Tentang Stroke


Aku hanya ingin sedikit berbagi. Aku berharap, semoga ada yang bisa diambil manfaatnya dari informasi ini.

Ini mengenai stroke. Hmm…, angka kejadian untuk msyarakat Sumatera Barat siiih cukup tinggi, hingga RSSN (Rumah Sakit Stroke Nasional) itu mesti berlokasi di Sumatera Barat. Setelah dilakukan sedikit survey, katanya siiih, yang terkena stroke yang di luar Sumbar, setelah diliyat2, ternyata punya garis keturunan minang jugah. Nah lho??? Apa karena makanannya yang cendrung bersantan yah? Sementara, factor resiko stroke jugah disebabkan oleh keturunan. Jika si bapa atau ibunya pernah stroke, kemungkinan anaknya kena jugah ada karena gennya diturunkan kan yah? Allahu’alam.

Baiklah, berikut ini, aku paparkan sedikit mengenai penyakit stoke. Mudah2an bermanfaat. Sumbernya adalah dari RSSN langsung, dengan pengubahan bahsa tentunya, biar ndak susah dipahami karena banyak istilah-istilahnya. Heee…

Penyakit stroke adalah penyakit dimana terjadi gangguan pada pembuluh darah otak berupa terjadi penyumbatan atau pun pecahnya pembuluh darah sehingga asupan oksigen dan makanan menjadi terganggu. Akibatnya, terjadi kematian saraf otak di lokasi tempat terjadinya gangguan tersebut.

Makanya, orang stroke itu jadi beragam gejala sakitnya, maksudnya akibatnya jadi beragam, tergantung DI MANA LETAK SERANGANNYA. Kalo pembuluh yang pecahnya itu di bagian yang mengatur pergerakan, maka orang tersebut akan lumpuh. Kalo yang kenanya di bagian saraf yang mengatur emosi, yaah bisa depressi tuh orang. bisa mempengaruhi kejiwaan. Kalo yang kenanya dibagian saraf yang mengatur indra, yaah si orang bisa ajah jadi ga bisa ngomong, ga bisa melihat, ga bisa mendengar, ga bisa menelan. Bisa hilang kesadaran. Sempoyongan. Mati rasa atau kesemutan. Terganggu penglihatan. Pelupa dan pikun. Dan banyak lagi…, tergantung bagian otak mana yang kena.

Penyebabnya, yang ga bisa dihindari adalah : umur yang semakin tua dan factor keturunan. Ini adalah penyebab yang ga bisa dikendalikan. Ya iyalaaah, bagaimana coba mau menghindari pertambahan umur atau menghilangkan salah satu gen! mustahil!

Penyebab lainnya yang insya Allah bisa dikendalikan atawa bisa di lakukan treatmen terhadap itu yaitu : hipertensi, diabetes/gula, gangguan fungsi otak sementara, permasalahan jantung, banyaknya lemak dalam darah, obesitas/kegemukkan, perokok, pengkonsumsi alcohol, ataupun yang stress!

Tipe stoke ada 3 macam. Pertama, karena adanya penyumbatan pembuluh darah karena menumpuknya lemak, sehingga darah terhambat mengalir ke otak. Ini namanya thrombosis. Kedua, jika lemak2 yang ada di pembuluh darah lain ikut ke otak, lalu menyumbat aliran otak sehingga asupan oksigen ga bisa masuk. Ini disebut emboli otak. Ketiga, pecah pembuluh darah di otak karena tekanan darah tinggi. Ini disebut pendarahan. Ketiga hal tersebut menyebabkan stroke.

HATI-HATI, HIPERTENSI MERUPAKAN SALAH SATU PENYEBAB STROKE YANG PALIIIIIIIIIIIING BUANYAAAAK! HIPERTENSI ADALAH PENYEBAB UTAMA STROKE.

Gejala hipertensi : Sakit kepala bagian belakang, pandangan kabur, sakit dada, mudah tersinggung dan cepat marah.

Satu hal lagi : HIPERTENSI TIDAK DAPAT DISEMBUHKAN!

Obat yang diberikan bukan untuk menyembuhkan hipertensi melainkan hanya untuk menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah stabil, maka itu berarti si penderita telah berhasil mengendalikan dan mengontrolnya secara baik.

Apa yang harus dihindari dan apa yang harus dilakukan oleh seorang penderita hipertensi agar tidak stroke?
Jaga berat badan normal, jangan ampe obesitas deeeh. Trus, tenangkan hatimu, tenangkan jiwamu, kendalikan stress. Karena stress merupakan salah satu penyebab hipertensi. Trus jugah, jangan lupa MENGURANGI konsumsi garam, santan dan minyak. Disarankan untuk memakan manakan yang rendah kolesterol. Lalu, banyak makan sayur dan buah, serta olah raga yang teratur. Jangan lupa juga lakukan pemeriksaan tensi darah, minimal satu kali sebulan untuk pencegahan dini.

Karena hipertensi merupakan penyakit yang cukup buanyaaaaaaaaaaakkk terjadi, maka marisama2 kita terapkan yaaaah???
Okeeeh???

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked