Buat yang Mau (dan Akan) Menggenapkan Setengah Diin ^^


Hoho...hehe...haha....hihi...
Judulnya rada-rada humm...gimanaaa gituh yah?
Ups..bentar...bentar..., jangan berpikir yang lain-lain dulu.
Aku memang mau membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan "itu", tapi, bukan wejengan looh. Hehe. (Mana boleh kasi nasihat pasal rumah tangga, kita orang kan belum walimah kan ipi kan? hihi).
Jadi, ini bukan sebuah petuah2 seperi "nasihat seorang ibu kepada anaknya" itu looh, soal dunia per-keluarga-an dan pe-rumah tangga-an. Bukan! Bukan! Bukaaaaan!

Nah...sebagai seorang pharmasist (hehe, belom. Calon pharmasist deeh), aku pun ingin membahasnya menurut kaca mata kuda eihhh..., kaca mata farmasis maksudnya. Nah..., kalo dari kacamata parmasist, tentu dari segi OBAT nya, bukan DIAGNOSA (ini yang membedakan parmasi ama dokter, yang di Indonesia mah serupa ajah. Nah lho, lahan siapa yang digarap siapa?? hoho).

Ah iyyah, caution..., walaupun yang dibahas di sini lebih banyak perempuannya, tapi, yang laki-laki bole baca jugah koq. Seenggaknya, bisa kasi masukan buat istrinya ntar (bagi yang belom berkeluarga), hehe. Bagi yang udah, semoga bisa sama-sama diambil manfaatnya ajah. Bagi yang udah tahu, seenggaknya "maulang kaji lamo" (baca : mereview lagi).

Nah..., berikut ini adalah beberapa Masukan buat "yang bakal mengenapkan separuh diiin, ataupun yang udah menjalaninya". (Eh..eh..17 plus niih. hihihi). Satu lagi, kalo pembahasannya ntar agak rada2 "terbuka" alias bukabukaan ajah, mohon disesuaikan saja. Hehe. (Biyasalaah...anak2 yang di ranah Sains, pembahasan macam fisiologi, anatomi atau apaaa gituuuh, itu biyasa mah. Kata temen2 yang di FE, FH, Sastra, Fisip, pokok'e yang nge-Sos gituh laah, pembahasan macam nii agak rada2 "tabu". Mungkin tergantung kultur fakultas masing2 kali yaah? Jadi, jika ada yang tidak bersesuaian, disesuaikan sahaaajaa yaaah. 'Afwan)

Pertama, soal menstruasi dulu. Jika temen2 yang perempuan pernah ngalamin nyeri yang luar biasa, bikin gelisaaah, trus agak rada2 bete ngapa-ngapain. Lemes. Tapi, yg paling parah dari gangguan menstruasi, (istilahnya : dismenorrhae) adalah, nyeri yang amat sangat ittuu... (kan gak semua ngalamin kaan??). Solusinya, jika memang tak tertahankan lagi, digunakan obat-obatan : ANALGESIK

Kedua, bagi yang bakal nikah, kan ngurus "surat cacah" atau apaaa gituh namanya. Kurang tau jugah, dan ga' pula nanya sama yang berpengalaman. hehe. Pokok'e surat yang menyatakan bahwa calon pengantin harus dikasi IMUNISASI dulu. Baru dapet ijin ngurus surat nikah. Nah, secara parmasinya, ternyata IMUNISASI itu TIDAK DIPERLUKAN. Malah menimbulkan resiko (bagi sebagian orang). Diduga nih yaa (bukan penelitian ilmiah, masih dugaan saja), pengawet vaksin yang digunain itu malah memberikan bad-effect terhadap sang pengantin. Kebanyakan setelah divaksinasi malah susah punya anak.

Nah, sebagai informasi, vaksin yang diberikan adalah vaksin TT (Toksoid Tetanus ). Kata ahlinya (spesialist farmasi), pemberian vaksin ini TIDAK TEPAT INDIKASI. Menurut penggunaan awalnya siih buat..humm....(ahh...dipahami saja yah, kurang ahsan kalo dituliskan di sini). Tapi, toh itu tak terlalu ngaruh koq. Karena bakteri Clostridium tetani (penyebab tetanus itu sendisi) banyaknya di Kandang Kuda, Kerbau, atau Sapi. Karena tempat domisilinya itu di Tahi hewan2 tsb. Sekarang pertanyaannya, "memangnya pengantin baru mau ke kandang kuda?" Kan enggak. Nah looh?? Tidak tepat indikasi kaaan? Jadi obatnya tidak bermanfaat. Bahkan, sebagian menimbulkan bahaya. Karena, pengawet yang digunakan untuk vaksin itu kebanyakan adalah Hg = Raksa = Mercury. Naaah, mercury itu saja di kosmetik yang notabene hanya untuk di luar tubuh semacam bedak sudah DILARANG KERAS! Nah, ini dimasukin ke tubuh! Kan bahayaaa. Walaupun kadanya sangat kecil. Bagi sebagian orang yg sensitif kan bahaya. Nah lho?? BECAREFUL saudariku...

Ketiga, bagi yang morning sickness (tahu kaaan? yang mual muntah di pagi hari itu looh), jika tidak parah, jangan dikasih obat. Karna, walau bagaimanapun, Obat adalah sesuatu yang berbahaya bagi Janin.

Keempat, soal KEHAMILAN.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
KEHAMILAN YANG PALING BERBAHAYA JIKA MAKAN OBAT DI MASA ITU adalah TRIMESTER PERTAMA karena pada masa ini, adalah masa organogenesis/pembentukkan organ. Semua obat-obat yang dimakan di masa ini benar2 HARUS HATI-HATI sangat, karena sangat berbahaya bagi janin. Hanya ada beberapa obat saja yang dibolehkan. Kebanyakan obat2an itu berbahaya bagi janin. Sebagian besar, pengunaan obat dimasa kehamilan harus benar-benar diperhatikan. Soalnya, karena masa pembentukan organ, bisa2 jika gak hati2, anak yang lahir akan cacat karena obat. So, TANYA SAMA DOKTER-mu, jugah PHARMASIST. Obat2 dengan kode C, D, apalagi X harus diperhatikan banget! Nah, kalo ibu2 hamil muda lagi sakit kepala (yang masih bisa ditangani dengan istirahat, dicukupkan dengan istirahat saja), jangan segera makan obat. Liyat2 sikon dulu. BENAR-BENAR HARUS DIPERHATIKAN!

Sekarang, permasalahannya, banyak yang gak nyadar kalo dia lagi hamil. Ada yang ketahuannya udah 2 atau 3 bulan ajah. Dan selama tiga bulan nii (trimester pertama), jika sang ibu mengkonsumsi obat-obatan yang golongannya berbahaya bagi janin, ini dikhawatirkan sangat! Apalagi obat2nya itu sudah golongan C, D, dan kalo X hampir bisa diprediksi, anak yang lahir it cacat. Solusinya : Itu perlunya pencatatan tanggal haid.

Trus, Jika hamil kan ada ngidam tuuh. Secara ilmiah siih belom terbukti. Nah, gimana kalo istrinya ngidam Kijang Toyota Kluaran Terbaru?? Kasihan suaminya (kecuali kalo tajir abizz, hehe). Ngidam nih kan macam2 yaah. Kalo cuma mangga muda, martabak, sate, itu mah bisalah, insya Allah. Kalo ngidamnya perumahan real estat? Nah, yang penting itu sebenarnya....SENANGKAN HATI-mu!! Pokok'e jangan ada beban pikiran yang berat dah. Kalo pun ada yang berat, yaaah..coba dinikmati saja. Katanya, masalah psikologis ini, jugah Teratogen (penyebab kecacatan janin). Naaah..., di sini niih, Tathmainnul quluub ntu penting. Kalo versi western nyabanyak2in denger musik klasik , nah, insya Allah akan lebih luar biasa kalo yang dibaca dan di'perdengarkan' itu adalah AL Qur'an kan?? (ingat kaga, Husein Thaba'thaba'i ituh yang dibesarkan di ranah penghafal Qur'an yang Ibunya seorang hafidzoh. Subhanallah..., Masya Allah..., lima tahun sudah hafal Al Qur'an!!! Kira2, anak2 Indonesia bisa tidak yah??). Intinya, selama hamil : BAHAGIAKAN DIRIMU!

Ah iyyah, untuk kasus kehamilan tertentu yang sang ibu jugah mengalami suatu penyakit,perlu ada pertimbangan tertentu, menilai MANA YANG LEBIH SEDIKIT MUDHARATNYA, dan MANA YANG LEBIH BERMANFAAT. Contoh, Ibu Hamil yang menderia penyakit gula, walaupun golongannya C (apa D yaah, diriku jugah lupa. Pokok'e intinya harus diperhatikan pemberiannya) biyasanya tetap diberikan, namun dengan pengawasan dokter atau pharmasist nya. OBat2 yang lain jugah, kayak ibunya yang kena gondok. Meskipun obat2 gondok itu golongannya D, tapi demi ibunya biasanya tetap diberikan. Pokoknya tergantung kondisi ibunya gimana. Intinya dikembalikan lagi kepada Mana YANG LEBIH TIDAK MUDHARAT, dan Mana yang lebih bermanfaat.

Trus, ibu hamil yang suka minum Jamu waktu hamil. ini sebaiknya DIHINDARI! Jamu kebanyakan di dalamnya diisikan obat2 kimia jugah. Nah, OBAT ini looh, bahayaaa. Apalagi kalo isinya Hormon! Bahaya sangat! Kalo pun yang diminum itu jamu dari bahan2 alam (mau jahe, temulawak, si dukuang anak, dan bahan2 sejenis) juga tak terjamin keamanannya karena di dalamnya BANYAK ZAT KIMIA jugah! Hati-hati! Ga' percaya? buktinya, Daun Digitalis jika dimakan, akan menimbulkan payah jantung looh, karena daun digitalis itu kaan cardiotonic. Nah, bahan alam jugah kaaan? Saran dari ahli (spesialist pharmasi) sebaiknya banyakin ajah asupan nutrisidan gizi. Jangan makan jamu! eiih....minum jamu maksudnya. Tapi, jika mau mengkonsumsi teh dan kopi, insya Allah tak bermasalah. Bisa ditolerir.

Trus lagi, mengenai USG! Hati-hati dengan USG. Jika tak begitu diperlukan (gak ada masalah dengan kehamilan, jangan di USG!! apalagi, jika hanya ingin mengetahui anaknya laki apa perempuan). USG itu digunakan JIKA MEMANG ADA INDIKASI YANG TEPAT SAJA! Sepert letak sunsang, bayinya gak bergerak, pendarahan, dan masalah lainnya. Karena, pada dasarnya USG itu adalah memancarkan gelombang kepada sang janin. Ini dikhawatirkan akan mempengaruhi si janin. Jadi, jangan USG jika tak penting.

Intinya, hal2 yang mematikan bagi janin itu ada beberapa : OBAT, BAHAN KIMIA, INFEKSI, RADIASI, dan Kondisi MATERNAL (yaitu adanya Hipertensi pada Ibu, Diabetes Mellitus, Ibu pengkonsumsi alkohol). Karena janin itu adalah makhlk yang palin rentan.

Sekarang, beralih ke PARTUS (alias proses melahirkan).
Ada yang bilang kalo operasi Cesar (SC) itu nge-tren, gak perlu susah2 dan lebih enak. Waaaah! Salah! Salah besar! OPERASI adalah PILIHAN TERAKHIR jika tidak bisa melahirkan normal. Karena, jika sudah waktunya, tubuh (melalui sistem hormonal) akan berusaha untuk mengeluarkan bayi dengan sendirinya. Lebih baik partus spontan. Jika ada pre-ekslamsi (Udem alias bengkak2 dan hipertensi pada ibu hamil), ekslamsi (kejang waktu melahirkan), bayi udah terlalu lama di rahim (kalo udah lebih dari 9 bulan sepulh hari), bayi sunsang, dan panggul yang terlalu sempit, baru boleh operasi.

oh iyyah, induksi (disuntik untuk mempercepat kelahiran itu looh, biar rahim berkontraksi segera) dengan suntikan oksitoksin, jangan sekali-kali diberikan pada bukaan delapan ke bawah. Jika udah bukaan sembilan atau sepuluh, baru boleh dikasi induksi (suntikan). Karena, jika diberikan cepat akan menimbulkan kematian pada bayi. Kontraksi uterus akan berlangsung 18 detik setelah diinduksi.

trus terjadinya hamil anggur/mola itu disebabkan karena asupan gizi si ibu yang kurang. Solusinya di kuratage (ditarik pake sekop gittuh. Masya Allah..., sakit sangat pastinya) atau dioperasi. Dan, jika sering2 di kuratage, menyebabkan rahim menjadi lemah, susah hamil lagi.

Beralih ke masalah KB lagiih (eeh, poin ke berapa lagi yaah? hihi). Pembahasan soal KB ini cukup menarik dan kontroversi. Hehe.

Memakan obat KB itu sebenarnya memberikan OBAT pada ORANG SEHAT! Dan, tentu saja akibatnya lumayaaaan.

Berhati-hatilah dengan obat KB! Lebih banyak menimbulkan mudharat. Apalagi yg gak cocok. Yaaah, jelas saja. Orang sehat di kasih obat, tentu saja efek samping akan bermunculan di mana-mana, tergantung orangnya.

Sesungguhnya, obat KB itu adalah hormon yang dimasukin ke tubuh. Dan Estrogen itu SANGAT IDENTIK dengan KARSINOGEN (zat2 penyebab kanker)! Riset membuktikan, adanya peningkatan Kanker Payudara, Kanker Serviks, Kanker Hati pada pengguna obat KB. Nah..nah..., Kanker payudara tuhh sekarang udah kayak membudaya gituh yaaah? (lho?? kok membudaya???). Maksudku, saaaaangaaaat banyak kasusnya beberapa dekade blakangan kaan? Dan, kanker itu pun diwariskan/diturunkan secara genetik kepada anaknya! Berarti pengguna obat KB itu beresiko sangat tinggi terkena kanker!!!!

Akibat yang lain adalah ketidakseimbangan elektrolit tubuh, serangan jantung, hipertensi, hiperlipidemia, dan salah satu yang cukup parah adalah INFERTILITAS alias ketidaksuburan. Sering kali, infertilitas permanen. Ada yang punya anak satu dulu, lalu KB, eeh..pas mau punya anak kedua, kaga bisa lagi. udah infertil. Kasihaaan. Ada jugah para carrir2man yang pas nikah langung KB, punya anaknya 5 atau 10 thn kemudian ajah. Ehh.., tak dinyana, ternyata malah infertil! Kaga bisa punya anak!

Lebih bahaya lagi, kalo obatnya "kebobolan", tetep hamil walau udah makan obat KB, dan ketahuannya baru 2-3 bulan. Ini yang parah. Jika si ibu tetap mengkonsumsi obat KB selama 3 bln itu, naaah...perbanyak saja berdo'a agar anaknya lahir baik2 saja, karena obat2 hormonal apalagi ESTROGEN sangat BERBAHAYA BAGI BAYI. Golongannnya X (setara dengan HARAM, gak makhruh lagi. Kalo gol C dan D, masih makhruh laah. hehe) yang berbahaya sangat bagi janin. Apalagi KB nya pake obat suntik. Gimana coba menarik kembali obat yang disuntikkan sebulan yang lalu? Aiih...tentu saja sangat mustahil untuk dikeluarkan lagi!

Penggunaan IUD jugah ada risikonya. Kalo spiral itu ditanam dalam jangka waktu lama, susah jugah. Karena sering kali diselimuti daging. Cara mengeluarkannya yaa di operasi laaah. Atau Kuratage. Hiiiyyy...sakitnya, masya Allah.... Kondom jugah, ada risikonya, kata orang siiih. Cara ber-KB paling aman yaaaah....satu-satunya SISTEM KALENDER.

Jadi, pikir2 dululah manfaat dan mudhoratnya menggunakan obat KB. Mengenai efek samping ini sebenarnya gak begitu difloorkan ssih. Apalagi penyebab kankernya itu looh. Nah, kata dosenku yang ahli obat, seorang spesialist farmasi, sampaikanlah apa adanya. Termasuk efek sampingnya! jangan ditutup2i karena akan membahayakan orang lain. Sekarang, pilihan tergantung pada yang akan melaksanakan saja. Gituuuh...^^




Hehe....
Mungkin dicukupkan sekian saja. Jika ada yang mau ditanyakan menegnai hal ini, kusarankan, tanyakanlah pada ahlinya. Karena, banyak jugah yang kita gak tahu ternyata bahaya. Lebih baik tahu lebih cepat....


Smoga bermanfaat, terutama bagi yang akan menggenapkan setengah diin. hehe.






Ditulis sepulang bahas Studi Kasus ^^, Dzulhijjah 1430 H
Source : Bahan kuliahku..., Farmakoterapi...., dan aku sukaaaa farmakoterapi ^^





7 comments:

  1. assalaamu'alaykum wa rohmatullaahi wa barokaatuh,,
    waah unii,
    baru aja tuh ws beli bukunya di bajar (bazaar) buku islami...

    terima kasi ya uni, ilmunya.. ^^
    jazaakillaahi khoyron ^^

    ReplyDelete
  2. Wa'alaykummussalaam wa rohmatullaahi wa barokaatuh,

    Ws beli buku persiapan nikah yaaah?? (hehe, ngerling mode : On)
    atawa, Bukunya Husein Thaba'thaba'i?? hihihi...

    Hehe....
    samasama...
    Wa'alayki kadzalik...^^

    ReplyDelete
  3. ups, salah sebut tampaknya... :p
    hehehe,
    ws beli yang ikram thal'at, nii... ^^

    ReplyDelete
  4. jadi pingin cepet nikah! hoho ^^

    ReplyDelete
  5. Ayoooo Ang....didukung dengan sangat!!!

    jangan lupa undangan yaah...^^V
    skaligus akomodasi pp, hihi..
    kalo akomodasi ditanggung sponsor secara penuuh, dijamin uni bersedia jadia panitia dokumentasi sekaligus konsumsi (tukang ngabisin makanannya...hehehehe)

    ReplyDelete

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked