Muraja’ah Lagi! Lagi-lagi Muraja’ah!!!



Humm…, setiap kali naik angkot, apakah yang dirimu dengar? Yuk…, kita list satu-satu. Pertama, suara supir angkotnya yang bilang, “Ka dalam diak. Taruih ka dalam. Goyang-goyang stek yoo…” (heheh, bakat jadi supir angkot niiih). Kedua, suara orang2 ngobrol or ngerumpi. Ketiga, suara “Zzzzz…” dari orang-orang yg ketiduran (hehe, ngaco!). Keempat, ini yang paliiiiiiiiiiiing sering terjadi, suara music yang entah berentah. Gedubyaar…grrrr…., bikin jantung serasa copot ajah. Mulai dari yang mellow-mellow, yang nge-rap2, yg nge-rock2 (untung supir angkotnya gak ikutan pake rok pulak. Hihi, gak nyambung!), yg nge-jazz2 de es te, entah apaa lagi ituuu, secara diriku memang tak terlalu suka music. (Teman2 bilang, aku sanguinis yg aneh, yang tak suka music maupun nonton pilem. Perlu sikit kugarisbawahi, bukan tak suka, tapi hanya kurang suka saja. Lebih enjoy tanpa music. Makanya kalo lagi di depan kompi, lebih sering sunyinya dari pada ada suara2nya).

Nah…nah…kemana pun kaki melangkah (eihh, maksudnya, di mana pun angkotnya), selalu gak pernah sepi dari yang namanya music. Bukan Cuma di angkot siiih, di bus kota jugah, di tipi-tipi jugah, di radio jugah (pake acara kirim salam, lagi!). Waaaah…

Lalu, apa akibat....
Anak-anak kecil yang baru tiga atawa empat taon, bahkan sudah bisa “muraja’ah” hapalan lagu2 pop terbaru. Coba, moso’ anak TK nyanyinya,…”Aku mencintaimu..wo..wo..wo..” (lho, emang ada lagu macam niy? Ngada2 ajah. Maklum, laguku ga update, karena --sekali lagi-- aku memang tidak suka. Pokok’e intinya nyanyi orang2 dewasalaaah). Nah..nah…, anak2 TK ajah bahkan yg umurnya baru 3 ataw 4 tahun sampai apal tuh nyanyi2 populer saking seringnya didengar! Haddduuuuuhhh! “Muraja’ah” hapalan lagu pop lagi! Lagi-lagi “muraja’ah!”.

Aihh…., mau dibawa kemana ni generasi, kalo yang ada di otaknya di umur2 yang masih sangat muda belia, isinya malah cinta-cintaan dan kata2 lainnya yang “menjurus”. Ga salah deeh, kalo skarang anak SD udah pinter pacaran! Emang bener ni, ghozwul fikry ntu dah mengakar dan membudaya!

Hadduuuh….
Entahlaah. Jika aku boleh berandai-andai, maka alangkah bahagianya seandainya yang diputer di mana-mana itu yaaa Suara ayat Al Qur’an, dan emang bener2 didengar! Yakiin deeh, anak-anak itu pun yang di muraja’ahnya adalah ayat-ayat Al Qur’an, secara pas usia2 segituu, kan daya serap otaknya lagi tinggi-tingginya. Skarang mah, kalo pas waktu2 mau sholat, aki-aki di mesjid muter Al Qur’an, ga didengar! Pas yg diputer musik2 antah barantah, reflek lidahnya ngikutin, plus kaki dan tangan ikutan goyang.

Kurasa, semuanya wajar sangat adanya. Abiiis, yang disuguhin dimana-mana, yaa ituuu. So pasti semuanya secara tak langsung menelusup ke amygdale qta kan yaaah? Kalo udah dibiyasakan, yaa gitu deeh, lagi-lagi “muraja’ah!”. Ah, jadi teringat taujinya Ustadz Irsyad Syafar, LC, pas malam 27 Ramadhan kemaren di ponpes Ar-Risalah, kalo di Kuait itu (waktu itu bliau baru pulang dari sono), iklannnya bunyinya begini, “Lezatnyaaa iman!...Mari nikmati...” (pokok’e mendeskripsikan betapa lezat dan manisnya iman, gituu deeh. Intinya, mengajak pada kebenaran dan kebaikan! Diriku lupa redaksi persisnya gimana). Intinya, ketika yang diiklankan itu adalah kebaikan dan kebaikan dan kebaikan dan kebaikan..dan lagi-lagi kebaikan…, insya Allah yang membudaya tentulah kebaikan.

Sekali lagi, andai boleh berandai-andai, hwaaa…, betapa indahnya ketika yang bergema di bumi ini adalah kalimat-kalimat-Nya. Bukan nyanyian yang ngajak kepada kemaksiatan. Yang di-muraja’ah tentulah bukan nyanyi2 jahiliyuuun itu lagi.
Indahnyaaaa…
Jadi ingat jugah, crita tentang wali Kota Gaza yang sempat datang ke Padang waktu gempa kemaren (Hwaaa…, subhanallah, ditengah ranah yang begitu luluh lantak, penuh konflik dan penuh dentuman bom, mereka masih sempat bantu korban gempa… Luar biyasanya ukhuwwah itu yaaa?). Mereka, dibawah tekanan yang begitu dahsyatnya, dengan ketrauma-an yang begitu membekas, dapat mencuatkan ghiroh yang luar biasa sehingga “memproduksi” ribuan hafidz, para penghafal AL Qur’an. Masya Allah, sungguh luar biyasanya mereka.

Kapan yaaa, kita juga bisa menikmati indahnya bi’ah macam nii? Kapan yaaaa?? Humm…, setidaknya dimulai dari diri sendiri dan keluarga dulu. Kan tahapannya memang begitu? Iya, tak?


Anak-anak itu…, yang wajahnya masih sangat lugu-lugu. Tergantung, mau “diwarnai” dengan apa. Miris juga hati niiy melihat anak-anak dengan mata polos dan wajah yang lugu itu menyanyikan nyanyi cinta-cintaan. Mereka belum mengerti tentang ituuu, tapi mereka melafaskannya. Miris! Sungguh! Bahkan, ada yg maknya sampai berbinar-binar bangga waktu tau anaknya yang umurnya baru tiga tahun sudah bisa melafalkan nyanyi “Bang..SMS siapa ini bang….”.

Membiasakan yang benar, atau membenarkan yang biasa? Kebanyakan yang terjadi adalah….membenarkan yang biasa! Maka, tak salah jika ‘mereka’ yg di ujung lorong sana (lho??) memanfaatkan hal ini, agar umat Islam membenarkan yang biasa. Jadi mereka membiasakan sesuatu yang sebenarnya bukan budaya Islam. Aku pernah merasa cukup tersungging, eihh..tersinggung sekaligus sediih dengan ucapan teman SMP-ku dulu yang udah 7 tahun tak bersua. Dia bilang begini (dengan cukup sinis, waktu itu), “Berislam itu yang biasa-biasa saja laahh…, jangan ekstrem-ekstrem begitu!” (dia bilang begini mungkin karena jilbabku kali yaaa, secara waktu reunian itu, cuma dua orang yang jilbaban “rapi”). Lha, yang biasa menurutnya itu seperti apa siiiiih???yang ekstrem itu yang seperti apa siih? Bukankah yg nutup aurat itu BUKAN yg nutupin rambut doang? Bukankah yang dibilangnya ektrem itu semestinya adalah yang biasa-biasa saja? Aiihh…

Humm…, setidaknya dimulai dari diri kita dulu yaah? Mempersiapkan generasi rabbani itu, yang tak mungkin pula sekejap. Yaaa, harus dari sekarang laaah. Sebab, insya Allah, merekalah yang kemudian akan melanjutkan perjuangan ini. Menjadi “agent of change” itu!

So, Semangat!!!

2 comments:

  1. Subhanallah... Ladzzatut Thoo'ah, Fajarribha.. (VLezatbya ketha'athan, maka cobalah..!!

    ReplyDelete
  2. Masya Allah...benaarrr, keta'atan itu sungguh lezaat...
    meski dunia ini begitu berat, tapi biarlah hari ini kita berlelah-lelah, semoga Allah mengganjarnya dengan surga-Nya...aamiin...

    ReplyDelete

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked