Krisis Ruhiyah di Saat Haidh?


Hmm…bahasannya sekarang niih “girlie” banget yaah? Hihihi. Yup..yup…, ini pembahasan khusus perempuan tentunya.

Hmm…dilarangnya perempuan melakukan beberapa aktivitas ibadah di saat haidh terkadang bikin para muslimah pada nge-drop ruhiyahnya. Lumayan jugah yaah 5-8 hari minus sholat, minus tilawah, minus shaum. Apalagi, secara hormonalnya, hormone progesterone dan estrogen itu memberikan pengaruh kepada psikologis perempuan. Emosi jadi rada-rada kurang terkontrol. Dan bawaannnya teh ngamuuuk (lho?? Koq ngamuk yaah? Badmood kali) melulu. Ditambah lagi, di masa-masa haidh, secara fisiknya, kebanyakan perempuan mengalami kesakitan yang cukup parah. Jadiii, lengkaplah sudah semuanya!

Karena itu, kemungkinan untuk ngedrop ruhiyahnya juga besar. Makanya, ada jugah siih, muslimah yang sempet kesurupan di masa-masa haidh.

Nah…nah…, menyikapi hal ini, aku jadi tertarik niiih buat mencari tau, gimana siiih sebenarnya wanita haid itu dalam menyiasati ibadahnya yang gak boleh dilakuin? Yuuuk…, sama-sama kita plajari bareng2.

Pertama, mengenai ketetapan Allah dulu deeh. Mungkin ada yang protes jugah niih, “Waaah…, cowo’ siiih enak! Bisa ibadah kontinu! Lha? Kita? Gimana dooong??”
Tenaaaang sodariku, jangan emosi doong. Hehe. Ikhlaskan diri kita atas apapun yang Allah tetapkan. Okeh? Pasti ada hal terbaik yang disiapkan-Nya untuk kita. Percayalaaah, Islam adalah agama yang sangat memuliakan perempuan. Dan, pasti ketetapan-Nya gak sia-sia kan yaaaah?

Jadiii, hal yang harus dilakuin pertama kali adalah, merubah persepsi kita bahwa masa haidh = masa libur ibadah! Waaah! Kebanyakan kita berpersepsi seperti ini kan yaaaah? Waaah, jangan! Jangan lagii! Karena masa haidh bukan sepenuhnya masa liburan ibadah! Bukan liburan malah!



Mari kita list, sebenarnya amalan apa ajah siiiih amalan yang kaga boleh dilakuin oleh kita-kita yang lagi haidh?
Pertama : sholat. Kedua : tilawah Al Qur’an. Ketiga : shaum. Keempat : thawaf. Kelima : I’tiqaf alias berdiam diri di dalam mesjid. Keenam : hub. Suami istri bagi yang udah nikah (dalil masing2nya insya allah shahih, dan kurasa para muslimah sekalian jugah udah pada tau kan yaah?).

Oiyyy…, Cuma 6 macam ibadah ajah yang kaga boleh! Catet niih yaaah, Cuma 6 ibadah ajah yang kaga boleh! Enam dari sekian banyak ibadah. Berarti, haidh bukan berarti liburan dooong!

Nah looh??
Jadiii, masa haidh bukan masanya buat liburaaaan ibadah. Penurunan ruhiyah, emang sih, harus diakui jugah! Apalagi yang ga’ boleh itu sholat. Tapiii, insya Allah bisa “ditambal” dengan ibadah2 yang laen tho?

Ketika haid, perempuan masih dibolehkan buat dengerin Ayat Al Qur’an, gak dilarang buat dzikir gak dilarang buat sedekah, gak dilarang baca Al Ma’tsurat / dzikir pagi sore, pokok’e amalan selain yang enam deeh! Insya Allah bisa nambalin krisis ruhiyah yang terjadi.

Ibaratnya tubuh kita, kalo lagi drop atau krisis, pasti deeh butuh asupan dari luar sono. Apa contohnya yaaah??? Haaaa, kaya’ gini misalnya. Kalo kita lagi kekurangan cairan, bisa akibat diare, pendarahan, kecelakaan, de es be, pertolongan pertamanya apa? Yaaah, tentu saja “diguyur”dulu dengan cairan infuse (hehehe, maksudnya dikasi infuse denganjumlah besar). Nah, ini sedikit banyak nya ini insya Allah akan menggantikan cairan yag hilang. Dan krisis pun dapat teratasi. Begitu pun halnya ruhiyah kita kali yaaah???

Sing penting, jangan berpersepsi bahwa haidh itu masa liburan ibadah, dulu laaah. Okeh??
(apa yang kutulis ini, sebenarnya buat diriku sendiri, tho!? Jika pun ada yang sempat membacanya, maka mari kita sama2 ambil hikmahnya ajah. Yuuk..yuuk.., fastabiqul khoirat!!)

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked