Dekompensatio Iman


Hmm…dalam case study report kemaren, kelompokku membahas masalah dekompensatio cordis atau yang lebih akrab dikenal dengan istilah heart failure. Atau, bahasa kitanya gagal jantung.

Aaihh, betapa jantung itu memang “jantung”nya semua aktivitas tubuh kita. Karena, asupan energy, oksigen, dan zat penting bagi tubuh akan disampaikan oleh darah yang dipompakan oleh jantung. Hmmm…lebih kurang mirip pusat komunikasi dan transportasi kali yah? Jika ga ada, maka hampir seluruh aspek kehidupan jadinya lumpuh.

Betapa pentingnya jantung itu.
Aah, semua ini mengajarkanku bahwa ketika jantung sudah bermasalah, maka banyak bagian dari tubuh kita yang kemudian ikut bermasalah.

Maka, ijinkan pula aku menggunakan istilah ini untuk dekompensatio iman. Karena yang menjadi jantung dari ruhiyyah kita itu adalah keimanan kita. Jika sudah terjadi dekompensatio iman, maka pasti akan berefek juga kepada hampir seluruh sisi kehidupan kita.

Semua ini mengajarkanku untuk senantiasa menjaga iman agar tak terjadi dekompensatio sebagaimana setiap orang juga tak ingin mengalami dekompensatio kordis.

Ya, Allah…hanya Engkau yang mampu menjagaku ya Rabb…

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked