Kebodohan

Jika terkenang dengan banyak kebodohan di masa lalu, selalu aku ingin bertanya pada diriku sendiri, “Mengapa begitu dulunya? Mengapa? Tidakkah aku bisa melakukan hal-hal yang lebih baik dari pada kebodohan itu?”
Itulah pertanyaan yang sering bergaung di dinding hati…
Ya, mengapa begitu bodoh?

Tapi kemudian, sungguh aku ingin berterima kasih pada kebodohan itu sendiri…
Kebodohan yang dengan amat sangat dalam aku sesali itu…
Bahwa aku telah belajar banyak dari kebodohan itu, agar tak lagi pernah terulang di masa sesudahnya…
Maka, cukuplah kebodohan itu sebagai cell-T memory yang akan segera memberikan reaksi immunologis ketika kebodohan yang sama hampir saja terulang di hari-hari setelahnya…
Ya, karena dengan kebodohan itu pada akhirnya memberikanku banyak pelajaran kehidupan…


Meski aku melakukan pembiaran atas kebodohan itu,
Tapi aku tidak sedang berdalih dan berselindung dibalik dogma tentang kedhaifan manusia, yang tak pernah alpa dari segala kekhilafan…
Aku juga bukan sedang mentolerir diri atas sebuah kesalahan maupun kebodohan yang pernah ada…
Tapi, aku hanya mencoba melihat dari sudut angel yang berbeda, bahwa selain menyesalinya, aku juga ingin kesalahan dan kebodohan itu menjadi sebuah pelajaran bagiku, itu saja…

Sekarang, segalanya berlalu sudah…
Aku sungguh tak ingin membiarkan lagi ada luka, baik lukaku maupun melukai siapa saja…
Aku ingin, hari-hariku sesudah ini, adalah hari-hari yang bermakna…
Karena bagiku, tidaklah penting menjadi ‘orang penting’, dan yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa memberikan kemanfaatan bagi diri kita, bagi orang lain, dan terlebih bagi diin ini…

Tetap bersemangat!
Semoga Allah jadikan penutup hari-hari kita adalah dengan amalan terbaik kita,
Oleh sebab waktunya tak pernah kita prediksi, maka perlulah kita bersiap setiap saat, agar cita-cita itu terwujud, cita-cita untuk menutup hari-hari kita dengan amalan terbaik kita…
Semoga Allah jadikan kita istiqomah di jalan-Nya…
Allahumma aamiin…

0 Comment:

Post a Comment

Feel free to accept your comment. Spam comment will be deleted and blocked