Okeh....Activied Again!


Haaaa, lagi-lagi soal dunia per-eFBe-an.
Abiiiiiiisss, temen2 PKP keknya berhasil ngomporin diriku niiih. Ooohhh…., tiddaaaaaak! Hehehe.
Waaah, aku bener2 terinfluence oleh mereka2 ituuuh. Apalagi pas jam2 break. Biyasanya di ruang meeting besar/kecil atau perpus QA. Mereka pada eFBe’an. Akuu?? Hehehe, biyasanya siiy nuliis. Tapiii, karena ga bole bawa kompi ke industry, ya sudaaah, ditulis di buku catatan sahaajaa. Makanya, ngetik ulang ke MS. Word itu bawaannya maleees, karena udah ditulis, udah ditumpahin duluaan. Jadinya ga terlalu menggebu-gebu untuk mengetiknya lagi. Hehe.

Aku terinfluence karena dari kemaren-kemaren ga segera ajah non aktifkan secara permanen. Alasanku siih, mau nyimpen NOTE aku yang sebagian belum di save langsung ke files. Kalo non aktif permanen, ntar kan ilaaang. Aku ga tega ajah melenyapkan tulisan2 itu. Tapiiii, karena ga sempat (lebih tepatnya belum tertarik login hanya buat nyimpen) ya sudaah, kubiarkan sahhaajaa deactivated. Kalo bahasa genetisnya, dalam kondisi “dorman”. Hehe.

Nah…nah…, pembicaraan mengenai FB ini mulai mencuat waktu cerita2 sama temen2 PKP. Yaa, seperti yang aku certain di tulisan sebelumnya. Kompornya pannass banget ssiiihh. Hihi.

Nah…nah…, kami kan discuss2 an. Mengenai mudharat dan manfaatnya.
Kajian manfaatnya dulu deeh. Sebenarnya banyak manfaat yang bisa diambil dari eFBe. Banyak banget. info2 apapun biasanya cukup update. Apalagi yang berkaitan dengan kuliyah. Hadduuuh, karena apoteker kaga punya milis, temen2 nginfokan tugasnya lewat messej di eFBe. Aku kaan jadi ketinggalan terusss.

Trus…trus…, eFBe jugah jadi media ukhuwwah. Misalnya baru kenal sama seorang akhwat, jadinyaa, yaaah, gitu deeh, akhirnya ujung2nya kan minta alamat eFBe, biar update. Aku jadi senyum kecut biyasanya.

Selain ituu, eFBe jugah bisa jadi media dan sarana da’wah. Aku ga bisa pungkiri jugah, kalo eFBe memang lebih aksesibel ketimbang blog. Peminat blog ga sebanyak dunia eFBe siiih. Tapi, blog jugah sangaaaat bagus karena segala tulisan2, ide2, bisa di search dari gugel. Selain itu, blog bisa lebih menyalurkan kreatifitas karena banyak widget2nya yang menantang kreatifitas. Bedanya, komunitas blog tak seupdate eFBe.

Trus, eFBe jugah bisa untuk sarana jalin silaturrahiim. Ketemu temen2 yang bahkan udah lebih dari 10 tahun kaga jumpa.

Tapiiii…
Tapiiii…,
eFBe memiliki mudharat yang juga buaaanyaaaak sangat! Aku sudah ceritakan jugah di dua tulisan di blog ini sebelumnya.
Menganai “ikhtilath virtual” (kalo boleh kubahasakan seperti ini) yang terjadi. Aku cukup syok jugah waktu ngeliyat ikhwan dan akhwat yang bedaaaaa sangat antara kehidupan nyata dan di kehidupan maya. Di dunia nyata, super duper gebe abis2an. Kalo ketemu kaga mau nyapaa. Nunduuuk begete (ati2 kejedot tuuwhh! Hihi). Kalo mau ngomong, liyatnya bukan ke kita, tapiii, ke arah lain, kaya lagi ngomong ama tembok. Tapiiiii, pas di dunia maya, di dunia per-eFBe-an, masya Allah…, 180 derjat deeh! Caiirrrr…banget!

Tapiiii,
Yang namanya interaksi, meski lewat dunia maya, tetap saja men-connect-kan “dua hati”. Antar personal! Kalaulah kaitannya udah ke hati, waah….susyaaaah! Apalagi yang namanya hati teh gampangan! Gampang dipengaruhiii!

Lewat jejaring sosial itu, “batasannya” suliit untuk didefinisikan (kalo secara nyata or ketemu fisik mah jelas kan yaaah??). kalo dunia tak bertepi macam nii? Meski sama2 di kamar masing2, dipisah ama tembok yang tebel (tembok cina sekalipun!), terpisah oleh jarak yang jauuuuh, tooh tetep ajah ngerasa deket!

Mungkin terlalu jadul dan klise kalo kusebutkan pameo “Dalamnya laut bisa dikira, dalamnya hati siapa tau.”
Bener ssiih!
Nyang namanya hati mah susah ditebak! Udah gitu, amat gampang dipengaruhi lagi!

Aku, menonaktifkan eFBe sebenarnya, alasan utamanya itu adalah KARENA MASALAH INTERAKSI dan IKHTILATH VIRTUAL ini jugah. Aku (bisa dibilang, salah satu “korban” keganasannya yang sekarang tengah mencoba untuk melakukan treatment pada diriku sendiri. Hihih, lebay deeh!). ikhtilath virtual yang membuat qta sangat sulit untuk membedakan mana yang masih dalam batas wajar dan mana yang udah ga lagi bener. Karena, sesungguhnya, akuuu, kalo udah di dunia maya, kayaknya tergolong sangat cairrrr siih! Cair banget! apalagi dengan style tulisanku yang seperti ituu (katanya, kalo yang suka nulis, punya style tulisan tersendiri, dan tulisanku stylenya begitu laah. Rada2 cairrr!). Aku hanya khawatir ajah interaksinya menjadi “ga terkendali”. Mungkin salah satu titik lemah jugah kali yah? Pada akhirnya aku merasakan dampaknya jugah! Astaghfirullaah. Ampuni aku ya Allah.

Bukannya apa-apa, suadah buanyaaaaaaaaaaaaaaak banget case yang terjadi lewat dunia maya. Seperti yang kubilang jugah sebelumnya, ada ikhwan-akhwat yang mediator nikahnya lewat eFBe. Waah…, berarti media perantaranya sekarang udah hi-tech dong! Ta’arufan lewat “ustadz” eFBe. Ini artinyaaaa, jejaring sosial macam eFBe bisa mencetuskan potensi kecendrungan, tendency, atau apapun deeeh istilahnya! Dengan adanya interaksi maya itu, bukan gak mungkin terjadinya saling suka, saling kagum. Okelah ada yang “gentle” langsung ngajakin nikah (meski jalurnya udah rada2 keperosok ke pinggir jurang (belom jatoh ssiiih; jatoh a.k.a pacaran dan seterusnyaaa..seterusnya…), karena diawali dengan interaksi yang jauuuuuuuuh kelewat batas). Nah, gimana kalo TIDAK??? Kasihan kan yaaah, hati udah terkotoriiiii….

Di lain sisi, terkadang, ada segolongan orang yang cuek. “Aaaahh, aku kan ga ngerasain apa-apa. Aku ga punya feeling koq sama dia! Aku mah orangnya cuek.”. trus…, dia tetep ajah keukeuh berinteraksi dengan orang lain yang bisa dibilang huwaaah…. keseringan deeh! Haddduuuh, mungkin kaga sadar kali yaaah, feel nya dia, belom tentu sama dengan feel orang lain! Secara tak langsung, itu “menyakiti” orang yang diinteraksiin kali yah? Nah…nah…, barangkali, menurutku, salah satu bentuk penjagaan itu adalah dengan >> tidak usah komen, tidak usah “likes this”, tidak usah “menggentayangi” akunnya lawan jenis. Syukur2 Cuma lewat doing. Cuma liyat2 doang. Kecuali nih yaaa, kalo untuk menginfokan sesuatu. Mengundang sesuatu, atau hal2 sejenis. Dengan demikian, insya Allah kita juga tengah membantu dan menjaga saudara/saudari kita.

Apalagi casenya gini, ada satu pihak yang ga “feel” amah pihak ke dua (halaaaah, kaya nota akta tanah ajah! Emangnya pejabat pembuat akta tanah alias p.p.a.t?? hihi). Tapi pihak kedua sebaliknya, ia ngerasa ada “serrr….serrr an” ama pihak pertama. Ketika pihak pertama berinteraksi dnegan pihak kedua, haddduuuh kasihannyaaa. Pasti pihak kedua bakal kesusahan ngejaga hatii. (kalo kek gini mending dicut ajah kali yaaah?)

Jadi…jadii…, kesimpulannya gimana?
Apakah aku tetep akan mengaktifkan eFBe???

Jawabannya adalaaaaah…..

IYA!
NA’AM!
YES!


Aahhh…, mungkin kamu2 bakal bertanya heran.
Lho? Lho? Lho?
Kenapaaaaaaa?

Ya, insya Allah akan tetap aktif tapiiii, dengan persyaratan yang ketat!
Apa saja persyaratannya??
Pertama….,FB nya harus jadi RUANG KHUSUS PEREMPUAN!!!
Maksudnya, cecowokkan harus diremove semuanya, kecuali yang Bapak2 (Bapak2 dosen).
Heeee, bukan khusus banget buat perempuan siih, karena bapak2 nya masih ada.
Tapiii, yang terpenting cecowokkan udah diremove.
Kedua, gak boleh komen di status/nulis di wall cecowokkan/dan activity terkait lainnya (ya iyaaah laah! Kalo udah remove kan ga bisa komen. Hehe)
Ketiga, frkuensi eFBe-an nya mesti diregulasi jugah! Ga boleh keseringan, sehingga malah menyita waktu, nyita duit, nyita pulsa (untuk ini aku bersyukur siiih, HP jadulku ituuu kaga bisa FB-an. Bisanya Cuma SMS, nelpon, alarm, and…maen games jadul doing. Hihi)
Keempat, eFBe-an nawaitunya mesti jelas, terarah, dan tervalidasi yaitu sarana da’wah, sarana komunikasi, sarana untuk saling mengingatkan.
Kelima, jika ada yang tersalah dari interaksi dunia mayaku, TOLONG INGATKAN AKU yaaaah…



Nah….nah…, ada yang mau mengikuti jejakku??
Hehehe.

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked