Hati yang Ternoda

Apa Bedanya antara plak dan noda yang telah lama berada di suatu tempat, dan terus menerus bertambah dan bertambah, dengan noda yang baru saja hinggap? Bedanyanya adalah, yang pertama akan sangat sulit dibersihkan, sedang yang kedua, sekali lap saja, noda hilang dalam sekejap!!

Wahai diri, begitu pula dengan plak dan noda yang kau cipta di hatimu. Jika kau tidak segera mengelapnya, bahkan kau membiarkannya saja, maka, suatu saat kau akan kewalahan membersihkannya! Dan, jika hatimu telah tertutup dengan plak-plak dan noda-noda hitam itu, bagaimana bisa cahaya dapat menembusnya?!

Wahai diri, bersegeralah membersihkannya setiap kali noda dan plak itu mengotorinya. Segeralah kau membasuhnya! Meski adalah suatu yang absurb, ia tak pernah dihinggapi noda dan plak. Tapi, setiap plak dan noda, pasti ada penyikat dan pembersihnya! Maka, bersegeralah kau membersihkannya setiap kali plak itu menempeli hatimu!

Wahai diri, ambillah hikmah itu di manapun kau berada. Apa pun yang bertaburan di sekitarmu sesungguhnya menyimpang sejuta hikmah. Tinggal kau bersedia untuk memungutnya atau membiarkannya saja.

Wahai diri.
Sadarlah akan kesejanakan dunia. Tidakkah kau perhatikan, banyak bayi-bayi yang lahir, tapi, bukankah banyak juga yang pergi untuk kembali? Tidakkah kau siapkan diri untuk masa yang PASTI itu? Bukankah ia datang di saat-saat yang tak pernah kau prediksi? Lantas, mengapa kau tak senantiasa siaga di setiap saat? Kenapa kau terkungkung? Bukankah dunia ini tak lebih dari kesejenakkan yang amat singkat?

Wahai diri…
Bersiaplah…bersiaplah untuk hari itu…hari di mana segalanya menjadi terputus. Jika kau tidak mengisinya dengan jejak-jejak terbaikmu, maka, kau akan mendapati dirmu berada pada penyesalan yang begitu panjang nantinya!

2 comments:

  1. wuaaaa keren, aku suka tulisan kak fathel..^^

    ReplyDelete
  2. hwaaaa...Titaaa...^^

    kita saling berbagi ajah yaah adikku...^^

    ReplyDelete

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked