aku berkesimpulan, banyak hal yang barangkali perlu diperbaiki. Bagi diriku terutama kali yaaaah. Secara anak pertama, kan yaah? Aku ngerasa punya tangung jawab ajah terhadap adek2ku itu. (hahahayyy, aku anak pertama yaah??hihihi. Banyak lho yang bilang aku anak bungsu. Huwaaaaa….)

Aku pernah dibikin kaget sama adekku yang kedua –si Uluf-. Waktu itu aku lagi boncengan sama dia, trus, aku protes, “iiih…anak muda sekaraang…iih..gini..gini…”, trus adikku nyeletuk, “Alaaah, nipi kan jugah gitu dulunya.” Huwaaaaa…, kaget aku! Lalu berdalih, “setidaknya sekarang gak gitu lagi.” Dalam hati aku mikir, waaah..diam-diam ternyata dia ngerekam apa yang aku lakukan! Apa yang dilakuin si kakak…, ternyata sedikit banyaknya bener2 memberikan pengaruh bagi si adek. Dijadiin contoh jugah. (makanya, kalo jadi kakak, mesti ati2 bangetzz yaaah?). “tapi, itu masa jahiliyah kan, Nip.” Tambah si Uluf lagi. Menenangkanku.” “yuuup. Bener Luf.” Dan akhirnya kami jadi bercerita panjang lebar deeh. (eeh…, ngomong2 aku nyambung banget kalo ngomong sama si Uluf sekarang niiiih. Dia tuuhhh….ikhwan bangetzz. Jadiii, ngomongnya enaaak. Aaaahh, apaan siy Fathel?? Dari tadi alurnya gak beraturan beginii).

Aah…yang penting yang ingin kusampaikan adalah, betapa pentingnya khudwah dari seorang kakak. Seorang kakak, gak bisa cuek-cuek ajah. Dan bukan pula mesti memaksakan ke adeknya harus gini-gini atau gitu-gitu. Yang penting itu pendekatan hati, dan contoh yang baek kali yaaah. Ituuu ajah!

Waduuh, maap yaaah, jadi berantakan begini tulisannya. Makluuum, di sebagian isi kepalaku ada yang bersorak sorai, “skripsiii..skripsiii..skripsiii….” Yo weiss, ta’ kerjain duluu, biar nulisnya lebih enjoy. Gak ada gangguan pikiran lagi. (lho? Emang skripsi ntu mengganggu gituuh?? Haddduh, semakin error saja niiih.) Aaaaahhh…kabur duluuuu nyaak!

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked